MOS -saya- di angkatan 20

April 20, 2014



Jadi waktu itu saya lagi buka buka kardus yang ada di bawah tempat tidur. Isinya buku buku kelas satu, buku buku kelas 2, dan ada beberapa latihan soal unas dari kakak tingkat yang sebelumnya.
Tujuannya buka buka buku lama bukan mau flashback, tapi emang materinya kudu diliat lagi biar bisa ngerjain unas gitu lho. Ah ya. aku sudah kelas 3 sekarang. Aku sudah kelas 3 SMK, dan sudah UNAS beberapa hari yang lalu. padahal rasanya baru kemaren mos :p
Ngomong ngomong soal mos, aku nemu sesuatu di tumpukan buku buku dan kertas kertas yang ada di dalem kardus aqua yang ada di bawah lemari tadi. Beberapa lembar coretan tulisan waktu mos, ada coretan tulisan tentang cerita pas mos.. dan satunya.. surat cinta. hahaha ngakak.
Yang paling bikin gimana gitu, di akhir teks saya nulis "Maaf saya hanya sekedar mengagumi" hahaha *pura pura mati* . Yaya, meskipun sekarang jomblo ternyata saya pernah nulis surat cinta, ehm bukan surat cinta sih. aku nggak tau namanya apa. waktu itu panmos (Panitia Mos (Masa orientasi siswa)) pokoknya nyuruh kita nulis surat, buat kakak kelas yang lawan jenis.. surat cinta kah namanya? entahlah. biar saja rumput yang bergoyang menjawab pertanyaan itu.

okeh.

this is it.



fyi waktu mos saya ada di gugus mandriva, apa itu mandriva? mandriva adalah salah satu nama sistem operasi linux. Dulu pas mos juga sempet sih disuruh nulis di folio juga tentang mandriva ini, tapi entah kenapa aku nggak nemu kertas coret coretnya.


Saya tau kalo saya ada di gugus mandriva dari daftar yang waktu itu di pegang sama 'Bang Aji Maulidio'. Dan ya. kita harus manggil bang untuk kakak laki laki, dan kak buat kakak perempuan. Agak nggak enak sih kalo di sambung. misalnya pas nyapa... mari bang, kak. jadi kedengeran bangkak, bangkak hahaha oke well jangan di sambung daripada salah paham ya? haha. Pendamping gugus saya waktu itu Kak Febi Lotisia sama Bang Rendiansyah Setia Aji Nugroho. Fyi mereka terpilih jadi kakak-abang tercantik dan terganteng bwahaha. Dan ketua gugus saya waktu itu namanya Ronda adiya nanda.

entah hari keberapa pas mos aku disuruh gini
"tuliskan cerita mu selama mos, tulis di kertas folio dan harus ganti warna setiap kalimat!".
kalo nggak salah sih perintahnya gitu, agak agak lupa sih.. habis liat ke masa lalu, itu susah. haha

kira kira kayak gini warna warninya


Habis baca tulisan yang itu, saya jadi pengen nulis sesuatu tentang mos disini. di blog ini. ehe tapi saya waktu itu belum berjilbab sih :Dv
Kata pertama yang terlintas dipikran saya kalo ditanya pendapat tentang mos yang ada di smk telkom adalah kaget. Kaget karena kalo disekolah lain biasanya sih mos itu cuma 3 hari, tapi disini lamanya 6 hari (11-16 Juli 2011). Nggak cuma itu, kalo disekolah lain biasanya barang bawaannya itu sudah ditentukan pra mos, untuk hari pertama kedua dan ketiga. tapi disini beda, kita di beri arahan barang bawaan hanya untuk hari pertama saja, itu pun kita belum saling mengenal satu sama lain, jadi belum tau kalo harus koordinasi.
misalnya ada barang bawaan seperi bawa 2ltr air putih dengan merk smk telkom.


ada yang bawa air minumnya di botol kayak gini. ada juga yang labelnya di design baguus banget sama kayak label-nya air minum AQUA gitu, ternyata malah salah. oke kita emang belum ngerti, karena untuk menentukan bagaimana botol dan bagaimana labelnya saja kita harus koordinasi. biar sama semuanya. Tentu saja ini ngga gampang, karena koordinasinya ini kita lakuin ketika bahkan kita belum begitu kenal satu sama lain. Kadang koordinasinya kurang detail, kadang koordinasinya udah detail tapi barangnya udah habis di toko toko terdekat, kadang ada yang miss contact, bahkan kadang ada yang salah koordinasi. Jujur koordinasi satu angkatan ini bener bener tantangan soalnya ya itu. kita belom bener bener kenal satu sama lain. Tiap pagi, barang bawaan kita di cek satu persatu.
dari mulai buku buat request yang bentuknya kayak rumah beratap


buku buat mos, yang sampulnya dibalik


sampe kaos kaki.. jadi kalo kaos kakinya kaos kaki hitam putih alias kayak kulit sapi, kudu dilepas dan diganti sama kresek putih kayak gini. 


Dan pasti semuanya maju, karena salah. Pernah suatu kali ada yang barang bawaannya bener semua, kalo nggak salah sih waktu itu yang bener semuanya namanya Nanda Arum. Tapi pada akhirnya.. maju juga.

"NGGAK KASIAN SAMA TEMEN TEMENNYA YANG MAJU DI DEPAN?"
"EGOIS HA?"
"MANA KORSANYA"

korsa adalah singkatan dari koordinasi bersama.


kadang salahnya cuma hal kecil, misal di foto ini saya maju gara gara keliru bawa gery piramid rasa tiramisu, padahal harusnya seangkatan semuanya rasa coklat. Waktu itu saya sama ronda beli bareng buat segugus, trus nggak di teliti ternyata yang kita beli itu sepack rasa coklat dan sepack lagi rasa tiramisu. Dan saya kebetulan ngambil yang tiramisu. salah deh.

tiap hari kita di ajari buat baris berbaris di lapangan basket. Jangan tanya panas apa engga soalnya saya pasti jawab iya panas sekali.


saya paling bersyukur kalo udah ada acara yang masuk diaula. Nyess. adem. haha
Detik detik mos adalah waktu dimana saya kurang tidur. Pernah waktu sholat jumat di mushola saya tidur, hehehehe.

saya adalah salah satu peserta mos yang paling nggak kuat kalo udah ada suara dari panitia kayak gini:
"Mana pembelaannya? Mana?"
saya beberapa kali maju buat jawab
tapi ya gitu ada suara suara yang bilang "NGEKSIS YAA NGEKSIS YAA"
aduh. serba salah memang. kalo gaada yang maju katanya ga peduli. Kalo maju dikatain ngeksis. Hha yasudah.
dan kalo ada yang lain lagi buat ikutan pembelaan maka akan ada suara "NGEKOR YAAA NGEKOR YAA"

tapi dari sini saya sadar. memang seharusnya apa apa itu insiatif kan ya? nggak harus nunggu yang lain dulu buat maju? *sieh

Dan pengalaman memalukan saya adalah. Pernah suatu kali saya maju, dan saya di bentak bentak langsung didepan muka saya. Keras. Dan jleb. Saya nangis. hahahaha. Kalo inget itu saya jadi malu malu sendiri. Saya memang mungkin sedikit manja, dirumah ibu ayah saya jarang sekali pake acara bentak membentak. Baru di bentak sedikit disini langsung kaget. Pernah juga entah di hari keberapa, kita bikin salah dan kakak serta abang pendamping gugusnya marah.. dan dengan lugunya kita minta maaf. hihi serius kalo dibayangin waktu itu lucu banget ekspresi kita yang lagi mohon mohon maaf ke pendamping gugus.
Hm.. tiap hari rasanya pas mos itu tekanan batin haha. saya alay sekali. Setiap tugas saya kerjakan, tapi pada akhirnya juga salah kan ya?. Setiap kata kata panitia saya tanggepi, saya terlalu takut.
Sampe saya pernah ngetweet gini buat ngehibur diri sendiri pas mos.

dan entah dihari keberapa juga. Ada acara jalan jalan muter muter perumahan sawojajar, daerah tempat sekolah saya didirikan. saya nemu foto ini
mukanya iyuuhhh sekali haha. Belom lagi itu kevin temen di belakang saya, hahaha. mbanyol.

Ohya. Tiap hari rambut yang cewe harus diiket sesuai jumlah yang diinstruksikan oleh panitia. Hari pertama emang santai, cuma satu. Di iket kayak biasanya gitu. Hari kedua nambah jadi 3, nambah nambah terus sampe hari keenam (hari terakhir) harus ada 20 iket rambut. Dan tak lupa dengan pita warna warninya.. hehe. Di gugus mandriva saya punya temen deket. Namanya Revi. Awalnya pada suatu hari dia nge add saya di facebook. Lalu ngobrol sedikit lewat chat. Dan pas di sini, eh ketemu. Langsung plek! hahaha

ini repi. waktu mos. cantik ya? dia dulu di panggil 'ndel' hahahaha

ini foto bersama mandriva. di malam terkahir mos. sebelum inagurasi di mulai


malam inagurasi adalah malam terakhir mos dimana kita nyanyi nyanyi yel yel masing masing gugus di depan api unggun. Dan di akhir acara kita bakar nametag kita, yang bentuknya segilima.
terimakasih untuk mosnya. Untuk pelajaran pelajarannya, Untuk Bimbingan mentalnya serta kenangan akan roti sisir yang setiap hari kami bawa dan kita makan buat sarapan.
hehe
salam sedulur 20 !

You Might Also Like

4 tanda tangan

  1. jadi kangen mos leliii, kita belum kenal pas itu wahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah masak sii ? hehhehe :D
      tapi kayake kamu waktu itu ikut koordinasi bareng deh rin dirumah elwin ? eh ya ga si ?

      Delete
  2. heh sini bayar loyalty pasang foto :p wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampun bang aji maulidio. saya belum ber-gaji wkwk

      Delete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram