Look At Me

a blog by Laili Umdatul Khoirurosida

Day 12 - 5 Tips hidup sehat ala anak kos

Sebagai anak kos yang mager, sebetulnya hidup saya masih kurang sehat. Tapi berikut adalah list hidup sehat yang sudah saya jalani selama ngekos.


photo source : unsplash

1. Minum air minimal 2 liter per hari adalah sebuah kewajiban (kecuali lagi puasa boleh sekip).




Dulu saya sempat menyepelekan perihal minum air putih ini, padahal sebetulnya minum air putih 2 liter perhari itu sangatlah penting. Air putih dapat mendetoks racun-racun yang ada dalam tubuh yang keluar melalui urine atau keringat. Selain itu, air putih juga dapat mengaktifkan sel darah merah yang mengakibatkan kadar oksigen dalam darah meningkat, sehingga membuat tetap bersemangat sepanjang hari. Kalau kamu anaknya gampang ngantuk, mungkin kamu kurang minum karena gampang ngantuk adalah salah satu ciri ciri kurangnya kadar oksigen dalam darah. 

2. Lari minimal 2 kali seminggu di Monas (sayangnya bisanya ya malem hari)



Makan adalah sesuatu yang wajin dilakukan untuk tetap hidup (yaiyalah!). Sayangnya dulu saya sempat ada dimasa takut berat badan naik, sehingga jarang makan eh malah kena magh. Maka dari itu, sekarang makan tetap rutin tapi yang harus digenjot adalah olahraganya. Makan rutin = olahraga pun harus rutin. Menurut saya, olahraga paling murah adalah lari karena modal sepatu sama niat untuk lari saja. 

Jangan banyak alasan lagi.
Olahraga bisa dimulai dari lari.

3. Jalan kaki minimal 6.000 langkah perhari 




Emang ya, jaman sekarang itu semuanya serba gampang termasuk untuk bepergian kemana mana. Ga paham lagi gimana kabarnya aku yang gaboleh naik motor sendirian ini bepergian selama di Jakarta kalau nggak ada yang namanya ojek online. Meskipun kemana mana gampang, saya gaboleh males jalan kaki, jadi untuk mendukung proram saya jalan kaki 6.000 langkah perhari maka saya suka naik trans jakarta kalau pulang kantor. Perjalanan dari kantor ke shelter busway, transit, dan perjalanan dari shelter busway ke kosan adalah tantangan karena lumayan jauh. Dengan hal ini, maka komitmen saya untuk punya 6.000 langkah perhari akan tercapai. Kalau nggak naik trans jakarta, langkah kaki saya mentok di angka 2.000 kalau dihitung sama aplikasi yang ada dismartphone. 

4. Pilates dirumah seminggu sekali 





5. Makan buah meskipun agak pelit itu harus dianggarkan




sekian tips hidup sehat ala leligulali yang merupakan anak kos malas

Tulisan ini adalah rangkaian tulisan BPN 30 Days Blog Challenges


Comments

back to top