Jajanan Pasar Khas Moment Pulang Kampung

June 28, 2016


Kue Usus Ayam, Kue Kucur/Cucur. Terang bulan, Apem
Jajanan Pasar Khas Moment Pulang Kampung <3

Lebaran sebentar lagi, jakarta bakalan sepi, semua pada pulang kampung, mudik, menemui keluarga di kampung halaman, termasuk saya. Ya saya belum berkeluarga memang, tapi alhamdulillah saya masih punya bapak, ibuk, kakak, pakde, bude, Mbah uti, Ponakan, Om, Tante, Pak lik, Bu lik dan lain lain di kampung halaman saya.
Hmm perlu sekalian disebutin Pak RT bu RT dan tetangga tetangga juga gak nih?

Yang saya suka tentang suasana di rumah adalah : di depan rumah saya ada penjual sayur pagi pagi. Kalau bahasa jawanya sih, apa ya ? ada yang tau ? Aku lupa hehe.
kalau gasalah sih, biasanya disebut sebagai Mlijo.

Setiap pagi, teman teman seumuran saya sudah pada gendong anak beli beli bahan masakan di Mlijo ini, sementara saya masih datang kesana buat ganggu ibu saya yang belanja, saya bukan mau beli bahan masakan, tapi mau minta dibeliin Jajanan pasar. *HUEHEHE.

1. Kue Usus (Kue Perut Ayam)

Saya selalu minta Kue Usus (Kue Perut Ayam), sekilas bentuk kue ini memang bulet melingkaar kayak Usus di dalam perut Ayam. Tapi bahan dasar dari kue ini adalah tepung terigu di campur bahan lain lalu di goreng, bukan usus ayam asli yang biasanya di jadikan gorengan crispy. Secara nama memang jorok, Usus Ayam gitu, tapi menurut saya kue ini enak. Rasanya tidak terlalu manis, juga tidak terlalu mengenyangkan. Untuk ukuran roti jajanan pasar, pas banget buat nyemil nyemil pagi hari. Di temenin sama secangkir teh, di sebelah Ayah dan ibu, lalu ada ponakan main main di depan saya.
Wah mantap,
Jadi kangen rumah. 
Haha

2. Kue Kucur/Cucur

Kue kucur adalah kue berbentuk lingkaran, lalu kalau di peres biasanya keluar perasan minyaknya. Iya Kue ini adalah kue berbahan dasar Tepung beras dan tepung terigu yang di goreng. Warna kue cucur bisa warna warni, ada yang warna kuning kecoklatan, warna pink, warna ijo, tapi saya belum pernah ketemu sama kue kucur warna biru. Hmm coba bikin deh kue cucur warna biru?
Sekalian, warna merah, kuning... Biar kayak barisan Teletubbies.
Lho kok jadi ikutan ngebully Teletubbies?
*hoh maap saya khilaf

3. Terang Bulan

Terang bulan jajanan pasar pastilah berbeda dengan terangbulan yang biasanya ada di pinggir jalan, atau terang bulan produksi anak jokowi. Terang bulan jajanan pasar, biasanya berbentuk tipis dengan isi meses ala kadarnya. Tapi justru kesederhanaan terangbulan Jajanan pasar ini yang bikin saya kangen.
Iya saya memang suka yang sederhana sederhana. Iya kamu, kamu iya kamu jangan kebanyakan gaya, saya tak suka. *eh

4. Apem Kukus

Apem kukus ini juga berbahan dasar tepung beras, di campur dengan tepung kanji/tepung sagu. Tekstur kuenya agak puffy gitu deh, mungkin karena efek sang Ragi. Kue apem ini biasanya juga berwarna warni, ada pink hijau kuning. Namun lagi lagi, saya tidak menemukan warna BIRU pada apem. 

Nah itu dia jajanan Pasar yang selalu aku minta, kalo pas lagi pulang kerumah. Masih banyak yang lainnya sebenernya, ada kue Gatot. Kue Cenil, Onde onde, Klepon. Kue apalagi ya?

Dan taukah kalian harga rata rata kue diatas itu berapa?
RATA RATA HANYA 500 RUPIAH PER PCS.
SIAPA YANG GAK KANGEN?
KANGEN LAH. DI JAKARTA MANA ADA.

whops maaf capslock jebol.
Kalau kamu, suka jajanan pasar apa ?

You Might Also Like

66 tanda tangan

  1. Kalau cucur dulu waktu kecil sering bikin bareng emak :-D
    Kalo aku pengennya es gempol, Onde-onde, Klepon, dan banyak banget lainnya hahahahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya onde onde dan klepon, itu juga asiiik. Tapi jarang ada di Mlijo.

      Delete
    2. Kalau onde onde dan klepon itu ada di occasional tertentu aja. Misal pas ada acara hajatan, atau nikahan.. nah itu tuh baru Ada :D

      Delete
  2. Paling seneng makan kue terang bulan, o ya kalau di tasik lebih dikenal dengan sebutan kue ape :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kue ape?
      itu kayak bahasa betawi nanya.. Kue ape?
      Kue ape?
      Mau kue ape lu?
      hahahaha

      Delete
  3. Semuanya udah pernah aku makan ,
    btw Terang bulan memang menuai banyak kontroversi.
    temenku yang orang jawa beli terang bulan di bogor malah di kasih Martabak.
    terus dia protes. ya gitu deh pokoknya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw.. Martabak terang bulan memang sering disalah artikan -_-

      Delete
  4. Kue cucur sama apem udah pernah lel, gue yang belum terang bulan sama kue usus. Nanti kalo balik ke jakarta bawa dong lel, mau nyobain dua kue yang belum pernah gue cobain. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terang bulan itu sama kayak martabak manis gung.

      Delete
  5. kangen "gandhos" bentuk dan cetakan mirip "kue pancong; kue pukis". Gandhos ini terbuat dari parutan kelapa dicampur tepung terigu terus dipanggang dalam cetakan. rasanya pulen, bikin kenyang, gutih kelapa dan asin garam terasa pas lembut saat di "haappp". hmm masih tiga hari lagi menuju mudik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru tau kalau ada makanan namanya Gandhos.. Karena gandhos ini adalah nama temen aku sendiri ihihi

      Delete
  6. Kayanya baru nyoba terang bulan aja deh. Ini di Malang kan ya? Belinya dimana ya jajanan tradisional gitu? Pisang goreng, singkong rebus dkk, kadang pengin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada biasanya di tukang jual sayur pagi pagi,,
      Jadi pembelinya adalah bu ibu yang biasanya mau jajanin anaknya. Di pasar juga banyak lank

      Delete
  7. Kue cucur favorit pisan pas kecil dulu. Kalo disini sih rasa gula merah.. Warnanya juga coklat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa warna ORIGINAL nya memang coklat, karna warna alami gula merah

      Delete
  8. Woww.. pulang kampung emang cucok ya mba buat puas2in selera.... hihi.... jadi pengen segera mudik nih... kue apem mauuu....

    Salam
    Dunia Biza

    ReplyDelete
  9. Ya Allah murahnyaaa!!!!! Tapi ukurannya segede apa itu mba? Di banda aceh jg ada kue gt, tp harganya seribuan. Ato udh dipaketin, 5000 isi 8 gitu. Kalo kue cucur dulu sering beli pas msh tinggal di Kepri. Selama di aceh, blm nemu nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa malang masih murah banget karna ini jajanan pasaran..
      Segede apa ya.. ga gede gede banget sih tapi cukup bikin ganjel di perut hehehe

      Delete
  10. Waduw kalau ngomongin jajanan pasar favorit saya mah banyak mba, ada klepon, getuk, dadar gulung, lupis dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Getuk juga gampang dapetinnya teh etty

      Delete
  11. Rumahnya di Jatim ya mbak? kok kue dan "mlijo"-nya gak asing? hehe

    keluargahamsa.com

    ReplyDelete
  12. paling enak gatot nya tuh, jadi ngiler puasa-puasa gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gatottt warna hitam.. Gagal total kali yah kepanjangannya wkwk

      Delete
  13. Waah jajanan pasar yg bikin kangen euy...
    Cucuur oh cucuuur

    ReplyDelete
  14. Aku suka banget perut ayam dan cucur, mba. Enaaknyaaa

    ReplyDelete
  15. Kalau yang terang bulan itu gimana mbak bentuknya soalnya saya belum pernah nyobainnya. ?

    ReplyDelete
  16. Kue cucur sama perut ayam tetap jadi favorit.
    Terangbulan yang dimaksud yang terangbulan mini isi meises apa gimana tuh? Ngelihat gambar, oh yang kayak gitu.
    Tapi semuanya aku suka sih :3

    ReplyDelete
  17. penasaran sama kue usus ayam.. hihi

    kalo aku sukanya tape ketan, sama wajik, lupis, cenil, waduh.. bisa2 kesebut semua nama makanan. :P
    tradisi di Wonosobo kalo idul fitri tamu disediakan camilan banyaaak pakai toples tapi biasanya yang kue2 dan snack kering, supaya awet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya kalau yang wonosobo jajanan pasarnya khas lengket2 hihi

      Delete
  18. Aku baru tau jajanan Kue Usus sih, Lel ._. Lainnya sih familiar :D hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih baru tau ? ah kamu kurang gauuul feb :D

      Delete
  19. Lah, masa gua baru tau kue usus ayam. :(
    Bentuknya kocak gitu ya.. jadi gemes sama yang punya blog. *ehapaandah

    ReplyDelete
  20. Cucur sama Apem josslah pokoknya :D

    ReplyDelete
  21. Paling suka cucur sama usus ayam.. tp kalo udah makan, minyaknya beleberan.. wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Kalau aku sendiri suka sama cucur dan terang bulan!
    Duh, kalau inget dulu pas waktu kecil dan masih suka nginap di rumah kakek nenek.
    Beuh, setiap pagi borong jajanan pasar terus minumnya teh deh. Kumpul dan makan bareng.
    Ada satu lagi sih, saya suka banget juga sama onde-onde hehehe.
    Sayang, sekarang sudah lama gak begitu lagi. Jadi kangen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bner.. minum teh anget sambil makan ini.. trus makannya sama nenek kakek.. hmm jadi kangen jugaa :')

      Delete
  23. saya malah belum pernah lihat kue cucur warna warna, biasanya warnanya cuma coklat aja

    ReplyDelete
  24. aku suka pempek panggang, tapi baisanya jualnya di SD bukan pasar tradisional. Cuma nemu di jambi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gatau pempek panggang.. gimna tuh makanannya berarti gapake kuah ya ?

      Delete
  25. aku nga begitu suka jajanan yang kue-kue gini.. onde ondelah mentok hahaha tapi udah lama ga pulang ke jawa :"( udah kayak gimana ya sekarang :"(

    ReplyDelete
  26. Waaaaaw baru tau ada yg warna biruuuu....smnjak di jawa timur nemu cucur banyak warna hehe..biasanya cuma coklat itu

    ReplyDelete
  27. semua jajanan diatas, sumpah belum perah coba sebelumnya. apa ini yang namanya mudik dan punya kampung halaman

    ReplyDelete
  28. Aku suka jajan kue cucuuuur! Enaksss~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cucurlah padaku.. bila kau tak lagi cinta ~
      *eaaa

      Delete
  29. Kaget, kirain dari usus ayam beneran XD
    Lah di daerahku juga udah jarang sih yang 500, palingan 2000 dapet 3, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa karna harga bahan bahan sudah semakin naik yaaa

      Delete
  30. kalau kue perut ayam aku gk gitu doyan soalnya cuma tepung doang sih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa .. tapi kalo pas laper adanya ini.. ya aku makan aja sih :D

      Delete
  31. Makanan tradisional yang saya suka banget itu kue pukis. Kalau di Bandung ada yang mirip, namanya kue balok. Makanan lainnya adalah onde-onde. Duh, ngebayanginnya aja langsung ngecesss ^_^

    ReplyDelete
  32. Jaman sekarang udah langka saya temukan jajanan begituan seharga 500 rupiah. Apalagi di daerah saya tinggal. Murah banget menurut saya. Kue-kue tradisional gini jadi bikin kangen masa lalu. Hehehe.

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram