#WIKUFEST3 - 2014 - Day 1

February 01, 2014

Hari pertama Wikufest3 - 2014.
By the way. ini lanjutan dari post sebelumnya (click)


***

“Hari ini masuk jam berapa Tak?” –aku nanya ke temen kos nih ceritanya-
“Jam 7 paling lil?” –dia jawab-

Jadi pagi itu aku pergi ke sekekolah jam 7, tepat waktu lho. Nggak Telat. –tumben?-

Tapi ternyata pas nyampe di sekolah pintu aulanya belom dibuka, karena aulanya belum dibuka dan banyak siswa yang datengnya jam 7 maka yang terjadi adalah penumpukan siswa didepan aula. Maksudnya di depan aula jadi banyak siswa gitu loh, membentuk gerombolan gerombolan kecil.  Ada sih yang beberapa yang lebih milih duduk-duduk di kantin.



Tapi banyak juga yang rela nunggu di depan aula. Dan inilah yang terjadi ketika terjadi penumpukan siswa didepan aula, foto dulu ye. Tebak aku yang mana ? cih ga penting banget ya. Oke ga bakal aku sebutin juga siapa siapa yang ada di foto ini, nanti capek sendiri lagi. Foto ini diambil sama randy pake kameranya keceng(riza)  yang demi ngambil fotonya sampe jongkok atau gaktau deh posisinya dia sampe absurd gitu.

Ada juga yang begini nih fotonya



Kalo yang ini di ambil pake kameranya adek adek @medsantelkom


Oh ini ada juga yang edisi selfie. Pake kamera 360 pula. Kurang alay gimana coba ? haha


Haha sudah sudah. Selfie is irritating your eyes right? Well sorry.

Sebelum masuk aula kita harus absen dulu, abis absen dikasih nametag yang ada barcodenya buat nanti masuk kelas yang udah kita pilih. (hah kelas apaan sih ? bingung ya ? makanya baca dulu postingan sebelumnya a little bit about wikufest3 click)


Selain dapet ID Card kita juga dapet wikufest kit, yang isinya bolpoin sama... notebook!


halaman pertama langsung di coreeet coreeet !!

Kalo notebook yang tahun ini mah, full, soalnya isinya lebih tipis dan ada beberapa halaman yang malah aku isi sama doodle haha dan tak lupa pesan pesan dari kelas kelas yang aku dapet tentunya.

Pintu aula dibuka sekitar jam setengah delapan dan acara pun dimulai!

Sebelum dimulai session session seperti yang tertera pada jadwal yang udah aku post di posting sebelumnya, ada kejutan dari adek kelas. Pertama tama ada adek kelas satu yang -solo- tiba tiba nyanyi lagunya anggun-mimpi.

ps: ga nemu gambar adek ini lagi nyanyi. maaf ya. tapi yang nyanyi solo ini nih dia @yevina

“Dalam hitam kelap malam
Ku berdiri melawan sepi
Di sini di pantai ini
Telah terkubur sejuta kenangan
Di hempas keras gelombang
Dan tertimbun batu karang
Yang tak kan mungkin dapat terulang”

Kemudian diiringi sama paduan suara yang ngambil posisi duduk di pojok pojok - tengah aula.


Pantesan ada anak kelas 1 diaula, aku pikir tadi mereka ini mau ngapain ? kan acaranya buat kelas3 sama kelas2, dan kelas 2 ada di aula bagian atas yang jadi musholanya atau masjidnya smk telkom.


Kelas 2 aja tempatnya di aula atas (masjid tepatnya) kok anak kelas satu duduk di aula tempat kelas 3 sih? Aku bertanya tanya . mereka mau ngapain ? Eh ternyata anak anak padsu. hihi Kejutaaan!


Oh ya perihal kelas 2 ada di atas, wait ini bukan bentuk diskriminasi tentunya. Bukan sama sekali bukan. Lihat mereka yang ada diatas juga bahagia kok. Tahun depan giliran mereka yang duduk di aula pas acara pembukaan, di bawah.

“Wajah putih pucat pasi
Tergores luka di hati
Matamu membuka kisah
kasih asmara yang telah ternoda
Hapuskan semua khayalan
Lenyapkan satu harapan
Kemana lagi harus mencari”

Ada paduan suara dari cowo cowo juga lho.

“Kau sandarkan sejenak beban diri
Kau taburkan benih kasih
Hanyalah emosi”

Dan kemudian bareng bareng. Sampe ada beberapa audience yang ikut nimbrung suaranya.

“Melambung jauh terbang tinggi
Bersama mimpi
Terlelap dalam lautan emosi
Setelah aku sadar diri
Kau tlah jauh pergi
Tinggalkan mimpi yang tiada bertepi”

Nah gitu lah ya kira kira liriknya. Sempet sih beberapa kali microfonnya mati tapi si adek yang nyanyi disini tetep pede gitu, salut deh.

Habis kejutan dari adek kelas satu yang nyanyi solo ditemeni sama temen temennya paduan suara, ada lagi tari tradisional. Buset dah. Keren. Latihannya kapan coba?


Habis gitu acara wikufest dibuka secara resmi oleh Pak jimmy.

Dan session satu pun dimulai.

New Year New Start up oleh miss ollie. Our Key note speaker on this event ~~\o/


Dari pembukaannya aja aku udah semangat banget. Siapa miss ollie?
Nama lengkapnya sih Aulia Halimatussadiah. Follow deh twitternya di @salsabeela atau langsung cus ke blognya di www.salsabeela.com. Dia wanita karir sukses yang punya nulisbuku.com sama kutukutubuku.com dan dia udah nulis lebih dari 20 buku. Whaaaaaaaaat? Aku udah pernah baca salah satu bukunya yang ini.



Dan aku nggak nyangka ternyata orangnya ada didepan mata di acara wikufest ini. Keren deh pokoknya. Hihi. 

Masih dari session satu. Udah banyak pesan yang aku dapet dari beliau.


Start With Why?


Then Ask Yoursef.


What is your skill? Any problem with your skill? If you already found it.
Then What bussines will you build?

Jadi ceritanya. Dari dulu miss ollie seneng baca dan nulis, awalnya disalurkan lewat blog -blogger kayak kita kitaa- kemudian lama kelamaan merambah ke menulis buku. Pernah dia mengajukan sebuah buku tapi ditolak sama penerbit. Nah heartbreak banget kan. Tapi nggak sampe situ doang miss ollie usaha, justru dari situlah dia punya ide buat ngebuat suatu web yang isinya buat nampung semua karya karya anak indonesia yang ga sempet atau bahkan ga diterima penerbit. Semacam Online self publishing print on demand dan hebatnya it's the first in indonesia.

Jadi Ketemu deh.
Passion dan skillnya miss ollie nulis.
Kemudian masalahnya gak semua penerbit mau menerbitkan apa yang udah kita tulis
poof!! she found the solutions by build a web like nulisbuku.com

Caranya gampang.
Register -> Upload Karya Tulismu -> Semoga ada yang minat!

Nah kalo ada yang minat bukumu bakal dicetak, dan kamu bakal dapet uang. Boleh di coba! Salah satu yang udah sukses dari nulisbuku.com adalah... penulis dari long distance relationship. Seek for it on google :p

Dan waktu sesi tanya jawab aku tanya sesuatu lhoo. Ada yang moto aku dari belakang waktu aku tanya ini.


Oke ga penting.

Next. Aku tanya apa sih ?
aku tanya soal writers block.
Ya... ini yang ngebuat aku jadi ngomong sok kayak mario teguh di pembukaan posting yang sebelumnya.

“Kan mbak ollie dari dulu suka nulis kan ya. Aku tanya, kan dari sekian lama ngeblog saya tiba tiba tau istilah writers block -selama blogwalking-. Apa mbak ollie pernah ngalamin? Trus solusinya gimana?”

She said that. Writers block is just a lazy thing. Cuma masalah males nulis aja.

Aku dapet 2 Solusi. Here they are:

Break the routine
Misalnya kamu biasanya nulis dikamar. Diatas kasur. Atau disekolah –ini yang biasanya manfaatin koneksi wifi dari sekolah termasuk aku- sekali kali dicoba deh nulis di luar. Ke cafe yang enak buat nongkrong. Ke cafe sendirian, gapapa kali diteriakin jomblo yang penting suasananya beda.

FreeWriting
you have to try this! Coba nulis apapun tanpa harus menggunakan tombol backspace, nggak usah di tata kata katanya. Nulis aja terus. Cobaa aja. Kalo misalnya ada yang kelupaan. Di tandain aja dulu, tapi tetep aja nulis terus. Kalo udah selese nulis, bagian bagian yang kelupaan tadi misalnya tanggal nama tempat dll bisa di cek lagi. Karena menulis yang ditunda tunda pada akhirnya justru menimbulkan kemalasan itu tadi. Biasanya nulis pake metode free writing lebih keliatan 'natural'

“Untuk lebih detailnya aku bakal kasih di writing class besok ya” –kata miss ollie

Di jadwalku hari kedua nggak ada writing class. Classnya udah penuh kemaren. Huu. Sempet putus asa gara gara nggak kedaftar di writing class, tapi siapa tahu ada mukjizat yang bisa bikin aku masuk kelas itu besok?
Bagi penanya penanya yang sudah tanya sesuatu ke kak ollie ada yang beruntung dapet hadiah karena pertanyaan mereka bagus, dan nyambung sama tema. Kalo aku ? malah nanya writers block. Hihi. Gapapa deh.
Hadiahnya adalah buku miss ollie yang terbaru yaitu : Girls & Tech.


Kenapa posenya begini? Bukan ini bukan edisi alay, tapi emang edisi hari itu wikufestnya 'YUK KEEP SMILE' Pake gaya kayak gitu deh. Eh yang tengah itu temen kos ku, yang di awal pembukaan postingan ini aku tanyain. "tatak, masuk jam berapa?" hehe

Dan di akhir presentasinya, she gave us inspiring quotes.

“The Way to get started is to quit talking and start doing”



udah kenak di ati dan otak belom ?
***


Session 2 Hari itu


Tahun lalu aku nggak ikut kelas ini, tapi banyak yang bilang kelas ini keren banget. Dan iya emang keren. :))
Mas Denny Key ini alumni SMK Telkom angkatan ke 4, Sekarang berkecimpung di dunia musik yang tetep berbau IT. Kemaren kita dikasih demo hasil karya beliau, ada yang berupa iklan.
"Yah cuma beberapa detik memang, tapi hasilnya cukuplah buat nraktir kalian sekelas ini. Masih sisa malah" Kata mas Denny sambil terkekeh disambut suara 'Whoaaaa' dari seluruh kelas.


Aku cuma bisa melongo waktu mas denny key ngejelasin segala sesuatu equipment buat house recording itu, eh bener ga sih gini ? kira kira gitu deh ya. aku sama sekali ngga ngerti. mungkin temenku yang duduknya paling depan ini bisa ngejelasin ? cc: @firisaw Pokoknya gitu deh, tapi yang paling penting dari sini aku terinspirasi juga lho.

"Kalo punya tujuan, start mulai sekarang. Kemudian nikmati perjalanannya karena nggak ada sesuatu yang instan di kehidupan"

Sebelum beranjak ke session 3 kita di ajak refreshing dulu buat main game!


Gamenya dengan posisi yang aku nggak tau namanya apa, tapi kalo di basket sih itu kayak posisi diffence. Pura puranya lagi naik motor, dan peraturannya : siapa yang paling lambat nyentuh garis finish dialah pemenangnya.

dan dia yang megang seprei bola itu pemain basket, dia menang. udah kebiasaan diffence kali ya ? haha


Session 3
judulnya kali ini 'Become a Millionare Digital marketing' by Sholehudin.
Beliau yang punya usaha Kaos Distro Muslim di jakarta.


Menurut penelitian, orang orang yang pada umumnya googling itu cuma ngeclick sesuatu yang muncul di google di halaman pertama. yakan?
Dan disini kita diajari tentang SEO(Search Engine Optimizationgoogle. Kira kira tentang bagaimana caranya agar web yang kita punya itu ke-index di google dan ada di urutan paling atas (halaman pertama) dalam pencarian. Ini penting banget apalagi buat yang jualan online, dan lain lain.

Session 4
Dan yang terakhir adalah 'How To Start Your Bussiness' by Edy Mulyono.
Disini beliau mengajarkan tentang berwirausaha, dan kata beliau "Gaji selama jadi pegawai belasan tahun, itu ternyata hanya 1/3 dari hasil dia berwirausaha hanya dalam beberapa tahun" . Beliau membuka usaha dibidang makanan yaitu siomay aisha 

Disini lebih banyak sharing nya daripada materi. alhasil aku nulis nulis beginian di buku ku


Sudaah. sekian. itu dulu di wikufest hari pertama, Dari sudut pandang saya tentunya. Bisa aja cerita wikufest temen temen yang lain beda? Ohya foto foto diatas nggak semuanya hasil jepretan saya sendiri tapi dari adek adek @medsantelkom dan saya sudah diijinkan untuk mempostingnya disini oleh @ratiapitaloka . thank you ^^

#wikufest3 - 2014 - Day2 on processing :p
masih ngumpulin foto yang entah ada dikameranya siapa aja hehe










You Might Also Like

9 tanda tangan

  1. Wuih, kayaknya seru ikut acara atau semacam seminar begituan. Disamping bisa ketemu penulis / orang yang sudah berpengalaman di bidangnya, dapet juga ilmu yang menginspirasi. :)

    ReplyDelete
  2. Keren... anak SMA aja udah bisa bikin acara keren kaya gini, jadi pengen balik ke zaman SMA lagi deh ..
    hehehe..
    oh iya... follbek yah.. makasih ;')

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kita kok sebernya yang bikin acara. tapi para alumni dan kita sebagai pelaksana.
      sudah di folbek ^^

      Delete
  3. ternyata dalam sehari bisa ikutan banyak kelas ya..
    kirain cuman dikit
    hmmmmm hobi ngedudle juga ya?

    ReplyDelete
  4. Keren ya sharing-sharing, semoga kita semua bisa mengikuti jejak mereka yang sudah sukses tentunya.

    Siomay SukaSuka

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram