Look At Me

a blog by Laili Umdatul Khoirurosida

Pantai Balekambang, Jawa Timur, Indonesia

Pantai Balekambang dan Pantai Jembatan Panjang

Setelah berkunjung ke Pantai watu lepek dengan segala dramanya, akhirnya saya memutuskan untuk menuju destinasi pantai selanjutnya yaitu Pantai Balekambang sekalian mencari sunset. Pukul 3.30 sore kita berangkat dari pantai watu lepek. Perjalanan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Pantai ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco kecamatan Bantur, 70 Km sebelah selatan kota Malang. Jadi kalau dari malang kota jalan kesini kira kira akan menempuh perjalanan 2,5 jam.

"Mas nanti berhenti di yang deket pura nya itu ya?", pesen saya kepada Mas pras, driver kita selama perjalanan di Malang waktu itu.
"Iya mbak, memang yang khas dari Pantai Balekambang ini pura nya itu mbak"

Oh oke lah. Saya kira ga deket Puranya itu. Saya mengira begitu karena pernah ke Balekambang tapi tidak di bagian dekat Pura nya, waktu itu lagi foto session kelulusan SMK yaitu sekitar 2 tahun lalu. Silahkan baca disini

Pura di Pantai Balekambang ini bernama Pura Amerta Jati,berada di Pulau Ismoyo. Pada Hari Raya Nyepi, pantai ini juga lebih ramai karena umat Hindu melakukan upacara atau prosesi di Pura tersebut.  Sebenernya ada 3 Pulau di daerah Pantai Balekambang ini, selain pulau ismoyo yang di hubungkan dengan jembatan , ada juga pulau Anoman, dan pulau Wisanggeni.

Well katanya Pantai ini merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Malang sejak 1985 hingga kini. Karena ada Pura nya, maka pantai Balekambang ini bisa disebut sebagai Tanah Lot nya pulau jawa. Hehe.

Suasana sore itu ramai sekali, banyak mobil mobil parkir di pinggir pantai. Pantes aja Ramai, karena pantai ini terbilang sudah cukup lama eksis. Di sekitaran pantai juga banyak sekali toko toko yang menjual berbagai baju pantai, lalu oleh oleh kaos bertuliskan "Pantai Balekambang". Ada juga yang jualan topi topi pantai, saya udah kepengen aja beli topi topi pantai itu. Tapi saya tahan tahan aja lah, gausah jajan macem macem, kebutuhan masih banyaak. *dasar calon ibu ibu*.
Disini juga ada Flying fox yang terbentang dari Pulau ismoyo (tempat pura Amarta Jati berada) ke pantai balekambang. Jarak flying foxnya cukup pendek dan rendah. Jadi menurut saya kurang ekstrim jadi saya nggak naik. Haha.

Di pantai ini tidak terlalu banyak drama yang terjadi seperti ketika saya mengunjungi pantai watu lepek. Karena di pantai ini kita jalan jalan cantik biasa aja. kita bahkan sempat bosen. Ah masak gini gini aja?
Ramai lagi.

Paling males kalau lagi liburan ke pantai tapi pantainya Ramai banget, Haha. Bener nggak?

foto foto pun udah nggak mood.

Setelah selesai jalan jalan ke Pura Amarta Jati yang berada di pulau Ismoyo, kita melihat dari jembatan bahwa di sebelah Barat Pantai Balekambang ada Pantai lagi. Aksesnya pun cukup mudah, ada tangga menuju kesana. ternyata itulah Pantai Jembatan Panjang. Disana ada jembatan Buntung alias jembatan patah patah.

Konon katanya Jembatan yang berada dilokasi tersebut sudah beberapa kali direnovasi akan tetapi usaha tersebut sia-sia karena menurut cerita warga sekitar penghuni (mahkluk halus) dilokasi tersebut tidak mengijinkan akan adanya jembatan yang menyambungkan ke pulau tersebut.

Akhirnya kita foto foto di pantai jembatan panjang ini, karena pantai nya relatif lebih sepi. Sebenernya ada loket lagi yang sudah tutup. Mungkin kalau masih buka, kita harus bayar lagi untuk masuk ke pantai Jembatan Panjang ini.

Di pantai ini kita mau foto foto sunset.
Ekspektasi kita kira kira seperti ini.

EKSPEKTASI :

REALITA

Tapi ya namanya beda kamera, beda tangan yang potret, beda mata, beda selera seni. Gabisa dapet sunset seindah itu. Hahahaha. Gak apa apa lah.

