Destinasi impian : Raja Ampat. Apa yang Menarik?

May 16, 2018

Gambar : Babulol
Sumber : Ferryrusli.blogspot.co.id

Dulu saat saya ngaku jadi travel blogger, influencer favorit saya kalo ga satyawinnie ya marischkaprue. 

Siapa yang belum kenal mereka ? Duh buruan cek instagramnya deh lalu mungkin kamu akan meleleh, pengen banting setir jadi travel blogger juga haha. Tapi yak, sebenernya jadi blogger itu ya harus jadi diri sendiri sih, bukan ikut sana sini *halah sok bijak. 

Impian saya sejak suka jalan jalan pengennya ya ke Raja Ampat.
Meskipun sekarang udah bukan travel blogger lagi (karena udah jarang banget jalan jalan terus ditulis di blog), saya tetep pengen ke Raja Ampat. Wishlist 5 tahun lalu yang masih mentereng belum saya coret yaitu ke Raja Ampat ini. 

Ada lagi sih wishlist lainnya yaitu naik gunung yaitu muncak ke semeru. Tapi sekarang entah kenapa keinginan itu makin pudar (kalau naik gunung paling mentok mentok masih pengen sampe di Ranu Kumbolo aja).

Karena.. saya ternyata lebih suka mantai.

Lalu kenapa harus Raja Ampat padahal destinasi wisata di Indonesia itu sangat banyak?
Alasannya karena : "Saya Pengen aja nengok belahan surga di Indonesia timur *eaa."

Satyawinne sama Marischkaprue sering banget kesana.
Tiap mereka upload foto raja ampat saya selalu nelen ludah.
Kapan mulai nabung ? Kapan mulai bikin itinerary kesana ? Kapan ? Kapan ? Kapan ?
*Kapan lulus? #HUU

Banyak tempat di Raja Ampat yang pengen saya kunjungi salah satunya mungkin Misool Island. Misool terletak di area Selatan Raja Ampat. Misool adalah salah satu pulau dari 4 pulau utama di Raja Ampat yaitu yaitu Pulau Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.

"There's always something about Misool, it's breath-taking sceneries, it's amazing feeling being there, it's pristine water, the friendly locals and there's always something different and new when we re-visit." - marischkaprue

Kalau saya baca baca diblognya Marischkaprue, dateng ke Misool - Raja Ampat berarti bisa banyak spot yang dikunjungi. Tapi nggak bisa sendirian sih, harus rame rame karena boatnya bisa untuk 10-15 orang dan jadi nanti disana bisa patungan. HARUS patungan sih, kecuali kalau saya jadi istri kedua dari suaminya Nia Ramadhani, bisa sewa boat sendirian terus ajak semua pembantu yang ada wkwk. *CANDA DENG *YALLAH HINA SEKALIII WKWKWK

Spot spot Misool Island yang bisa di kunjungi yaitu :


1. Harfat Peak (Puncak Harfat, Misool)

sumber : http://marischkaprudence.blogspot.co.id

Kata Prue, Yang membuat pemandangan dari Puncak Harfat begitu mempesona salah satunya adalah laut Misool yang dangkal dengan pasir putih di bawahnya, membuat laut di sekeliling pulau-pulau karang itu berwarna-warni dengan rangkaian warna turquoise.


2. Dafalen Peak - Love Pool Misool


sumber : http://marischkaprudence.blogspot.co.id

Menurut info dari blog marischkaprue. Puncak Dafalen kini dapat diraih dengan trekking sekitar 30-40 menit. Trek cukup menanjak namun tangga-tangga kayu yang sudah dipasang membuat perjalanan terasa semakin mudah.

Its breathtaking, Isn't it?
sumber : http://marischkaprudence.blogspot.co.id




Di satu tempat yang sama, ada view point lagi yaitu love pool. Ah, ga perlu palang bertuliskan love untuk background photo. Kolam alam berbentuk love ini lebih menarik.


3. Danau Ubur-Ubur Lenmakana Misool


sumber : http://marischkaprudence.blogspot.co.id

Mirip dengan ubur ubur yang ada di Kakaban, ubur ubur disini juga stingless alias tidak menyengat. Yang perlu di catat adalah, ubur ubur ini sangat sensitif alias tidak memiliki pertahanan yang kuat. Janan sekali kali mengankat ubur ubur dari air ya :)

Menurut info dari blog marischkaprue, berbeda dengan Danau Kakaban dimana area masuk danau memiliki sedimen lumpur sehingga mudah keruh jika banyak orang kicking saat berenang, Danau Lenmakana dasarnya cukup dalam sehingga lebih jernih.


4. Balbulol Misool



Balbulol memiliki bentuk batuan karang kerucut berukuran sangat besar, tinggi batuan ini mencapai puluhan meter. Ada satu "pulau" kerucut besar di tengah, dengan bentuk kerucut lain yang lebih mengkotak di bagian sisi. Batuan ini seperti cone ice cream yang dibalik dan muncul di atas permukaan laut, dengan bagian yang bersentuhan dengan air laut lebih terkikis.

5. Yapap - Misool


sumber : http://marischkaprudence.blogspot.co.id

Yapap adalah area dengan formasi bebatuan dan pulau-pulau yang sangat random bentuknya. Saat menyusuri Yapap lokasi terbaik di kapal adalah di atas, dengan pemandangan 360° dimana kita dapat melihat betapa bervariasi bentuk pulau dan batuan yang "muncul" di permukaan laut.

Snorkeling juga ditawarkan di Yapap meski harus membawa peralatan sendiri. Jarak pandang untuk melihat ikan dan terumbu karang tidak terlalu dalam sehingga pemandangan sangat jelas. Yapap juga punya kolam renang alami terbaik, satu area dengan air laut yang dangkal, satu hingga dua meter saja dengan pasir putih di bagian dasar yang membuat "kolam renang" ini berwarna turquoise, dengan beberapa koral sebagai pemanis area.

***

Nah itu dia spot yang wajib di kunjungi kalau ke Misool Island. Tapi ya gitu, semua itu butuh extra effort, tenanga, dan budget. Kalau diliat dari spotnya sih itu pasti harus kuat mendaki-ndaki gitu, No ngeluh ngeluh club pokoknya kalau jalan jalan ke Raja Ampat mah. Capek harus dijalani, karena hasil pemandangannya luar biasa indah. Sayangnya saya belum pernah kesana sih.
Cuma katanya emang bener bener bikin kita menggumam "Tuhan maha asyik".
Alhamdulilah.

Sebenernya ada banyak lagi sih yang bisa dikunjungi, pernah liat di blog satyawinnie dia ke Arborek membaur dengan lokal disana. Betapa asyiknya. Ada juga pesona bawah laut yang ada di jetty (dermaga) Arborek. Schooling fish yang berjumlah ribuan membuat kita serasa masuk ke dunia fantasi.

sumber : http://www.satyawinnie.com

Di pulau arborek ini, ada juga Manta Sandy point untuk Melihat langsung bagaimana pari manta membersihkan diri dan makan plankton.



Oh ada lagi dong yang ikonik dari raja ampat, yaitu puncak wayag. Kepulauan Wayag terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Kalau kata satyawinne sih ini adalah puncak impian para pejalan ~
*Termasuk saya yang makin jarang jalan jalan wkwk

sumber : http://www.satyawinnie.com

 
Nah, sebelum keinginan ini terwujud maka saya harus bikin Preparation Preparation nih. Berikut preparation yang harus saya buat.


1. Cari long weekend + Bonus Cuti


Nah karena raja Ampat itu perjalanannya butuh extra effort, extra budget, extra semuanya.. maka persiapannya juga harus extra siap. Misalnya perihal waktu mau pergi. Kadang memanfaatkan liburan aja ngga cukup, harus pinter pinter cari tanggal biar libur panjang bisa di tambah sama cuti (biar makin panjang liburannya). Minimal katanya ke Raja Ampat 3 - 5 hari lah biar puas (Tapi jangan lupa siapin budget juga buat bertahan hidup disana). Misal tanggal 17 Agustus nanti hari jumat libur, lalu tanggal 22 Agustus Rabu juga libur, naah tinggal ambil cuti 2 hari deh tanggal 20 dan 21. Semoga di acc bos!







2. Cari Info Mengenai Trip yang akan dilakukan

Wah ini sih pasti harus browsing banyak banyak, terus juga tanya temen yang udah pernah kesana. Kalau perlu tanya tanya siapa yang mau ikut *Cari pasukan karena pergi ke Raja Ampat Syukur syukur kalau ada temen buat share cost (Group).

3. Cari info harga (Supaya bisa Nabung) biasanya coba Pesan tiket + Hotel lewat traveloka

Untuk menuju ke Misool ambil penerbangan menuju Sorong. Dari Sorong dilanjutkan dengan speed boat selama 4-5 jam perjalanan (ini budgetnya jauh lebih mahal dari pada pesawat + hotel). fyuh. Nah, karena Persiapan lainnya udah ribet nih, jadi biar gampang saya hunting tiket sekalian hotel aja di traveloka. Untuk menuju ke Raja Ampat, dari Jakarta pergi ke Sorong dulu. Terus hotelnya bisa di Nut Tonton Homestay di Misool. Ohya setelah saya cek ternyata pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun.


Contohnya saya pesan tiket terpisah kira kira gini.
Hotel Perhari : Rp. 629.518. Kalau nginep nya 5 hari tinggal kali 5 aja deh jadi Rp. 3.147.590
Kalau di total pake tiket pesawat jadi Rp. 6.547.390


Pas iseng nyobain paket flight sama hotel ternyata hasilnya mengejutkan .


Wah ternyata beda lumayan jauh dari 6jt jadi 5jtan.
Selama ini saya selalu pesen tiket terpisah sama hotel kalau lagi jalan jalan atau lagi dinas keluar kota. Tau gitu sekalian paket pesawat hotel traveloka aja ya biar hemat ?



You Might Also Like

9 tanda tangan

  1. Akuuu ikoot ke Raja Ampat donk, mau juga ke snaa, mupeng..

    ReplyDelete
  2. Wow indah sekali pemandangannya. Btw itu foto ke 4 dari atas, bikin deg-deg an, foto diatas batu, tinggi pula, wuah ngerii.

    ReplyDelete
  3. Aku pengen banget ke sini. Diving sampai puas, sambil leueh leyeeeh on board or di pantai-pantai cantiknyaaa

    ReplyDelete
  4. Emang cakep ya pemandangan Raja Ampat ini. Saya suka dengan view kayak gitu. Maklum..cuma suka sama view pantai/laut. Kalau nyeburnya ogah. Hihihi

    ReplyDelete
  5. Duh bagus banget pemandangannya. Nggak heran kalau Raja Ampat ini jadi impian banyak traveller

    ReplyDelete
  6. Subhanallah ya Allah keren banget mau nangis liatnya apalagi kalau bisa ke sana beneran. *Daftar jadi pembantunya Nia Ramadhani

    ReplyDelete
  7. Destinasi favorit banget ini..

    ReplyDelete
  8. keren bangetya tempatnya. Jadi penasran nih

    ReplyDelete
  9. Sama dunk!
    Ini juga bagian dari bucket list aku juga.
    Nabung dulu, eeeaaa! ^^



    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Mau Liat Post yang lain?

@khoirurosida on Instagram