selepas UKK (membuat web tentang perpustakaan)

March 11, 2014

hai para blogger para pembaca yang nyasar main main ke blog ku. aku mau ngasih tau, kalo sekarang aku udah tau apa itu kepanjangan dari UKK. kalo di postku yang sebelumnya ini aku nggak ngerti apa itu kepanjangan UKK, jadi UKK itu adalah -katanya sih- ujian kompetisi kejuruan ehehee.
ukk tahun ini disuruh bikin aplikasi tentang perpustakaan.
dan aku sendiri milih bikin yang berbasis web. karena eh karena, pas masa prakerin/praktek kerja industri (4bulan) aku kerjanya pake php, jadi ya kebiasannya pake php murni. karena waktu pembuatannya cuma beberapa hari yaudah aku milih pake bahasa pemrograman yang udah bisa aja, on the way bisa sih. semoga. masih belajar hehe.

karena belajar itu adalah perjalanan, dan di setiap perjalanannya kita akan terus mencoba untuk menjadi bisa. ketika orang lain mengira bahwa kita sudah bisa, tapi kita sendiri pasti masih merasa ada yang kurang. dan jadi lebih ingin mencoba untuk bisa.

intinya belajar itu perjalanan untuk menjadi bisa yang tak ada habisnya.
tsaah.

sekilas tentang web saya


ada juga yang make framework CI, mentornya adalah Michael Hendra Wijaya. Jadi bagi temen temen yang mau ngerjain ukk pakae framework CI.. yang ngajarin ya anak satu itu :3 aku ikut proses belajarnya tapi ngga make CI soalnya belum bisa. belum bukan berarti tidak bisa kan :)
aku sih ngerjain web ini sama nanda arum yang prakerinnya juga coding pake php. dia mentorku. haha
alhamdulilah diajari pemrograman yang semi oop jadi lebih rapih penulisan codingnya. diajarin hak akses juga.

by the way di sekolahku SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG sebenernya ada dua jurusan, yang satu RPL dan yang satu TKJ. RPL itu rekayasa perangkat lunak, dan TKJ itu teknik komputer dan jaringan. Kalo tahun tahun sebelumnya ukk nya di samain, jadi rpl dan tkj sama sama bikin aplikasi (pemrograman) dan sekalian setting jaringannya, tapi kalo tahun ini beda. RPL buat aplikasi sendiri, dan TKJ tes jaringan sendiri. gitu deh.. jadi nggak sama :|
pembuatannya sebenernya cuma 3 hari.

kalo kata jadwal di soal sih gini

tapi yang bener aja kita coding dari awal bikin aplikasi cuma dalam waktu 3 hari?
untungnya sih soalnya kita udah dikasi seminggu sebelum hari H. dan sudah disediakan erd databasenya yang kayak gini


jadi databasenya tinggal bikin dan make. nggak perlu mikir ari awal. kalo aku sih yang aku modif cuma di bagian detai peminjaman, aku tambahin field denda. biar bisa nyimpen denda nya peminjam peminjam yang telat balikin buku.

okeh ngga ngerti ya? bingung ya? haha
well di webku ini ada 2 level. admin sama petugas.

contohnya sih gini. ini login buat adminnya.
dan selamat datang admin. bisa dilihat di admin tugasnya cuma bisa nambah petugas sama edit profilnya sendiri.


kalo buat petugasnya itu lebih banyak tugasnya.
crud kategori. crud katalog buku. transaksi peminjaman buku. crud member. lihat report. dan edit profilnya sendiri.


sudah. sementara itu dulu.
ini sih masih program sederhana, tapi lumayan lah yaa buat belajar :3
tapi sebenernya yang mau aku ceritain bukan programku, bukan aplikasi ku tapi.. ini .. event pas ukk nya hahahaha. kena deh.

sebelum hari H aku udah selese ngerjain web ini, jadi pas hari pertama aku udah tinggal acting ngerjain gitu. hari kedua juga sama.
dan dihari kedua pas pulang sekolah kita foto foto sama pak hendro, yang waktu itu ngawasin ukk di kelas kita.


kelihatan bapaknya kan ? itu yang di tengah. semoga nggak papa. semoga nggak kejepit. untung kita baek baek kok. bapaknya bisa pulang dengan selamat hari itu.
FYI itu baju yang warnanya oren itu cuma dipake sekali pas ukk, jadi dari kelas satu baju itu nggak pernah di pake. ada yang belom di cuci malah, masih bau lemari. dan ada yang baru di keluarin dari plastiknya malah.

dan di hari ketiga ukk. setelah semuanya selesai presentasi. setelah semuanya lega. waktu itu tanggal 5 maret. Michael sang mentor yang berjasa, ulang tahun. karena sekelas udah dibantuin sama dia. maka... kita.. bikin kejutaan!!



 
cie potongan kue pertama buat siapa tuh hahaha.
biar kita saja yang tahu ya cel. banyak yang tau tapi.

oh ya sempet ada video nya lho


photo taken by : afi

selamat ulang tahun iceeel.
makin kece. makin pinter ngajarin kita ya haha.









You Might Also Like

0 tanda tangan

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram