Review La La Land (2016) - Drama Musikal penuh mimpi

February 02, 2017

Sebenernya saya telah menonton beberapa kali cuplikan La La land ini di youtube, instagram, bahkan film ini sudah bisa didownload lho tapi rasa penasaran saya tetep belum bisa terobati. Saya tetep pengen nonton La La Land di Bioskop #kekeuh.

ps : Review ini di tulis secara personal, pakai bahasa sehari hari jadi jangan dikira mau review kayak pereview film yang handal ya! :) 

source : pinterest.com

Setelah sekian lama penasaran akan Film La La Land yang dengan gagahnya telah menerima 7 penghargaan Golden Globe sekaligus padahal baru saja tayang di bioskop, akhirnya kemarin saya  berkesempatan untuk nonton juga. 


Lala land adalah Drama Musical dengan kesan cerita Romantic, Retro, dan Jazzy. Damien Chazelle langsung membuat saya melongo karena diawal Film langsung menyambut penonton dengan "khasnya Drama Musikal" yaitu aksi pembawaan lagu "Another day of the sun" yang energik dan ceria ditengah kemacetan kota LA (Los Angles). 6 menit opening lagu itu dibawakan dengan Freeway dance yan ternyata proses syutingnya memakan waktu 2 Hari karena harus longtake alias tanpa cut. Mantap Jiwaaa, 2 hari syutingnya dengan banyak orang begitu, ngeditnya berapa lama ya?

*Maap yang barusan itu spoiler dikit haha*.

Meski masih sama sama mengusung tema Musik Jazz, La la Land sangat berbeda dengan film Damien Chazelle sebelumnya yaitu Whiplash yang diperankan oleh Mike Teller tentang seorang Drummer Hebat dalam dunia Jazz.


Film La la land dibintangi oleh Ryan Gosling (Sebastian) dan Emma Stone (Mia Dolan). Kalau dalam bahasa jawa, dolan itu sebenarnya adalah main, jadi Mia Dolan artinya Mia main. Haha gak penting maaf


Mia berperan sebagai seorang wanita biasa yang sedang mengejar mimpinya sebagai aktris, beberapa kali ikut audisi atau casting selalu diremehkan sehingga gagal. Maka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Ia Rela jadi barista. Namun berbeda dengan Sebastian, mindsetnya yang "lurus" terhadap dunia jazz membuat dia kaku untuk menerima pekerjaan lain selain mimpinya yang mendirian sebuah Club sendiri bernama Chicken on a Stick.

Dan dengan klisenya, here it is Damian Chazelle brings you the story of two person who will catch their dream together. As a pair of shoe, as pair of boyfriend and girlfriend. 

Tapi meskipun ceritanya sangat klise, entah mengapa saya sangat suka karena banyak hal lain yang patut diacungi jempol karena setting sutradara Damien Chazelle sangat pure, natural. As it flows kamu bakalan nggak kerasa tiba tiba berasa ikut nari, ikut nyanyi, lalu berdecak kagum, ketawa, ikutan sebel, dan mungkin kalau gak kuat iman bakalan nangis. Ya nangis karna film ini bagus pisan! Awwww.

Dari busana. Mary Zophres sang penata busana mengatakan bahwa Ia ingin membuat kesan busana busana Mia dan Sebastian dalam film menjadi "RETRO REALISTIC LOOK". Dan dia berhasil, warna Retro yang cerah cerah seperti kuning dan tas oranye, baju pink, baju biru membuat Mia dalam film La La Land tampak "menyala". Sedangkan Ryan Gosling, tetap charming dengan setelan Jasnya yang rapi.

Salah satu scene yang munculnya cuma beberapa detik, tapi baju baju Emma sangat Eye Cathing.
Good job Mary Zophres.

Dari tata letak selama film, hal hal kecil seperti kamar Mia pun menjadi perhatian. Kamarnya Mia unyu Pisan! Kalau yang latar film yang lainnya? Wah jangan tanya, latar setting tempatnya untuk nari dan nyanyi mereka berdua sangatlah bagus apalagi yang di Griffith Park yang jadi Cover film La La Land itu.

Source : Liputan6property.com

Tak hanya tata busana dan tata letak Film, Apakabar dengan Soundtrack Film dan Koreografi Mia dan Sebastian?

Sama! Bagus juga.

Koreografi dilatih oleh Mandy Moore (yang bukan penyanyi). Mia dan sebastian  berlatih Tap Dance, Jazz Dance, dan Ballroom dance selama 4 bulan. 
Composer Justin Hurwitz pun membuat penonton terngiang ngiang sama lagu lagu dalam film La La land yaitu Someone In the Crowd, Lovely night dance, City Of stars, Set a fire dan di akhir film ada lagu Here's to the hearts.

“And here’s to the ones who dream, foolish as they may seem.”

Source : www.rorypnm.com

Akting Emma dan Ryan dalam karakter Mia dan Sebastian juga totalitas lho. Di setiap tarian Emma selalu ekspresif 'ala Mia'. Kalau orang yang gak suka nonton drama musikal pasti bakal mikir "apa banget sih cewek cantik begini kok kayak orang gila pas nari begini?" hahaha. Mia punya ekspresi emosi dan bahagia yang bagus. Ya intinya mah orang cantik emang bebas lah yaaa... bebaaas mau sedih nangis marah juga tetep cantik.


Sedangkan Ryan, entah kenapa tetep cool terus meskipun lagi akting kekeuh mau bangun club sendiri. Kalau dalam dunia nyata misal ada temen yang kekeuh alias kepala batu kan rasanya pengen nabok tuh? Nah kalau sebastian nih enggak, meskipun batu pengennya ngelus-elus aja? *yakali modus banget dah*
Sebastian jadi double cool ketika main piano, dan triple cool ketika denga gaya Jazzynya Ia selalu menaiki mobil atap terbuka klasik. Bener gak sih mobil atap terbuka? ya sebut saja mobil convertible lah ya.

Sejauh ini La La Land adalah Film Musikal terbaik yang pernah saya liat (kayak High school musical, Pitch perfect dll). Soundtracknya, lagu lagunya, akting pemainnya, tariannya.. semuanya sempurna untuk sebuah film Musikal. Hmm sempurna disini hanyalah sebuah kata kata karna saya merasa begitu, tapi jika ada yang tidak setuju saya maklum maklum saja. Karena film bergenre Drama Musikal tak disukai semua orang, ada yang nggak suka juga.

Tapi meskipun ada yang nggak suka Drama Musikal, saya akan tetap merekomendasikan film ini untuk ditonton :D

***

Fakta Menarik di balik La La Land :



1. Dalam La La land Ryan Gosling dan Emma stone berperan sebagai pasangan untuk yang ketiga kalinya.

Ryan Gosling dan Emma stone telah berperan sebagai pasangan sebanyak 2 Kali sebelum La La land yaitu di film Crazy, Stupid, and Love (2011) dan Gangster Squad (2013). Sehingga ketika bermain dalam film La La Land ini rasanya mereka punya semacam "Unscreen Chemistry" yaitu secara tak tampak chemistry mereka bener bener pas, cocok. kompak. dan pasti sukses bikin penonton Iri.

2. Ada Mia dan Sebastian yang lain sebelum Emma stone dan Ryan Gosling.

Sebelum Emma Stone dipilih, Damien Chazelle sempat memikirkan Emma yang lain yaitu Emma Watson tapi Emma Watson menolak tawaran ini karena dia sedang membintangi Film Beauty adn the Beast (2017).
Dan sebelum Sebastian dipilih, Damien Chazelle sempat memikirkan Mike Teller untuk membintangi filmnya lagi setelah sukses dalam film Whiplash. Berbeda dengan Emma watson yang lebih memilih memerankan Belle, si Ryang Gosling justru menolak peran dalam film Beauty adn the Beast (2017).

Mungkin Emma Watson gak berjodoh sama Ryan Gosling. Karena Ryan Gosling emang udah cocok banget sama Emma Stone.

3. Dalam Film ini Mas Ryan Gosling bela belain Belajar Piano.

Selama 4 bulan Ryan Gosling tak henti hentinya belajar piano. Karena diharapkan Ryan Gosling mampu membawakan Peran Sebastian yang mahir main piano. Double Hand Exactly! jadi nggak usah ada pemeran pengganti.
Yaa tanpa Ryan Gosling bisa main piano aja, pasti cewek cewek udah klepek klepek. Apalagi... dia mahir?
John Legend aja sampai cemburu lho.

4. Guru piano Ryan Gosling adalah John Legend.

Dan John Legend ikut mengambil bagian dalam peran "Keith". Sementara Ryan Gosling belajar piano, si John Legend malah belajar main gitar hanya untuk film ini.

5. Lala Land sempat ditolak setelah 6tahun yang lalu di susun oleh Damien Chazelle.

Fakta lainya adalah tentang proses pembuatan film dari penyusunan naskah, hingga tampil dilayar kaca tak semulus tampian filmnya. Beberapa kali Damien Chazelle di tolak oleh rumah produksi karena ceritanya dianggap klise dan kurang menarik. Bahkan ide La La Land ini sudah ada sebelum film Whiplash dirilis.

6. Seluruh crew dan pemain sempat membuat acara untuk nonton Drama musical classic setiap Jumat malam.

Katanya agar dapat "Feel" gimana nanti film La la land ini bakal dibawakan, agar bisa menarik perhatian penonton dengan gaya Holliwood Classic Musical. 

7. Ada adegan tanpa Cut ketika Sebastian dan Mia menari didepan Griffith Park Observatory yang menjadi sebuah adegan Ikonik La La Land.

That amazed me!
Saya liat bolak balik di youtube emang kayaknya nggak di cut sama sekali.
Untuk take adegan ini dibutuhkan suasana "Magic Hour" saat subuh.
Mereka take maksimal 5 kali dalam sehari agar dapat tarian Tap dance yang mulus diiringi dengan lagu semi ngobrol mereka dengan judul Lovely Night.

Tap dance Ikonik Long take (No cut)


cuplikan Tap Dance Lovely night.

8. La La land memiliki arti ganda. Karena sebagian orang mengira bahwa La La land adalah singkatan dari Los Angles namun ada juga yang mengatakan bahwa La la land adalah kata sifat yang berarti : a euphoric dreamlike mental state detached from the harsher realities of life.

sumber : www.merriam-webster.com

9. Rekor 7 golden globe padahal baru aja tayang di Bioskop.



10. Dan sekarang malah dapat  Rekor 14 Nominasi Academy awards 89 (oscar).


Surce gambar Achievment : Official facebook La La Land

Untuk Achievment penghargaan penghargaan lain bisa liat di website resminya La La land :)

Trailer :

Kapan terakhir nonton film yang bisa membuat hati ikut menyanyi? Beberapa scene terngiang ngiang. Rasanya ikut bermimpi selama film diputar. Dan ketika keluar studio, rasanya kamu baru bangun dari mimpi.

Ya kemarin. Waktu nonton film ini.


"No Dreams Come True Just Trough One night, Except cinderella does"

Rating : 9/10.

You Might Also Like

42 tanda tangan

  1. Akhirnya bisa berkesempatan mampir ke sini lagi hehe.
    Film la la land ini buat penasaran banget. Beberapa pekan terakhir selalu dipromosiin lewat beberapa radio di sekitar Jakarta. Untuk yang belum nonton kayak aku kan jadi penasaran ya haha.
    *langsung cari di bioskop mana yang masih diputer*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai long time no seee :D

      Bener.. kalau kamu liat ig ig artis tuh mereka pada bilang film ini bagus. Hahaha.
      Dian sastro misalnya.

      Semoga masih ada di bioskop jakarta ya :D

      Delete
  2. Liat thrillernya aja udah menarik banget ya Laila :)
    Aku suka si mas Ryan Gosling ini..keren banget ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi doi sekarang pinter banget main pianonya :D

      Delete
  3. Huaaa, aku blm nonton.. pak suami langsung nonton pas br kluar Dan bgs pisan juga katanya. .Oh ada John Legend tea 😁
    Review nya lengkap luk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hlooo pak suaminya nonton gak sama mbak ucig?
      puk puuuk sabar ya. udah bisa di download kok kak *hahha ini anjuran sesat*

      Delete
  4. Jelas kalau berani nonton sama mantan ke sini bakalan ajib hahahahah. Endingnya ituloh :-D :-D

    ReplyDelete
  5. Ryan Goslin kenapa sih mukanya pengen di peluk duh li gak nahan liat wajahnya tapi sayang udah jadi suami orang gkgkgk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha aku kira dia masih lajang.
      abis kamu komen ini aku langsung googling wid.

      ternyata dia cinlok juga ya tahn 2011.
      Duuu kenapa nggak cinlok sama emma stone aja yah hahaha

      Delete
  6. Wah, saya malah baru tau ttg film ini, dan... review ini bikin saya kepo. Mau nonton and enjoying this movie, ah!

    ReplyDelete
  7. Kayanya La La Land ini sesuai dengan penulis naskahnya ya, meski sempat ditolak tapi tetep berusaha. Persis dengan alur ceritanya.

    ReplyDelete
  8. aku kurang suka drama musikal sih.. tapi kalau pemainnya kece ya pada akhirnya nonton juga. buahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi. Iya kadang yang gaamau nonton ini karena emang awalnya bukan "genre favorit" nya

      Delete
  9. Emang udh cocok Emma stone yg main. Kalo Emma Watson kayaknya gak cocok deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kayaknya kalau emma watson yang main belum tentu sebagus emma stone :D

      Delete
  10. Wah, aku pernah liat cuplikan film ini di tv, perjuangan si aktorama artis buat belajar nari, lama banget termasuk belajar piano

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. tapi seenggaknya mereka punya skill tambahan setelah sukses memerankan film ini :D

      Delete
  11. rivew nya keren mbakk , kumplitt tanpa harus spoiler. aku sudah nonton film ini dan emang bagus bangett . gak bosen walaupun nonton lg . suka sama adegan nari nya.. so sweett bangett

    ReplyDelete
  12. aih keren...padhal baru liat spoilernya aja.
    iya, bajunya ngejreng tp jd kelihatan cantik n menarik

    ReplyDelete
  13. Seruu baca reviewMu Mbakk.. Aku makin penasaran pengen nonton film ini.
    Wajib nonton niyyy, secepatnya.
    niwey salam kenal yahhh

    ReplyDelete
  14. Waah..kayaknya harus nonton film ini. Dari ulasannya Mbak, kayaknya film ini rame ya...

    ReplyDelete
  15. Ah, dari bulan lalu emang udah pnasaran nonton film ini. Pas abis baca twit Joko anwar yg rekomendasiin film ini dan katanya dapat banyak award di golden globe.

    Dri cuplikan video tap dance udah kliatan keren abis. Tpi saya penasaran sama endingnya kyak gimana ya? uhuhu.

    Kyaknya harus nonton langsung dibioskop nih. Soalnya klo didownload trus nonton didpan laptop, feelnya mungkin nggk bakalan dapet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah endingnya..
      gitu deh.. nonton sendiri laaah :D

      Delete
  16. Ternyata yg jd meme ahok kemaren film ini ya XD

    ReplyDelete
  17. Wkwkwkw.. temen2 ku juga semua pada ngomongin ini pilem tapi aku belom sempet nonton.

    Dari review mbak dan temen2 yang laen ini pilem biasa2 aja tapi kesannya gabiasa.

    Next perlu streaming di kantor pas uda masuk kerja kayaknya nih

    ReplyDelete
  18. aku belum pernah nonton Lala Land, tapi rebviewnya bikin tergelitik buat nontonnya mba :-D

    ReplyDelete
  19. Gw nontong cuman 1/2 doang dan kurang suka #BedaSelera

    ReplyDelete
    Replies
    1. #karenakamubelumnontonsampeendingnya
      #ternyatacapekpakehashtag

      Delete
  20. Komplit dah review-nya. Pantes dikaret kuning karena pake telor #eh. Rekomin banget yah filmnya. Jadi nggak sabar pengen ikutan nonton.

    ReplyDelete
  21. Suami nih ysngvsuka drama musikal sampai anak-anaknya diracunin harus suka juga wkwk.thx resensinya,mb.bisa jadi rekomend nih filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha tapi soal hobi dan kesukaan mah gak bisa di paksain karna relatif :D

      Delete
  22. Temenku dh nonton ktnya bagus ceritanya... dh lm ngga nonton bioskop ini...

    ReplyDelete
  23. Nice review mbak, btw penghargaannya banyak amat, jd penasaran nonton

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram