Day 5 - 8 Pilihan Situs atau Aplikasi untuk streaming lagu

November 24, 2018

Jaman dahulu kala, ketika Winamp masih berjaya, saya selalu merasa mudah bosan dengan koleksi lagu yang itu itu aja. Setiap pencet tombol "play", yang ke-play mau gak mau ya lagu itu lagi lagu itu lagi (sesuai dengan stok lagu yang saya punya). Lagu-lagu itu harus saya download dulu tentunya, dan kadang kalau lagi zonk bisa dapet lagu yang udah ke-compress jadi cuma beberapa kb aja file sizenya, lalu pas didengerin malah kresek kresek. Yha untung sih cuma kresek kresek, karena bukan kratak kratak kayak suara hati ini. Jiaaaaaaaaaaaa.


Photo by Juja Han on Unsplash

Syukurlah sekarang udah nggak perlu winamp lagi, udah ga perlu download-download lagu lagi dari 4Shared secara ilegal. Hahaha. Sekarang, semua sudah ada diwebsite streaming lagu favorit kamu, dan tentu saja itu legal. Bahkan tiap ada film baru yang ada soundtracknya, pasti udah ada diwebsite streaming lagu (se-gercep-itu)

Sebenarnya tulisan ini dibuat masih dalam rangka ikut BP Challenge yang nulis dalam waktu 30 hari di blog, tema hari ke 5 ini adalah tentang media sosial tapi karena bingung mau bahas apa jadi saya bahas web streaming lagu aja ya entah ini masuk kategori media sosial apa enggak hihihi.

Nah ini dia web streaming lagu yang bisa kamu coba !

1. Deezer




Yang paling pertama akan saya jelaskan adalah Deezer. Pertama kali kenal Musik streaming, saya awalnya pakai Deezer di laptop (akses melalui websitenya). Overall , cara penggunaannya mudah dan semua lagu dapat di putar (tidak harus mempunyai Akses VIP). Deezer, satu aplikasi musik streaming dengan sentuhan paling personal di dunia menawarkan tiga paket layanan dengan bitrate yang berbeda-beda.

 sumber infografik : sp.beritasatu.com

Dilihat dari infografik diatas, semakin tinggi plan yang dipakai untuk berlangganan, maka akan semakin sedikit paket data yang terpakai untuk streaming di deezer. (Btw ini kenapa baahasanya kayak kesimpulan skripsi ya ?)


2. Joox




Dulu awal awal pakai Joox, kalau nggak langganan VIP, banyak lagu yang dilock jadi nggak bisa diplay namun sekarang sepertinya tidak begitu (tolong dikoreksi kalau salah ya hehe).  Joox ini bagusnya bisa dipakai buat karaokean juga, terus ada lyricnya disetiap lagu. Di Joox ada free sama VIP, untuk berlangganan VIP ini biayanya 49.900 perbulan. Bedaya kalau nggak langganan VIP, ya keganggu sama iklan, nggak boleh skip skip lagu terlalu sering, tidak bisa didownload (simpan offline).

3. Tune In




Tune In adalah website streaming untuk mendengarkan musik, sport, berita, podcast, audiobooks, dan radio dari seluruh dunia. Kalau ini bukan pure web streaming musik, tapi ini adalah portal untuk streaming macem macem, banyak pilihannya. Kalau lagi bosen sama web streaming lainnya, kadang saya ke Tune In buat dengerin radio, karena kalau playlist diradio itu se-random itu, banyak lagu lama yang tiba tiba diputar kembali jadi nostalgia sana sini *eh. Dan dengerin announcer ngomong itu, asik juga apalagi kalau lagi becanda becanda (kalau titip titip salam udah ga jaman ya).

4. Youzeek

Youzek ini adalah website streaming lagu, yang menurut saya tampilannya lucu (karena biasa aja haha maap). Suara dari sini rasanya kurang HD gitu, mungkin ini aplikasi website streaming untuk hemat paket data (ternyata setelah saya cek kembali, suaranya tidak HD ini karena si Youzeek ambil suara dari youtube akun youtube si Artist).



Sama seperti website streaming lainnya, kita bisa buat playlist disini. Waktu pertama kali daftar, saya langsung jadi member VIP, belum tau VIP nya ini free trial atau bagaimana karena cari cari berita tentang You Zeek ini nggak ada, masih jarang yang review ini di Indonesia. Ohya Youzeek ini cuma Webstreaming aja ya, nggak ada aplikasinya ternyata di google play maupun apple store. 

5. Last fm



Ini adalah webstreaming tertua karena sudah ada ditahun 2004, dan sempat hits sejak 2011. Saya dulu nggak paham, kalau ada yang play last fm ini biasanya kepost di social media temen temen. Apa sih itu ?

Last fm ini pakai scrobler. scrobbler  adalah aplikasi yang terinstall di komputer kita untuk dapat menangkap lagu apa yang kita mainkan melalui music player kita. Ada beberapa music player yang saya tahu didukung oleh last fm ini, termasuk winamp, iTunes, foobar, dan windows media player. Cara kerjanya, aplikasi scrobbler ini akan menginstall plugin untuk masing-masing music player yang ada di komputer kita. Apabila kita memainkan musik, nama artis dan judul lagu yang kita mainkan akan dikirimkan ke situs last.fm dan di halaman akun kita akan tampil bahwa kita sedang mamainkan musik tersebut.


Bukan hanya untuk desktop, Scrobbler juga tersedia untuk perangkat Android dan iPhone, sehingga ketika kamu memutar musik menggunakan perangkat mobile kamu, Last.fm akan mendeteksi lagu yang kamu putar tersebut dan memasukkannya ke dalam database Last.fm. Nantinya, Last.fm akan memberikan usulan mengenai lagu yang semestinya kamu dengarkan dengan menilai genre dan kecenderungan musik kamu.

Dan sampai saat ini, aku nggak paham sama cara kerja last fm ini (dan tetep gasuka karena ribet). Hahahahahaha . Salut buat anak last fm lama yang masih play musik pakai situs ini. (TOP!)

6. Spotify


Spotify adalah web streaming musik dari swedia yang menurut saya user friendly karena cara pakainya sangat mudah dan memiliki cara discovery musik yang baik. Banyak pilihan untuk playlistnya selain charts tiap minggu yaitu playlist Discover Weekly. Playlist ini diperbarui setiap hari Senin dengan 30 lagu baru. Lagu-lagu yang ditambahkan dipilih oleh algoritma yang mampu memperkirakan musik-musik favoritmu, serta dari pengguna lain yang memiliki kesukaan musik mirip denganmu.

Disini kamu juga bisa buat playlist sendiri, dan playlist mu ini bisa dishare supaya banyak yang "FFFFFFALLAAW".

Sama seperti joox, ada 2 pilihan untuk sportify free dan premium.
Kalau free ya banyak iklan, tidak bisa memilih play musik yang mana dari suatu playlist (hanya bisa shuffle play) dan tentunya tidak bisa download lagu dispotify untuk didengarkan kembali meskipun tidak terhubung ke internet (offline). Nah kalau sudah pakai spotify yang berbayar (premium), semua hal tersebut dapat dilakukan.

Saya lebih suka pakai yang familiy sharing kalau bayar spotify mah, karena lebih murah (dan tentunya bukan saya yang bayar ahahahaha). Caranya? Nebeng temen, temen hidup.
Eaaaaaaaaaaa.

Belum punya temen hidup padahal.

7. Langitmusik dan  Melon 



Langit musik adalah penyedia web streaming musik dari Indonesia yang asli Indonesia yang didukung oleh Melon. Melon Indonesia adalah perusahaan gabungan antara perusahaan induk Telkom Indonesia dan perusahaan telekomunikasi Korea, SK Telecom.

Sayangnya, situs ini tidak gratis. Harus subscribe dulu baru bisa dengerin full satu lagu (biasanya gratis untuk pengguna kartu Halo Telkomsel ataupun indihome). Kalau kita akses situsnya, coba play lagu, bisa denger lagu cuma setengah aja wkwk (nanggung amat yakan !)

8. Ohdio.fm

 


Ohdio adalah situs streaming online musik tanpa tombol next (macem radio). Kita tidak bisa memilih lagu, atau membuat playlist disini. Setiap akses website, auto playing lagu pilihan dari ohdiofm, kalau mau ganti lagu tinggal refresh webnya saja.
Situs ini free, benar benar free tidak perlu langganan apapun. Sayangnya, lagu yang dapat diputar disitus ini hanya lagu indonesia saja.


Nah itu dia web streaming musik yang saya tau, adakah yang belum saya sebutkan?
Dan, yang mana yang paling jadi favorit kamu ?

Iyaaa kamu~

Tulisan ini adalah rangkaian tulisan BPN 30 Days Blog Challenges 


You Might Also Like

0 tanda tangan

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Mau Liat Post yang lain?

@khoirurosida on Instagram