Gudheg Yu Djum Wonosari - Gunung Kidul

February 05, 2016

foto bersumber dari : (sini)

Setelah seharian main Cave tubing Goa pindul dan River Tubing Kali oyo, saya dan partner lapaaar sekali. Sebenarnya, waktu perjalanan berangkat ke Gunung kidul, kita sempat melewati Warung Gudheg Yu Djum Pusat di daerah wonosari, kita memutuskan kesininya nanti aja pas udah pulang.

Eh di perjalanan pulang, kita sempet tersesat sampai akhirnya ketemu juga warung Gudheg yu Djum yang kita lewati tadi. Aku kira gudheg Yu djum pusat itu ya disini pusatnya, eh ternyata enggak. Dimana mana warung ini ada embel embel pusatnya ternyata. Maksudnya pusat itu apa karena memang gudheg itu pusatnya di Jogja kali ya?

Gudeg Yu Djum Pusat merupakan dapur utama sekaligus warung makan kuliner tradisional Yogyakarta,
dirintis oleh seorang yang pantang menyerah bernama Djuwariyah atau lebih dikenal sebagai “Yu Djum”,
sejak tahun 1951. - info dari webnya.


Nasi Gudheg ayam krecek. Rp. 32 rb.

karena waktu kita kesini dalam keadaan laparrr dan pass banget lagi hujan, gudeg ini terasa sekali nikmatnya.Endeeus!!! hahhaha.

Yang bikin spesial dari gudheg Yu Djum ini adalah :
1. Gudhegnya menggunakan gori (nangka muda) yang berasal dari daerah Prembun. Hanya prembun.
2. Ayam yang digunakan sebagai lauknya adalah ayam kampung
3. Telur yang digunakan adalah telur bebek.

Sebagai oleh-oleh gudeg ini mampu bertahan selama 24 jam tanpa dihangati. Kalau naik kereta, masih bisa di bungkus pakai besek (tempat makan dari bambu) atau pakai kendi dari harga 40rb - 250rb. Sampe di rumah , tinggal di hangatkan dengan cara di kukus.

Gudheg memang makanan Khas Yogyakarta, kalau kesini tanpa makan gudheg pasti enggak lengkap rasanya.
foto bersumber dari : (sini)

Pas saya sampe disini, pas banget tiba tiba hujan turun deras. Awalnya kita duduk di bagian paling luar, dekat pintu. Tapi karena hujan deras, kita pindah ke bagian tengah.

Gudeg Yu Djum Pusat (Cabang Wonosari)
tel : 0274-2910155
Alamat : Jl. Wonosari - Yogya Km. 7, Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta

Maps :



You Might Also Like

33 tanda tangan

  1. Hmmm mantep dah makan yang anget-anget dan terasa nikmat banget kalau pas ujan dan perut dalam keadaan laper banget =D

    ReplyDelete
  2. nyobain lah nanti kalo udah ke jogja :D

    ReplyDelete
  3. Di jogja emang kulinernya makanan yaa.
    Tapi gudeg yang satu ini kayaknya kemahalan.. -_-"

    ReplyDelete
  4. Hahaha,,, aku ya sempat tertipu mbak ama warung yang menggunakan embel - embel pusatnya. Tapi iya betul mbak kayaknya sieh maksud dari pusatnya ya di Jogja. Tapi kalau gudeg Yu Djum pusatnya di wijilan yang paling selatan warungnya kecil, bukan yang besar. Eh mbak nggak tanya ya? yaudah deh gpp. Tapi enak kan mbak gudegnya? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di jalan dagen deket malioboro juga kecil ya mas tapi rame kok.

      Delete
  5. gudeg yu jum, ntar jadi jujugan klo kesana, kuliner yang bikin kangen.

    ReplyDelete
  6. Padahal ini salah satu kuliner Indonesia yang cukup dikenal dunia,,,tapi sampai sekarang belum tau gimana rasanya gudheg...

    #Menyedihkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi apa belum tau rasanya gudheg ? bisa lho di paketin pake paket kilat kalau mau mah haha. asal ekspedisinya bisa menjamin itu sampai dalam waktu tidak lebih dari 24 jam

      Delete
  7. Aku belum pernah ngrasain makanan ini. Jadi penasaran gimana, soalnya belum ketemu yang jualan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa ? di malang kayanya banyak deh mba..
      kalo di malang sebutannya tewel tapi

      Delete
  8. Kalau gudeg yu djum jadi inget Jebraw di jalan-jalan-men hehehe. Aku mah apa atuh waktu ke Jokja sama sekali gak icip gudeg malah icip makanan lain yang bukan khas Jokja wkwkwkwl

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa tuh ?
      Makan ati ya ? itu aku juga sering kak :3

      Delete
  9. Legendaris gudeg satu ini, mbak mesti coba gudeg manggar di daerah wijilan. Rasanya lebih top...

    ReplyDelete
  10. Aduh kak.
    Review nya tempat jalan jalan mulu nih ya sekarang mentang mentang lagi liburan. Da aku mah apa atuh liburan udah mau selesai harus beranjak pergi meninggalkan jekardah lagi.

    Omong omong makanan Jogja, aku belum pernah nyobain makanan itu pas ke jogja euy. Paling banter nasi kucing, bakpia sama oseng mercon ajaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meninggalkan jakarta lagi ? emangnya mau kemana ?

      liburannya sih udah dua minggu yang lalu dek, cuman postingnya nyicil nyicil :p

      Delete
    2. Masuk kuliah kak bentar lagi, balik ke jatinangor haha.

      Udah kayak kreditan motor aja dicicil hihi.

      Delete
    3. Oooh sumedang yah. baguslah nggak bosen di jakarta kan jadinya hehee

      Delete
  11. Ngiler sengiler ngilernya, kaya pernah dgr ini. Terkenal yah yu djum ini. Bisa2 nambah deh aku mah lukkk. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi di panggil luk :3
      Nambah nambah ya ? gakpapa biar debay nya sehat kak

      Delete
  12. ini memang enak bangeeet mbaaa... favorit deh..

    ReplyDelete
  13. ini memang enak bangeeet mbaaa... favorit deh..

    ReplyDelete
  14. gudeg yu djum ini ngetop banget ya ... tapi saya belum pernah nyobain .. jadi penasaran ... kalau ke jogja lagi .. mampir ah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali :D nanti kalo pas ke jogja jangan sampe ga nyobain mas

      Delete
  15. Nama yang mendirikan gudeg kayak nama mbah gue. Jangan jangan mbah gue diem diem punya bisnis kuliner :|

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

Mau Liat Post yang lain?

@khoirurosida on Instagram