Setelah puas berfoto foto berlatar belakang matahari sunset di pantai Jembatan panjang, kita pulang menuju kota Malang.

Hari itu rencananya kita mengunjungu 3 pantai, tapi kita malah dapet 4 pantai lho. Yaitu Pantai Batu Bengkung, Pantai Watu Lepek, Pantai Balekambang, dan Pantai Jembatan Panjang.
Enak ya tinggal di Malang.
Mau main ke pantai tinggal milih pantai apa.
Ada di mana mana dalam satu garis pantai.

FYI : Tiket masuk ke pantai ini per orang Rp. 15.00 tapi masih dapet 1 botol minuman. Lupa dapet minuman apa, yang jelas minumannya rasa Teh.

Comments

1. Tetep cantik kok foto sunset nya. Duh jadi pengin ke pantai nih :)

ReplyDelete
  2. Pas ke Malang tahun lalu sudah ada agenda ke sini, tapi tiba-tiba buyar semua :-(

3. Waaah jalan jalan ke Pantai emang menyenangkan. Apalagi ketemu sunset.

4. Bagus banget pantainya..pengen lah jelong2 ke sini.

ReplyDelete
  5. Wah kayaknya terakhir datang ke sini 15 tahun lalu :(Pemandanganya emang kece. Duh jadi pengen datang :)

6. Wah Mbaaaak, daku tinggal di Malang dan ke Balekambang terakhir kayanya pas SD. Udah beda yaa ... Sini Mbak tinggal di Malang. Hihihi. Yang orang Malangnya sendiri padahal jarang ke sana :p

7. Realitanya tetep cantik, foto siluet2 gitu kan juga lagi musim :D

ReplyDelete
  8. E knapa ga jadi b3li topi li, kan kalo pake topi bundar, terus terkena angin sepoi2 serasa mirip kayak lady diana eeaah

Hmmm dan aku baru tau di malang ada wisata religu umat hindu juga ya li
    Nah klo ada hhorrornya gini aku paling demen nihh

1. Hahaha enggak ah ..
      Iya ada mbak tapi kalau lagi ga musim ya gaada acaranya

Delete
  9. Sunset pantai balekambangan ini indah sekali. Yang sedang baper sepertinya tidak boleh datang ke tempat seperti ini :)

ReplyDelete
  10. Kenapa ya setiap lihat pantai itu bawaannya pengen kesana.. Pemandangannya bagus banget, sunsetnnya juga indah... Kalau ke Malang aku agendakan in shaa Allah :)

Jembatannya keren juga, itu kalau pagi hari lebih seru sepertinya ya :)
    Cocok buat melepas lelah karena banyak kerjaan..

1. Amiin semoga di kasih kesempatan keliling malang mas andi :D

Delete
  11. Wahh..ini next planning selanjutnya.
    Pingin bgt explore pantai malang..tp blom kesampean

12. Ida ini jalan-jalan terus, sesekali aku diajak dong. :p

Muahaha, gak segampang itu memotret senja. Butuh lensa yang bagus dan skill ngedit untuk membuatnya cantik. :D

Murah juga, ya. Gak semahal Ancol. Wqwq.

Replies
    1. Hehehehe iya kemarin pulang kampung terus ada temen temen dari jakarta, ya jadi jalan jalan yog.

Iyaaa susah jg ya wkwk

Iya dong murah, malang gitu lhoo

13. Eeeh eehee papaan neh pamer pamer pantai. KU JUGA MAUUUUU :(

Gatau kenapa, kalo liat sunset di pantai, rasanya adem adem gimana gitu ya Lel. Malang emang da bes.

14. suerrr keren banget ya mbak...pengen kesana jadinyaaa

15. Ah ini XDDDD
    ehehehe, ya namanya ekspektasi :/
    tapi kayanya bisa diatur sudut pengambilan gambar deh ya kak xD

Berarti harus kesini lagi! Kan dah baru tuh jembatan panjangnya xD
    Kayanya gara" kaka kesana sorean deh makanya rame. Aku hari Sabtu loh (yg mana Seninnya tggl merah, berrti chance ramenya lebih lebih lagi), eh tp pagi ding. Dan itu sepiiii. Waktu dtg parkir motor cuma keisi 5%, pulang juga 5% wkwkw xD

ReplyDelete
  16. Wow ga nyangka foto-foto saya ada disini. Masih di Malang mba? Kalo mau jalan-jalan, motret, dan nulis ayo kita collabs