Hikmah Challenge Receh Untuk Buku 2016

December 28, 2016

Ada hal hal kecil yang kadang kita remehkan keberadaannya padahal kalau dikumpulin bisa jadi banyak juga yaitu uang Receh. Di tahun 2016 ini saya sedang mengikuti sebuah challenge kecil kecilan untuk menghargai keberadaan uang receh itu di dalam kehidupan ini untuk membeli 'sebuah' buku. Kalaupun hasilnya lebih, saya pun berharap bisa beli 'beberapa' buku dari challenge ini. 

ps : Banner challenge ini ada di sidebar sebelah kanan pada blog saya ini.

Kalau kalian mau tau saya lagi bahas apa, maka coba baca juga : Masterpost Challenge Receh Untuk Buku 2016



Saya juga punya cerita tentang uang receh ini.

Waktu itu saya pernah naik metro mini bayar pake uang receh koin, eh malah dibuang gitu aja di depan mata sama keneknya. Saya pun nggak mau bayar lagi, karena uang saya kebetulan waktu itu masih pecahan gede gede *wkwkwk sombong abis*. Bukan, bukan karena pecahan gede gede sih oke saya ngaku, tapi mungkin waktu itu lagi kiris tanggal tua sampe bayar metromini aja pakai uang receh koin.

Menurut saya itu perbuatan yang sangat tidak terpuji Haha. Membuang uang koin begitu saja. Kadang ada juga yang reflek naruh uang koin sembarangan dirumah, tanpa dikumpulkan. Padahal itu juga berhagra. Maka Hikmah pertama dalam mengikuti challenge ini adalah saya dapat menghargai hal kecil mulai dari Uang Receh.

Dengan mengikuti challenge ini, sadar nggak sadar sebenernya saya juga membiasakan kembali menabung, sama kayak waktu saya masih kecil. Nabung belum kenal yang namanya ATM dan Bank. Nabung? cuma kenal celengen bentuk lucu lucu dan semangat banget ngisinya. Maka Hikmah kedua dalam mengikuti challeng ini adalah saya dapat menabung tanpa rasa terbebani.

Ya kalau dipikir pikir juga sih sebenernya Menabung untuk receh ini tidak sebanyak pengeluaran saya apalagi kalau sudah di hadapkan dengan pilihan Traveling, Kuliner, Atau bahkan Makeup. Tapi tidak ada salahnya memulai kebiasaan menghargai uang receh itung itung kita Investasi. Kalau misalnya uang ada di tabungan bank, maka kita akan merasa PUNYA UANG jadi kadang merasa mampu beli ini itu. Tapi kalau uang receh, hohoho kadang kita tidak merasa PUNYA UANG jadi uang receh aman dari sasaran budget untuk Traveling, Kuliner, Atau bahkan Makeup. Maka Hikmah ketiga dalam mengikuti challeng ini adalah saya dapat investasi kecil kecil.

Masih banyak lagi sih yang bisa di manfaatkan dari uang receh ini, kalau misal saya mau makan di tempat yang Ramai Pengamen biasanya saya siap siap menukarkan uang receh ini agar nanti tidak kelabakan nyari uang receh kalau ada pengamen.

Terus, uang receh ini bisa di tukerin ke toko toko yang membutuhkan mulai toko kelontong kecil sampe indomart atau alfamart, sehingga uang recehmu nanti bisa berubah jadi uang kertas. Hihi. Tenang nggak ada kurs nya kok untuk pertukaran uang jenis ini :p


***

Alhamdulillah setelah saya menghitung hasil saya dalam rangka menghargai uang receh, kemarin terkumpul sejumlah Rp. 185.000 uang receh koin, dan Rp. 55.000 uang receh kertas. Uang kertas masuk kategori receh gak sih ? Saya anggap iya aja lah hihi. Uang yang saya maksud adalah pecahan lembaran Rp.1000 dan Rp. 2000.

Jadi Total uang yang saya kumpulkan secara iseng dan tanpa tujuan ini berarti ada Rp. 240.000.

Banyak juga ya. Itu saya iseng lho. Apalagi kalau saya niat? Nyoba tahun depan niat ah siapa tau kemudian bisa di buat modal nikah. Eh.

Dan saya masih bingung mau beli buku apa dari total uang yang sudah saya kumpulkan ini. Mau beli buku buat diri sendiri atau di adain giveaway aja ya ? Karena dulu saya suka banget baca buku, tapi makin kesini buku saya masih banyak yang belum di buka, kalau misalnya saya beli lagi buat diri sendiri takutnya malah mubadzir. Jadi enaknya beli buku apa ya ? Ada saran ?
Eh kalau di adain giveaway buku ada yang mau ikutan gak yaaa?

Btw Kalau mau ikutan challenge ini masih bisa lho karena kak Floriayasmin akan ada yang selanjutnya di tahun 2017 :D

Pasang banner ini kalau mau ikutan yha!


You Might Also Like

37 tanda tangan

  1. Hahahahaha, aku langsung ingat uang recehku. Mau aku hitung ah, hari sabtu mau aku buat beli buku. Entah berapa datanya yang penting ada usaha :-D

    ReplyDelete
  2. aku jadi keinget uang recehan di rumah jadinya kak. waktu ini uda bilang ke teller bank. katanya dsruh setor tapi kudu dirapii dulu. kali lumayan pake beli novel. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah aku udah rapihin tapi kayaknya males kalau harus setor ke Bank. Jadi aku tukerin di warung2 kecil sama indomart atau alfamart aja. Tapi tetep aku rapihin sih

      Delete
  3. ih keneknha kok gitu sih!??? Belagu amat buang uang receh. Tu ya biasanya manusia congkak kayak si kenek gitu rejekinya mandek. Sukurin...

    ReplyDelete
  4. waah bisa dicoba juga nih challenge-nya buat trio krucils di rumah, mrk sih disediain celengan tp ngisinya males...tp klo dibuat challenge, jadi dlm jangka waktu ttt dibuka dan dibelikan barang tertentu pasti mrk lebih semangat yaa.
    makasih idenya hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul :D Ada tujuan jadinya.
      Tanya dulu aja apa keinginan mereka saat ini ?

      Delete
  5. Bener sekali, Mbak, receh tapi kalo sudah ngumpul jadi banyak jumlahnya ya.

    ReplyDelete
  6. Seringnya recehan aku ilang buat polisi cepek yg sekarang jadi polisi gope & seribu.. Sepertinya harus ikutan nabung lagi nih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Polisi gope & Seribu maksudnya yang gimana ka sandra ?

      Delete
  7. salam kenal,
    perlu dicoba kayaknya..
    terima kasih

    ReplyDelete
  8. 3 bulan yang lalu buka celengan yg koin seribuan dapet 3 juta sekian dong pas ditukerin. wakakakaka.

    ReplyDelete
  9. Li aku cuma kasi saran biar banyak yang ikutan giveawaynya beli buku : supernova, agatha christy,komik, atau novel metro pop maybe akan banyak yang ikutan

    Yang paling bikin seneb itu klo recehnya pecahan 100 200nperak neng, kagak laku
    Tapi klo 500 ama seribu masih mau sih orang2 huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. noted mbak wkwk.

      100 200 perak masih mau kok dituker ke indomaret buat kembalian katanya

      Delete
  10. Yang nyebelin tuh mba, anak kecil jaman sekarang.....beuh lagaknya /elus dada/ dikasih duit jajan limaratusan dua dibuang coba. Hmm........akhirnya duit-duit receh yang ngga dilirik adik" saya kumpulin saya masukin ke kaleng susu. Sekarang udah dua kilo kali beratnya xD cuma belum sempat nukerin. Maunya sih abis ditukerin di tabung di bank hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha berarti anak kecil nya sama kayak kenek di bus itu dong yang di ceritaku, ngebuang uang receh :(

      Delete
  11. aku biasa sih dari dulu ngumpulin uang receh. nah kalau lagi labil ekonomi biasanya aku bakal pakai tuh recehan, yang pecahan 100 ama 200 biasanya aku gabungin sampai sejumlah seribu, trus direkatin pakai selotip, belanjain deh hehhehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau yang ini aku gak berani ambil ambil :D

      Padahal uang receh bisa menyelamatkan diri dari jahatnya akhir bulan ya.

      Samaaa aku juga suka di rekatin pake selotip pas nukerinnya

      Delete
  12. Ngumpulin uang receh sedikit-sedikit lama-lama jadi banyak juga ya hehe.
    Uang recehku juga sudah numpuk, belum kuhitung dapat berapa :D

    ReplyDelete
  13. Ya, ampun kok kasar banget ya uang receh dibuang. Padahal mau gimana bentuknya juga uang tetep uang :( Bagus idenya, mungkin tahun ini aku juga mau kumpulin receh dan nanti dibelikan buku :)
    *tiba-tiba ngebayangin aku mampir ke Gramed bawa karung isi koin, ahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. mau gimanapun bentuknya ya tetep uang yah.

      Huahaha kayaknya kalau aku gak berani beli buku pake koin.
      Nanti viral lagi kayak berita di 2016 ada yang beli motor pake koin :')

      Delete
  14. Iya giveaway hadiah buku aja, Da. Pemburu gratisan pasti merapat nih :D

    ReplyDelete
  15. uang receh ada di celengan
    hehe
    sayang sekarang jarang baca buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa sekarang giliran udah bisa beli buku malah jarang ada waktu

      Delete
  16. Duh kok aku kesel ya sama abang keneknya -_-"
    Aku juga selalu menabung uang receh, malah kalau belanja di warung atau supermarket atau beli bensin gtu mereka seneng banget dikasih receh lho :D

    www.deniathly.com

    ReplyDelete
  17. Ya ampun sombong amat keneknya.. Yang namanya rezeki gimana pun bentuknya ya disyukurilah harusnya :(

    Aku dulu pernah ikutan tapi mutung haha. Karena uang recehnya malah jadi penyelamat tanggal tua. Trus sekarang punya recehan pun ujung-ujungnya buat belanja juga biar pake uang pas, gak dikasih kembalian permen. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa iya sih kadang uang receh malah di ambil ambil apalagi pas lagi bokek yah mbaaaa...
      Wkwkwk kembalian permen, gak bisa di pake buat beli beli lagi yah

      Delete
  18. yaaay, masih berlanjut ya challenge ini. jadi ingat 2012 lalu juga ikutan, lumayan bisa dapat 2 buku :D
    tahun ini pengen ikutan lagi aahh *pengennya* semoga terlaksana deh #eh

    sukses yaahh, biar semangat kita nabungnya, semangat baca bukunya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya berlanjut kak.. :D


      amiin semoga lancar.

      Dan.. semoga makin rajin baca buku :D

      Delete
  19. elus dada liat kenek buang koin.
    aku juga pernah ngasih pengamen koin, dibuang! Aku jengkel terus aku omelin aja sekalian

    ReplyDelete
  20. Aku mauuu ikuttt ya mbak :D Biar uang recehnya lebih terarah dan bermanfaat :D hehehe salam kenallll

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram