[Keliling Bandung] : Kawah Putih Berkabut

March 17, 2016


"Tok tok tok" Mamah nabil ketok ketok pintu kamar.
Suara tok tok tok sederhana itu rasanya kayak semacam suara petir menyambar. Jedaaaar jedaaaaar jedaaaaaar gludug gludug gludug.

"Bangun, udah jam 3 nih, katanya mau berangkat jam 4", begitu kata mamahnya nabil.

Saya dan nabil membuka mata, berkedip sebentar. lalu kucek kucek.
dan .. ternyata...

ada beleknya.

Rasanya kayak baru tidur, baru merem. Eh udah ada suara petir. Eh serasa petir.
Ibarat nya lagi mimpi hujan hujanan, basah basah sedikit. Eh ada petir. Bangun.
Huuuu.
#kamikurangtidur. 
#tidurkurangdari8jam
#kita nggak patuh sama komitmen bersama chelsea islan.
Huf.

Karena ada belek di mata nabil, maka nabil pun mandi duluan. Kita nggak mungkin mandi barengan.
Takut.
wekaa wekaaa.

Saya juga mandi kok, setelah nabil.
Nb : saya nginep di rumah nabil karena biar yang jemput cukup di satu titik. *oke gaada yang nanya lho. skip skip.

Setelah semuanya siap, pagi pagi akhirnya kita berangkat. Disuatu sabtu pada bulan Februari tahun 2016 jam 4 pagi. Dari arah slipi, kita masuk tol pukul 4.50 pagi naik mobil pribadi. Pribadinya jonathan maksudnya.
Dan yaaaak, cusss berangkat ke Arah Bandung ciwidey.
#liburtlahtiba #liburtlahtiba #hore #hore #hore
#loh #kenapa #berubah #dari #chelseaislan #ke #tasya? #entahlah.

Kita pakai rute dari jakarta ke Kawah putih ciwidey sebagai berikut :
Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Keluar Tol Buah Batu > Gerbang Tol Buah Batu > Belok Kanan > Jalan Terusan Buah Batu > Bojongsoang > Bale Endah > Pameungpeuk > Banjaran > Cimaung > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih

Selama perjalanan, pagi itu kita ciwi ciwi (Saya nabil utha) Sama sekali nggak tidur lho.
Beda sama cowo cowo nya yang duduk di jok mobil belakang. (Gopur, Andri, Endro). Udah beler aja dari awal. Katanya sih karna kemarin nggak bobo. Nggak bobo cantik. Berdusta pada chelsea islan sih, bobo kurang dari 8 jam.

Btw pas berangkat, naga di perut kita masing masing di selamatkan sama bubur buatan mamahnya utha. Naga itu tidak mengamuk selama perjalanan berangkat. Alhamdulillah.

Setelah sampai di Gerbang Kawah putih, kita alias diwakili jonathan membayar beberapa administrasi yang perlu di bayar. Jarak dari pintu gerbang ke kawa putih ini masih sekitar 5 Km lagi, Dulu sih konon katanya sebelum di aspal begitu para bagpakcer biasanya jalan. Kita sih, mana mau jalan 5km yang ada dari gerbang kawah putih ke lokasi kawah putih, kita duduk duduk di temani lagu galau.
kemudian Utha baper.

Backsound. Jodoh Pasti bertemu.
From : Playlist nya utha, lagu galau semua.

Untuk wisatawan lokal tiket masuk kawah putih sebesar Rp. 18.000,- per orang, tiket masuk untuk turis asing mancanegara sebesar Rp. 50.000,- per orang. Dan karena bawa mobil sampai ke atas nambah Rp. 150.000,- per mobil. Bisa lho sebenernya parkir di bawah aja dengan bayar Rp. 6.000,- lalu naik ontang anting, dengan harga cuma Rp. 15.000,- per orang.

ini dia ontang anting di kawah putih.

Sesampainya di Kawasan Kawah putih Ciwidey bandung sekitar jam 10.30 pagi, eh hujan ternyata benar kejadian seperti mimpi kemarin pas bobo di rumahnya nabil. Hujan itu rintik rintik, gerimis mengundang. *eaaa.
untung hujannya nggak pake bunyi petir.
Meskipun hujan, kita tetep masuk kawasan Kawah putih, sewa payung seharga Rp. 15.000,- tanpa batasan waktu.
Dinginnya ? jangan di tanya deh, karena dinginnya menusuk nusuk jaket.
Dingin banget.

Jangan kode deh ke orang lain dehkalau dingin. Kalo yang dikodein ga peka, kasian kamu nya tetep kedinginan. Jadi jangan lupa pake jaket ya ^^
Jangan lupa pake masker juga, karna bau belerangnya menyengat.


Suasananya di Kawah Putih pagi itu berkabut, saya kira itu karna hujan. Tapi ternyata memang tiap pagi seperti itu katanya. Suasana cerah biasanya bisa ada ketika matahari terik menyinari di siang bolong. Nah lain kali mau nyoba kesini lagi pas cuaca cerah,


Suasana berkabut itu semakin sendu ketika di area kawasan kawah putih ini terdapat banyak pohon pohon entah namanya pohon apa, yang jelas pohonnya meranggas gitu deh. Instagram-able.


peserta liburan kali ini.
Ciwi ciwi Umbrella girl(Utha, Nabil, Saya)
Cowo cowo (The next Meteor garden F4)

Niat awal pinjam payung agar terlindungi air hujan, Misi pinjam payung failed, karena payungnya rusak. Foto pun terganggu karena kita bingung pegangin ini payung, sampe sampe gagangnya yang buat pegangan jatuh ke kawah putih. Bukan kita yang dilindungi payung, tapi sepertinya malah kita yang berusaha melindungi patung itu dari terjangan angin.


foto : Mbak nabil melindungi payung yang terkena angin

Tips minjem payung ke kang kang peminjaman :
1. Pilih kang kang yang ganteng
2. Pilih Payung yang masih kuat, kuat iman. Ga noleh kanan kiri kalau liat cewe cantik.

Jadi ini tips milih payung apa tips milih kang kang peminjam payung ?

Intinya pastikan payung yang di pinjem kondisinya memang masih bagus, karena ketika kita balikin payung dalam keadaan rusak, kita memang nggak disuruh ganti apa apa. Tapi kang, rasa bersalah itu masih ada.
*halah


Selama kurang lebih 30 menit kita memandangi kawah putih dan sepasang mas mas dan mbak mbak yang lagi prewedding. Akhirnya kita memutuskan untuk naik kembali ke mobil karena sudah kedinginan, payung sudah rusak, dan gagang nya udah kecemplung ke kawah putih.

Kawah Putih - Ciwidey
Kawah putih adalah sebuah kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha sekitar abad ke 10. Biasanya digunakan untuk lokasi syuting film romantis sampai horor. Dan dipakai foto foto artis instagram lalu di upload *eh




Thanks for the trip to kawah putih dear Kuliah-Ner Crew.
Selanjutnya kemana lagi? eehee ada di post berikutnya dong.
Sebenernya saya masih penasaran, Bagus mana ya kawah putih ? pas lagi berkabut atau lagi cerah ?

You Might Also Like

43 tanda tangan

  1. asyikk banget piknik di kawah putih, belum penah kesana :')

    ReplyDelete
  2. Wooow abang terkejut ketika neng kucek mata terus ada beleknya
    Ajaib
    Nabil mandi duluan
    Neng ga mandi y?
    Wih hebat di dalem perutnya ada naga, itu naga ngapain?
    Kasian ya payungnya bisa rusak, terus ada yg ganti rugi engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. MANDI LAAAH.
      baca dong nik huhu kita ga ganti rugi apa apa udah aku tulis, niki ga baca yaa ? huhuhu jahaat

      Delete
  3. wahhh! jadi jalanannya itu uda aspal bagus ya sekarang?
    hahhahah lucu abis payungnya rusak ahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah aspal, emang dulu engga ya ?
      Bahkan si ontang anting kalau lewat kenceng banget, mungkin yang naik ontang anting berasa naik roller coaster kalik ya

      Delete
  4. Bhahahaa oh jadi tujuan kamu ke kawah putih bukan untuk liburan ya, Li? Tapi demi mencari kang kang pemminjam payung.
    Cocok dah sm backsoundnya, jodoh pasti bertemu. Eaaaakk. Bertemunya di kawah putih.

    Kok aku naksir dgn pemandangan adem adem di sana yaa :(
    Ajak aku liburan dong hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mencari jodoh buat temen lan wkwk.
      Sini lan main jakarta dulu nah, terus aku ajak k bandung deh

      Delete
  5. Wah pemandangan nya mengingatkan saya bencana kabut asap.di riau..

    Tapi kalo kabut nya kayak gitu mah pengen....#ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau kabut asap yang diriau mah nyeremin atulah yaa

      Delete
  6. Tempatnya jauh dari perkotaan ya teh.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkotaan bandung maksudnya ? lumayan.. soalnya ini di bandung selatan. sekitar 3 jam kalau ngga macet :)

      Delete
  7. Wahaaa ada ojek payungnya juga ya

    Aku pernah mau ke sana tapi nyasar ,
    Itu yg deket strobery buka sih li

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi aku ngga ke kebun stroberinya ka gusty :)
      Wahah sayang sekali nyasar, waktu itu blm ada gps ya ?

      Delete
  8. brrrrr dinigin ya di CIwidey. Terakhir kesana udah lama banget

    ReplyDelete
  9. Wah asyik main-main ke Bandung :-D Liburan seru :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan seru. Yuhu sama temen yang seru juga bang

      Delete
  10. Hahahaha.. Itu mbak nabilnya kasian amat, ampe payung kebalik gitu.
    Belum pernah ke kawah putih sih, tapi g beda jauh ama telaga bodas di garut. Yg ngebedain paling hutan matinya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah gatau telaga bodas kayak gimana hahaa.
      Iya nabil sang pejuang pelindung payung tuh pit

      Delete
  11. Yaampun itu gayanya cowo2 hahaha ada2 ajaa..
    Lomantiss yah luuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe itu aku yg arahin sih ka ucig. Hahaha. Kena deh mereka.
      Tp kayanya mereke kapok soalnya fotonya aku pasang disini haha.

      Delete
  12. liburan yang menyenangkan euuyy \(^_^)/ asik, seruu :D
    semakin bikin ngiri anak sma yang kelas XII ini ~huaah~ sibuk dengan periapan ujian.. ujian.. ujiaann
    *curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat ujiannya dek Nur ^^
      Semoga sukses.. nanti liburan lah yaa abis ujian.

      Delete
  13. Kamu produktif sekali ngeblognya :D salut deh :D

    Jalan-jalannya juga produktif :3 uwuwuw blogger kece nih :D

    Aku belum pernah ke kawah putih, dan selalu pengen tiap liat ada orang yang foto-foto disana -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kalau ngga ada bahan buat di tulis yaa.. jalan jalan aja feb biar ada bahan.
      Yah masa belum pernah kesini, aku juga baru kali ini sih.

      Delete
    2. Hehehe bener juga sih :D aku kalau nggak ada bahan buat nulis kadang jalan-jalan atau pergi sama temen. pasti disitu nemu cerita kocak wkwkwk :D

      Belum pernah beneran -_- culiiik akuuuu -_-

      Delete
    3. Iya jalan jalan bener kan jalan jalan ? ini juga jalan jalan sama temen haha.
      Waduh aku takut di penjara kalo main culik culik anak orang.

      Delete
  14. aku belum pernah main ke kawah putih. kayaknya bagus pas pagi menjelang sunrise gitu deh, eh btw bisa liat sunrise gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sunrise. Pagi ya ? waduh ngga kebayang tuh gimana rasa dinginnya. Jam 10 aja masih dingin banget.

      Delete
  15. kawah putih :( :( :(
    udah dari lama beut pengen kesana, setiap ke bandung, nggaaaakk kesampaian mulu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang rumahnya dimana ?
      Kalo di jakarta mah.. sayang bgt kalo belum pernah
      Hahaa
      *songong mode : on*
      Padahal aku juga baru ini kesini, itupun di ajak sama temen temen kuliah.

      Delete
  16. Cieee yang ke Kawah Putih :)

    Aku dari kecil pengen ke sana tapi alhamdulillah nya belum kesampaian sampe sekarang :')

    Mbak sekalian main ke kebun stroberi gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dara orang mana deh ?
      Engga ke kebun stroberi karna kita udah ada destinasi selanjutnya yaitu ke bandung utara huhu.
      Pengen stroberi beli aja di mba mba atau mas mas yang jual di pinggir jalan itu aja kali yaaa

      Delete
  17. Rindu tempat itu jadinya...
    Kayaknya pasang2an tuh.. Aweu aweu..

    Bakalan nurut dah kalo chelsea islan yg nyuruh tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih si diaan dari kemarin kalo aku jalan jalan sama temen dikira pasang psangan padahal ya kaga. Haha

      Delete
  18. Yah, gue keburu pulang dari Bandung. Belum sempet nyobain ke sini. Bagus ya ternyata. :))
    Padahal dari tanggal 1-10 itu gue tinggal sementara di Bojongsoang. :(

    Enak ada kendaraan pribadi. Ehehe.

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. engga kok. tapi emang lebih baik pakai masker untuk menjaga pernafasan ngga bau belerang banget

      Delete
  20. ya Allah payung terbang :'))
    hahanjir itu playlist kenapa isinya begituan semua ya? gue juga bingung *brb tanya rumput yang bergoyang*
    kangen mau jalan-jalan lagi huhu btw disana kan dingin bgt ya kemaren nah yang mba2 pada pake hotpants kuat amat nahan dingin haha

    THE NEXT JOGJAAAAA UHUY~

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih yakin kita bisa ke jogja ? *kemudian nangis sambil showeran*

      Delete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram