Day 4 - 5 alasan gabung komunitas blogger Perempuan

November 23, 2018

Diawal tahun 2015, komunitas blogger perempuan hadir di Indonesia. Kini komunitas ini telah menjadi salah satu jaringan blogger terbesar di Indonesia. Kurang lebih sudah 3 tahun saya ikut komunitas blogger perempuan ini, dan rasanya kayak baru kemarin saya gabungnya *halah basa basi banget haha. Untuk selanjutnya biar gampang, saya akan sebut Blogger Perempuang sebagai "BP"'.

Photo by Amy Shamblen on Unsplash

Cara gabungnya cukup mudah waktu itu, tinggal request join grup fb BP serta mendaftarkan diri di website resmi blogger perempuan

Gengs, membangun sebuah komunitas tentu tidaklah mudah karena sebetulnya komunitas itu dibangun atas dasar volunteer atau sukarela "tanpa digaji". Keikhlasan untuk turut andil dalam sebuah komunitas itu belum tentu dimiliki oleh semua orang, maka dari itu ketika mbak shintaries dkk membangun komunitas blogger perempuan yang sampai sekarang mampu meramaikan dunia blogging di Indonesia, saya sangat salut!

Kenapa saya gabung komunitas Bloggerperempuan ini?

1. Blogger Perempuan dibangun secara professional


Ya boleh lah awal awal komunitas ini ada, co-foundernya melakukan strategi volunteering alias tanpa digaji sehingga semua itu dibangun berasaskan "passion"serta "keïkhlasan", namun meskipun tidak digaji, para co-founder ini membangun komunitas bloggerperempuan itu nggak main main. Bisa dilihat dari webnya bloggerperempuan yang waktu itu membuat saya berdecak kagum.

Kalau katanya bang ijal , "bukan kaleng kaleng!"

waktu itu mikirnya gini ''Waa ini buibu yang bikin webnya sendiri nih? Bener nih? keren amat!''
Gelaseeh, web nya blogger perempuan waktu itu clean dan terkonsep banget, webistenya user friendly karena jelas banget menunya. Berkunjung ke website BP menurut saya gampang, karena kalau mau blogwalking kita bisa tau harus kemana, kalau mau cek member area bisa klik yang mana.

Secara tampilan, website BP mencerminkan "perempuan yang shabby chic banget karena bernuansa pink dan putih serta ornamen bunga bunga.


2. Blogger Perempuan itu konsisten

Sejak pertama kali ngeblog, saya banyak gabung komunitas blogger sana sini. Sayangnya, ada komunitas blogger yang sudah redup alias nggak aktif lagi seperti kancut keblenger yang dinaungi oleh irvina lioni serta  jamban blogger yang dinaungi oleh hena wirasatya.

Nah BP ini konsiten serta terjadwal agendanya. Contoh konsistensi BP adalah thread di FB grup serta email blast tiap minggu.

Contoh thread BP setiap minggunya di FB grup adalah sebagai berikut :


* Monday - Fashion & Beauty
* Tuesday - Travel & Culinary
* Wednesday - Blogging & Social Media
* Thursday - Family, Friendship, Love, Parenting
* Friday - Finance, Business, Education, Self Improvement
* Saturday - Sunday - Let’s talk about everything.

Kalau main ke FB grup BP, kita tidak boleh membuat thread baru yang melempar link untuk di BW - in, karena setiap hari ada jadwalnya. Kalau mau nitip link untuk di BW, tinggal komentar disalah satu thread yang biasanya telah dibuka oleh mbak Alaika Abdullah.

3. Jaringan diblogger perempuan itu luar biasa

Blogwalking di Blogger Anggota BP itu menyenangkan lho, karena buanyak dan tentunya kita bisa Menambah jumlah pengunjung blog, belajar dari tulisan blogger lainnya, mendapat inspirasi atas keberhasilan blogger lain, menambah relasi, dan lain lain.

4 Banyak info tentang kompetisi blog dan challenge blogging

 Blogger perempuan adalah komunitas blog yang sering ngasih info kalau lagi ada lomba atau kompetisi nulis di blog (hadiahnya biasanya menarik), nah kadang kalau ada info kompetisi blog kayak gini kita sebagai blogger jadi tertantang buat ikutan lombanya. Meskipun komunitas BP ini menyasar segmen blogger yang perempuan, tapi tiap ada lomba kayak gitu laki laki boleh ikut turut serta.

5. Pintu rezeki tawaran kerjasama lewat BP Network

Meskipun diawal tadi dibangun dengan sistem volunteering, kini BP sudah punya agency yang disebut BP Network. Di BP Network, anggota komunitas blogger perempuan dapat terhubung dengan brand yang butuh jasa blogger untuk memperkenalkan produk mereka, untuk mereview produk mereka, dan masih banyak lagi. 

Dulu sebelum memonitize blog, saya nggak tau lho kalau blogger itu bisa se-worth itu. Ternyata, blogger juga bisa berharga dikalangan marketing saat ini karena tentusaja banyak lho orang yang ingin mencoba atau membeli produk tapi cari review atau ulasan dari blogger terlebih dahulu.

Peluang ini ditangkap BP Network sebagai agency yang menghubungan anggota Blogger Perempuan dengan Brands. 

Nah itu dia alasan saya gabung komunitas blogger perempuan.

Well I hope this community will last forever *Amiin.
 
Semoga BP selalu sukses, supaya bisa banyak memberikan inspirasi dan wadah jaringan bermanfaat bagi blogger blogger (yang tidak hanya perempuan) di Indonesia.
 



Tulisan ini adalah rangkaian tulisan BPN 30 Days Blog Challenges

You Might Also Like

0 tanda tangan

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Mau Liat Post yang lain?

@khoirurosida on Instagram