Ngopi Cantik - Belajar Tentang SEO

September 22, 2017

Photo by Foodie Factor on Unsplash

Di jaman serba digital begini, bersyukurlah karena ada hal hal yang dapat dilakukan dari jarak jauh termasuk dalam hal menuntut ilmu. Kadang suka sedih sendiri karena nggak bisa hadir kalau ada event atau seminar yang diadakan waktu hari kerja, ataupun kalau weekend karena masih harus kuliah. Sekarang mau belajar nggak harus dateng, ada e-learning ada pula social media, ada pula ruang whatsapp untuk belajar atau diskusi dari hal hal yang receh sampe hal hal yang serius.

Kebetulan kemarin Beautiesquad sedang mengadakan ruang Ngopi Cantik ke 2 di whatsapp yang temanya rada berat dan serius yaitu tentang SEO. Bintang tamunya adalah founder dari komunitas blogger perempuan yaitu mbak shintaries. Tanpa pikir panjang sayapun langsung daftar, karena gak perlu hadir dan ga perlu sedih misal bertepatan dengan hari kerja atau waktu kuliah, karena ngobrolnya by whatsapp.




Dipikir pikir, lama nggak posting blog bukan berarti lama nggak ngedraft dan bukan berarti pula harus berhenti belajar buat mengerti tentang blog. Jadi saya sangat excited ikut obrolan serius dalam seri Ngopi Cantik ke 2 ini, meskipun rada jarang ngeblog tetep harus semangat belajar SEO.  hihi.

Acara Ngopi cantik by whatsapp ini  dimulai pukul 15:30 WIB pas banget sama jadwalku yang baru pulang kuliah dihari minggu.

Dan disini saya akan mencoba menjelaskan kembali ilmu yang sudah saya dapatkan dari acara ngopi cantik ini, semoga dapat membantu dan dapat di praktekkan ya!

Apa itu SEO ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari). Teori SEO berarti adalah mempelajari cara cara untuk meng-optimalkan tulisan kita agar dapat ditemukan di mesin pencari. Dalam dunia blogging, teknik SEO dapat dilakukan setelah tulisan di terbitkan.

Teknik Dasar SEO


Menaruh kata kunci di judul
Jadi misalnya kata kunci yang ingin dimasukkan adalah “nama brand lipstick”. Maka buat judul yang menarik namun tetap ada “nama brand lipsticknya”. Contohnya: Seharian Memakai “Nama Brand Lipstick” cukup touch up satu kali.

Ubah permalink
Secara default, kalau memakai judul di atas, maka link yang muncul adalah www.namadomain.com/seharian-memakai-nama-brand-lipstick-cukup-touch-up-satu-kali.
Tapi, kalau SEO ini harus diubah dulu menjadi www.namadomain.com/nama-brand-lipstick ya, jangan dibuat permalink sepanjang judul yang tadi. Setting permalink ada di bagian kanan/bawah saat membuat konten tergantung blog masing-masing


contoh :  judul blogpos- ku yang panjang banget kayak jalan kenangan.

Nah sebenernya tuh permalinknya pendek aja kayak gini -> http://www.khoirurosida.com/2017/07/review-fair-n-pink-whitening-body-serum.html


Ini tampilan ganti permalink pada blogger ya, kalau mau merubah permaling pilih yang
"Custom Permalink".


Jumlah kata
Google sangat menyukai konten dengan jumlah kata yang banyak. Sesuai riset, jumlah kata yang sering terindeks adalah 800-1000. Saya sering menyarankan minimal 1000, tapi untuk biuti, 800 kata sudah cukup.

Baca disini untuk lebih lengkapnya mengenai Ideal Jumlah Kata Pada Postingan Blog

Rename Image Sebelum di upload
Sebelum upload image, resize dan rename dulu dengan KEYWORD. Misalnya review-nama-brand-lipstick.jpg. Jika lebih dari 1, bisa menambahkan angka di belakangnya. nama-brand-maskara1.jpg, dst. 
Nah buat kamu yang selalu upload apa adanya sesuai nama file asli, jangan lupa re-name dulu ya!
Saya dulu juga gitu sih. Hihi

Internal dan Eksternal link :
Selalu tambahkan link ke tulisan lain dalam blog kita dan juga link ke blog/web lain sebagai referensi yaa. Related post dan Read more di halaman awal juga diperlukan karena itu dianggap sebagai internal link. Tapi jangan gunakan blogroll yang ada di sidebar yaa. Karena eksternalnya dianggap tidak baik, terlalu kebanyakan link keluar oleh Google. 

Meta deskripsi
Yang paling penting sebetulnya adalah meta deskripsi, yang harus diaktifkan. Baik itu di wordpress dengan plugin atau di blogspot (setting -> search description). Karena merupakan ringkasan dari konten kita, yang akan muncul pada hasil pencarian. Hal ini akan berpengaruh pada ketertarikan orang untuk mengklik tulisan kita.

ini dia Meta Description yang harus di isi. Isi dengan rangkuman blogpost kamu ya!

Back Link
Yang banyak digadang-gadang dan dicari orang/brand/ecommerce dll-nya itu adalah BACKLINK.
yang paling banyak menentukan posisi dan prestasi adalah BACKLINK. Banyak yang menyakini, posisi di search engine, ditentukan oleh banyaknya backlink yang dimiliki oleh blog. Itulah kenapa, blog dengan posisi bagus di search engine, Domain Authority (DA)nya akan tinggi.
Jadi DA tinggi ini terpengaruh juga dari backlink bukan

Jadi intinya, SEO adalah backlink. Oleh karenanya, ada banyak web/blog yang berlomba lomba mencari backlink, baik dengan cara beli/bayar, ada juga dengan cara paling gampang, yaitu blogwalking .

Nah rasanya itu dulu poin penting yang bisa saya sampaikan dalam sesi Ngopi Cantik - Belajar Tentang SEO bersama beautiesquad dan yang lainnya. Eh ga cuma beautiesquad doang lho yang ikutan, banyak juga dari umum. Lain kali kalau ada Ngopi cantik berikutnya jangan lupa ikutan ya!
Disitu terbuka juga untuk prosesi tanya jawab lho, kali aja kamu ada pertanyaan yang masih menggantung dan butuh kepastian.

Well.. Dulu sewaktu awal awal ngeblog, yang saya tau hanya asal nulis selama ada yang baca dan ninggalin komen disini, hati sudah senang gembira tiada tara tapi sekarang saya harus cari cara supaya tetep ada pengunjung yang mampir diblog, salah satunya ya dengan memahami SEO ini. Eh tapi tetep sih, yang disukai oleh mesin pencari dalam teori SEO adalah : Yang nulisnya konsisten, konsisten secara tema dan konsisten secara konten yang selalu di update berkala.


Semoga bermanfaat ^^.


You Might Also Like

7 tanda tangan

  1. Saya nggak terlalu ngerti SEO sih, nulis juga nulis yg kepikiran aja. xD tapi kayanya saya udah ngelakuin apa yg disaranin itu, Li... namun tetep nggak bersaing di pejwan. bawaan tulisnanya emang gak dicari oleh banyak orang sih. T.T

    ReplyDelete
  2. Saya juga gak ngerti seo, asal nulis aja. Saya juga udah ngelakuin beberapa yang kaya diatas salah satunya ngrename gambar. Yang belum saya lakuin adalah rajin update blog dengan konten yang sama secara berkala

    ReplyDelete
  3. Pulang kerja, buka laptop, niat mau nulis malah kepincut tulisan ini. Anw, makasih ulil sharingnya. Ikut nambahin deh ya berhubung kemaren juga ikut sharing di forum sebelah mengenai SEO juga, kalo dulu konsep SEO itu adalah : menulislah untuk mesin pencari. Tanam keyword sekian persen di postingan. Keyword di Bold. Nyari backlink spamming di sana sini. Nah sekarang konsepnya udah ganti, menulislah untuk manusia dan optimasi untuk mesin pencari. Keyword sekian persen di postingan "katanya" udah usang. Tapi pasang keyword di Judul (usahakan di paling depan), di permalink (custom permalink), dan di postingan. Backlink? Setuju tuh Blogwalking. Terus Jangan spam, dari sharing SEO kemaren katanya untuk mengundang High Quality Backlink maka tulislah konten2 pilar yang mampu menjadi rujukan atau referensi. Gitu, So, thanks for sharing ya...

    ReplyDelete
  4. Jadi kangen diskusi di grup WhatsApp. Mungkin awalnya bahas hal random, tapi tetap mengacu ke dunia tulis-menulis atau blog. Sekarang udah jarang. :(

    Gue udah tau hampir semuanya, sih, teknik SEO itu. Ehehe. Cuma kayaknya nggak pernah gunain yang meta-meta itu. Itu diisi apaan emang, Da? Bedanya sama meta-meta di template apaan?
    Tapi ujungnya, gue lagi-lagi lebih fokus ke konten. Seberapa panjang artikel gue, seringnya cuek. Bahkan 2.000 juga sering. Nggak mesti 800-1.000. Karena tujuan gue nulis bukan untuk yang ngarah ke SEO itu.

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget, meskipun belum terlalu paham, tapi jadi tau apa itu seo blog hehe

    ReplyDelete
  6. Aq dari awal ngeblog malah gak pernah ngurusin masalah seo, yg penting yakin! Haha...

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram