Sehari Sama Ibu : Belajar jadi Guru TK

February 19, 2016

Perjalanan dari liburan di jogja -yang lumayan berhasil membuat posting di blog saya ini lumayan banyak di posting posting sebelumnya- akhirnya harus berakhir. Saya harus kembali pulang, pulang ke kampung halaman. Naik kereta Malioboro Express dari jogja, saya sampai di malang jam 4 pagi. Perjalanan kerumah -desa- dari kota malang memakan waktu kurang lebih 1 jam, saya sampai dirumah jam 5 pagi.

Subuh subuh sampai di malang itu rasanya.
Segeeeeeeerr -padahal dingin banget-

Hari pertama saya ada di malang waktu pulang kampung kemarin, ibu saya sudah wanti wanti alias memperingatkan saya

"Gausah main kemana mana ya! dirumah aja!"

Apa ? Pulang ke malang nggak boleh kemana mana.
hiks.
Kemudian aku nangis,
di pojokan,
nyari shower, tapi nggak ada.
Yaudah ngga jadi nangis.
Oke. Aku ngga jadi nangis, dengan tegar saya senyum sama ibu dan berkata

"Mari ibu, aku antarkan dikau mengajar!"
*sambil ketip manja biar besokannya boleh main*

saya kangen ke TK karena kangen ini, mainan favorit  pas TK dulu.

Saya jadi ingat, betapa saya ingin cepet besar pas waktu TK biar boleh main kemana mana tanpa harus ijin, biar nggak di larang larang ini itu. 
"When you finally go back to your old home, you find it wasn't the old home you missed but your childhood instead" - Sam Ewing
Dan sayapun nganter ibu ke TK (Taman Kanak Kanak) jam 7 pagi. Hehehe.
Btw kalau Taman kanak kanak kenapa ngga di singkat TKK ? Heum. Ini pertanyaan tidak penting bukan ?
Gerbang Sekolah TK Kenanga Krebet

Awalnya ibu saya agak gimana gitu pas saya mau anter, takut kalau saya bonceng naik motor. Belum pernah memang sebelumnya, ibu belum tau kalau di ibukota anaknya juga pembalap. Setiap saya ngegas motor lebih dari 20 km per jam pasti saya di cubit. Apalagi pas saya mau nyelip truck di depan saya waktu itu.
SAYA DI REMES.
Apanya ?
Ya itu deh.

alibi takut di bonceng saya, ibu saya nanya nanya dikit.

"Nggak capek? "
Whoaaa Enggak doong. Kuat dong saya,
kan semalem udah tidur terus di kereta , sekalian juga biar besok besoknya di bolehin main hahaha.


suasana TK saya di pagi hari, syahdu ya ? adem gitu. pengen balik ke TK deh.

Saya suka sekali sama kegiatan anak anak TK ini mulai dari pagi, saya lupa dulu bagaimana jadi saya mencoba mengamati anak TK saat ini.

Pagi pagi jam 7.30 mereka dateng, masuk ke lokasi TK. 

Batas pengantar cuma sampai pintu masuk, di depan pagar sudah baris ibu guru ibu guru yang senyumnya aduhai manis sekali, mungkin karena juga lokasi TK nya berdekatan dengan pabrik gula ?

Mungkin juga karena saya lahir dari bapak yang kerja di pabrik gula saya jadi manis begini ?

Baiklah, kamu oleh kok ber huek huek setelah membaca kalimat barusan.

Satu persatu murid muridnya salim, atau cium tangan.


tradisi menghormati bapak ibu guru memang harus di tanamkan sejak kecil bukan?

Terus pas udah selese cium tangan mereka lari berhamburan. Ada yang naruh dulu tasnya di kelas, ada yang bodo amat main main langsung masih pake Tas.



Ada yang langsung main sepak bola. Subhanallah ya, ini masih pagi pagi lhoh. 

Tapi pas bunyi bel masuk berbunyi jam 8.00, halaman pun sepi kemudian. Koridor koridor kosong. 


Semuanya masuk kelas.
Didalam kelas, mereka baca surat surat pendek. ada sekitar 10 surat pendek yang di baca, kebetulan kelas yang aku lihat udah 0 besar , alias kelas B.
Bukan 0 kecil, jadi pada lancar baca surat surat pendeknya.

Keren.

Dulu pas aku TK aku udah hafal surat apa aja ya ?
Untung pas TK aku belum mengerti apa itu surat cinta. Yes!


Sambil nunggu mereka selesai baca surat pendek, aku sempet videoin. Tapi aku nggak bisa edit video euy. ada yang mau ngajarin engga ?

Setelah baca surat surat pendek, mereka memberi salam kepada ibu guru. Ibu guru di kelas yang saya maksud ini adalah ibu saya sendiri.

"Beri salam!"
"Selamat pagi bu nurul"
"Selamat pagi anak anak"


Kemudian di jam pertama mereka pelajarannya mewarnai. Siapa yang sudah selesai nanti dapat hadiah.
Hadiahnya adalah gantungan kunci yang saya beli dari jogja, sebelum pulang kemalang.

cuma dapet gantungan kunci, pada hepi.
Gitu deh.
Lucu ya. hihi.

Kemudian pelajaran kedua adalah hitung bersusun, saya bantu ibu saya bikin soal waktu itu. Dan bantu ngajarin beberapa anak juga. Seru nggak pake marah marah kalau ngajarin, banyak senyumnya.

Setelah pelajaran 1 dan 2 selesai, pukul 9.00 waktunya istirahat.


Perosotan yang sebelah kiri, dulu lebih tinggi lho.
Tapi karena terlalu tinggi, sekarang di pendekin jadi segitu.


Pas istirahat posenya pada lucu lucu. 
Ini aku nggak minta mereka buat pose.
ASLI eh.
Nama namanya mereka? Lupa. Hahah. dulu udah kenal, udah di ingetin sama ibu. Eh tapi pas posting ini tetep aja lupa.

Istirahat sekitar 15 menit.Jam 9.15 mereka masuk kelas lagi. Sebelum masuk kelas, tidak lupa cuci tangan. Biasanya mereka makan bekal bawaan atau makan kue ringan yang mereka bawa atau yang mereka beli di sekolah.
Sesudahnya Ibu saya ngasih tebak tebakan dikit, untuk menentukan siapa yang paling dulu boleh pulang di barisan paling depan. Tentang alat transportasi darat, udara, dan laut.
Terus bu ngenalin saya ke anak anak kelas.

"Bahagia tidak di kasih hadiah?"
"Bagahia buu"
"Senang tidak ?"
"Senang bu"

Ayo siapa yang bisa nulis "Terimakasih kak leli" Maju ayo !


Kemudian berebutan maju deh.



Udah selesai maju semua, diurutin siapa yang tadi maju duluan. Dia yang paling depan diurutan barisan pulang,
Dan barisan itu, akan tetap seperti itu sampai gerbang depan sekolah. Ibu saya yang nuntun barisan itu, sampe ke jemputan orang tuanya masing masing.


Jam 10. Anak Tk udah pulang.

Selow sekali yah. 

They just have to learn, and play, and laugh. And then go home with a full smile on their face. Their happines is come from a simple thing.

ini saya sama ibu saya. Yang kelihatan awet muda padahal udah Usia kepala 5.

Pengen dong jadi guru TK aja hihi
Kalau kamu ? mau jadi guru TK nggak sih ?


Btw,
Sama kayak kata kata "Cewe itu lebih cantik ketika sudah jadi mantan", Maka Tk saya ini sekarang lebih bagus dan jauh lebih bagus ketimbang terakhir saya sekolah disini.
Sekarang TK nya Luass sekali, Ada lab komputer, dan yang paling penting ada Drum band nya.
Saya dulu pernah pengen jadi mayoret.
Kesampean sih pas SD. Tapi mayoret gadungan.

TK Kenanga (Yayasan PG Krebet)
Alamat : Sidomakmur No.1 Lumbangsari Bululawang Malang . 65171

You Might Also Like

46 tanda tangan

  1. Iya juga ya neng
    Kenapa taman kanak kanak engga disingkat tkk malah tk
    Wah ini perlu dicari tau nih
    Perlu diselidiki
    .
    Oh neng jadi pembalap? Kok engga ikutan rio haryanto balapan f1 atau daftar motogp?
    .
    Itu kok taman kanak2nya ada kelasnya ya? Kan taman bukan kelas? Aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaakk yaaak.
      Biarlah jadi misteri di kepala kamu ya nik hhaa

      Delete
  2. Itu pada ngapain peluk-peluk ban x'D Set dah pose yang eksotis banget!

    ReplyDelete
  3. TK nya luas, ada lab komputernya. Tamannya itu lo yang bikin betah bermain. Ah jadi penasaran, kira-kira apa ya yang diremas ? teka-teki yang susah untuk dijawab.

    ReplyDelete
  4. Waduy, TK jaman sekarang asik2 ya, beda jaman TK saya dulu. cuma ada halaman doang buat maen gundu..
    Jadi pengen masuk TK lagi, hmmmm

    Adek2nya gemes2, itu kenapa diajarin pose alay dengan ban ya ?? adududu !!

    O ini di bululawang Krebet ya ?? *manggut manggut*

    ReplyDelete
  5. Aaaaaah, mainan permainan di TK-TK gitu terakhir kali waktu SMK kelas 2 kayaknya aku wkwk main prosotan, tapi udah nggak muat -_-

    Jadi guru TK kayaknya seru ya. Bawannya kayaknya senyum-senyum aja gitu liat kelucuan anak kecil polos :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. segede apa emang lu feb ? sampe prosotannya gak muat.
      iya menyenangkaaan jadi guru tk mah

      Delete
    2. Tinggi 178, berat 80an. Yah, kayaknya untuk ukuran prosotan anak TK badan ini udah nggak akan muat -_-

      Delete
    3. di foto kayak kecil. hmmm bani hannya sama danau sih wkwkw. kalau foto ya di prosotan, ya sih ga cukup.

      Delete
  6. huahaha kalo diseriusin ngajar TKnya, bakalan lumayan tuh buat taro di CV hehehe btw jelas aja mamamu awet muda, wong tiap hari mainnya sama anak anak mulu, kan jadinya berasa muda terus heheheh #garing
    dan emang bener bgt tuh, selain TK, SD, SMP, SMA alumni alumni saya semuanya terlihat lebih megah, lebih lengkap fasilitasnya, lebih keren, bedaaa banget sama jaman2nya waktu saya sekolah disana huffttt bete deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehh ngga garing kok ka inggit. itu bener banget. awet muda karena ya kumpulnya sama anak anak.
      hehehe iyaa bete, karena dari sisi kita.. kita sendiri ngga ngerasain. tp kalo dari sisi mereka sih ya bagus lahh yaaakk lebih maju teknologinya masa ngga berkembang sekolahnya yaa

      Delete
  7. wah seruu banget mba, pulkam maiinya ke TK bareng ibu ngajar
    praktek langsung jadi guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaa udah lama banget pengen gini. tapi pas pulang kebetulan pas tk nya lagi libur

      Delete
  8. emang ya jadi guru tk atau nemenin guru tk seneng ga seneng .. kadang kan anakanak segede itu lagi cerewet2 nya tapi ada seneng juga kalau kita suka sama anakanak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa tp kadang harus ada saat saat ekstra sabarr lho ngadepin ini 😁😁😁☺️

      Delete
  9. iya juga yah kenapa bukan TKK ??? hemmm... mmmm... ehhhh..,, kenapa yak ?? hmm.. mmm.. huwaaahhhhh semua kenyataan ini membuat ku pusing

    pose yang diatas ban itu bikin aahhh sudahlaahh betewe gilak TKnya udah ada lab komputernya, lah SMP ane dulu, yang udah 5 tahun ane tinggalin belum pernah denger punya lab komputer

    ReplyDelete
  10. Hanya orang2 super sabar sepertinya yang bisa ngajar TK. Aku pernah ngajar SD kelas 6 aja udah pusing banget. hahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena anak smp lebih banyak tingkahnya kali yaaa

      Delete
  11. anak tk itu semuanya imut-imut, saya juga *dulu pas masih tk :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu yang dulu bukanlah yang sekarang *jeng jess*

      Delete
  12. Emang yah, bahagia itu sederhana,,, bisa lihat ibu kita tertawa sama anak anak kita, eh.. Maksudnya ngajar bareng gtu..

    O ya satu lagi, quote nya bisa ada translatenya enggak? Maklum lah, aku cuma lulusan sd yg masuk smp terus SMA tapi tidur terus kalo pelajaran bhsa inggris. Thanks. :D

    ReplyDelete
  13. Awet muda yah si ibuk, mamaku jg kepala 5, umurnyaa hehe. Ibu sm anaknya ayu yaaa ^^
    Bahaya ih klo dari tk udah kenal surat tjintaah :)) aku pingin dulu jadi guru tk.. Masih inget nama guru tk, ibu atun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik dibilang ayuu ^^
      biasanya guru tk itu enaknya.. dapet hadiah dari muridnya saking disayang nya

      Delete
  14. Ngomongin TK. Gue merasa gagal di zaman anak-anak perTK-an. "EH, itu kalimatnya bener, gak, sih? PerTK-an." hahaha

    Gue dulu gak sempet TK. Karena, orang tua gue bilang "Ru, keknya kamu gak usah TK aja udah pinter baca sama nulis. Ya, hitung-hitung menghemat biaya. Biar nanti pas SD aja biayamu banyak."

    Gue setelah dibilang gitu, ya gak mau TK. Udah pinter. Hahha. SOngong dikit.

    Jadi, kalo bahas TK gini, sekarang jadi ngerasa iri aja. "Kenapa gue gak TK dulu, ya?" Yaudahlah. Nanti masuk TK lagi, tapi kalo prosotan gak muat.. Gk jadideh.

    Seru banget keknya, kalo bisa liat dedek2 gemes gitu. Bantuin ibu ngajar lagi.. Udah cocok jadi ibu buat anak2. "Ehm.'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... gpp masuk TK lagi Mas Heru, kalo mau main perosotan, bawa sendiri dari rumah yang ukurannya pas (buat sendiri, maksudnya)

      Delete
    2. Ehm. Gitu yak
      hahaa.

      Btw dulu aku pas tk juga udah bisa baca sama nulis sampe bugurunya bilang "leli jangan di baca dulu, biar yang lain mencoba" kalau beliau abis nulis sesuatu di papan
      *gamau kalah songong*

      Delete
  15. seru banget pasti ngajarin anak-anak TK, ngelatih kesabaran juga,hihii
    pantesan keliatan awet muda kak ibunya, mengajar anak Tk ngga boleh marah-marah :))

    ReplyDelete
  16. aku ga jadi guru TK, tapi pernah ngasih bimbel ke mereka. hemm..maunya main sambil belajar, jadinya kudu kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu juga challenge jadi guru TK. selain harus sabar, harus kreatif juga

      Delete
  17. Mudah2an kalo usia saya kepala 5 nanti (kalo panjang umur), anak saya sudah bisa bikin tulisan lucu di blog kayak gini ... sukaaaaaaa banget. :)))

    Btw, ngajarnya senyum terus yah ... kira2 kalo seminggu, sebulan, bertahun2 apa bisa senyum terus?
    *kepo*

    Tulisannya lucu, segar, dan manis. Semanis senyum anak gadis yang tinggal dekat pabrik gula :))

    ReplyDelete
  18. mbiyen sempet pengen dadi guru TK. tapi orak sido.

    Jadi kangen TK deh ah. Lelii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha yowis nanti jadi guru buat anak anak mu wae *aihh

      Delete
  19. itu dedek"nya lucu-lucu ya, apalagi yang foto terakhir :p

    ReplyDelete
  20. Pasti menyenangkan sekali ya mbak bisa bermain sekaligus bareng anak anak kecil :D tak terasa udah tua aja, kayaknya baru kemarin saya TK. Hehehe

    ReplyDelete
  21. Aku pernah merasakan setengah hari bersama anak anak TK juga SD dan itu menjadi pengalaman yang warbiyasa menurutku. Ternyata belajar sembari bermain bersama anak anak itu asyik ya. Serasa nostalgia aja gitu bahwa kita dulu juga pernah seumuran mereka. Eh sekarang udah umur segini aja haha.

    ReplyDelete
  22. asik ya bisa main sama adek-adek TK gitu :D

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

Mau Liat Post yang lain?

@khoirurosida on Instagram