Sore Mendung di Candi Ratu Boko

February 06, 2016

Setelah berteduh lumayan lama di Gudheg Yu Djum Wonosari - Gunung Kidul dan hujan di Gunung kidul lumayan reda, saya melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi sebuah candi di Yogyakarta.
Banyak sekali candi yang bisa di kunjungi diYogyakata ini. Karena sudah sore hari, saya memutuskan untuk mengunjungi candi Ratu Boko.

psst. Sunsetnya bagus sekali lho disini.

Istana Ratu Boko adalah kompleks istana megah yang dibangun pada abad ke-8. Bangunan yang bisa dikatakan termegah di jamannya itu dibangun oleh salah satu kerabat pendiri Borobudur. - Yogyes.com

sayangnya, waktu kita kesini cuacanya mendung. Jadi nggak dapet sunset nya yang bagus itu. Hihi.

Setelah googling, saya dapet info katanya tiket di Candi Ratu Boko ini ada 2 macam.
Kalau hari biasa (Dari buka 8.00 s/d Pukul 3.00 sore) : Rp. 25.000
Setelah jam 3.00 - 6.00 sore: Rp. 100.000

Karena sore itu mendung, mungkin saya kena charge yang hari biasa kali yaa hehe cuma Rp. 25.000. 
Dan ongkos parkir nya Rp. 3.000 saja untuk motor.

entrance tiket candi Ratu Boko

Pengelola Candi Ratu Boko sama dengan pengelola Candi Borobudur dan Candi Prambanan yaitu : Borobudurpark

Yang bisa di lakukan disini adalah :

1. Explor Candi Ratu Boko sambil mengenang eh mengenal Sejarah Tentang Istana candi Ratu Boko.

Ada beberapa bagian candi yang ada di kawasan candi ratu boko yang luasnya sekitar 250.000 meter persegi ini, yaitu : 

Gerbang/Gapura utama candi ratu boko, fotonya adalah : foto paling atas di blog ini. Yang terdiri dari 3 pintu.

Gerbang kedua candi ratu boko, terdiri dari 5 pintu, ada di balik Gerbang utama. Ini dia fotonya :/Gapura


foto di ambil dari jauh. tapi itu pintu gapuranya memang ada 5 kok.

Paseban 

Terdiri dari 2 batur
Paseban timur (panjang 24,6 m. Lebar 13,3 m. Tinggi 1,16 m)
dan Paseban barat (panjang 24,2m. lebar 13,34m. tinggi 0,83 m)
Dua bangunan paseban diperkirakan saling berhadapan, namun fungsinya belum dapat diketahui secara pasti. Dinamakan paseban karena berdasarkan analogi dengan bangunan kaeraton pada masa sekarang, paseban adalah ruang tunggu bagi tamu yang akan menemui raja
Candi batu kapur / batu putih


entah kenapa disini rasanya horror gimana gitu ._.

Pendapa

Luasnya sekitar 40x30 m. Diperkirakan menjadi ruang tamu. Di situ tertulis "Dilarang bakar kemenyan.

Sebenarnya masih ada candi pembakaran, candi keputren, dan Gua. Tapi karena waktu sudah sore dan mendungnya udah mendung banget. Kita memutuskan kembali ke gapura utama saja.


2. Disini juga bisa foto foto (Ini wajib karena tempatnya luas dan bagus banget hihi)




3. Bisa juga duduk duduk Syantik kayak gini :

A photo posted by ليل امد ت الخير ر شيد (@khoirurosida) on

Atau kayak gini :
foto di jejeran kursi dekat pintu masuk candi ratu boko

Relaxx sekali tempatnya. Kapan kapan kesini lagi pas cuaca cerah yuk ? Kita liat senja bersama. Hihi
Maps :

You Might Also Like

81 tanda tangan

  1. Sekarang mahal ya candi ratu boko -_- dulu wktu masih SMA aku masuk cuma 10000an wkwkw :D
    Kata Mbak Naya-nya Jalan-jalanmen, ke ratu boko itu bagus kalau bawa pasangan loh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku kan bawa yee itu yang foto di belakang aku hahaa
      *GAGAL CENGIN NI YEEE*

      Delete
  2. ko duduk sendirian aja neng? sini engga abang temenin

    kok jam 3 lewat mahal sih?

    yuk kapan2 kalo engga cerah eh engga mendung

    ReplyDelete
    Replies
    1. si abang nya lagi ambil poto adek bang,

      nah itu katanya info di internet sih ya. Nanti aku tanyakan lagi sama orang yang sore ini juga mau ke candi ratu boko.
      Nah orangnya siapa, ini aku juga masih mau nanya ke orang yang kemarin rencananya mau ke ratu boko.

      Gitu deh

      Delete
  3. Wah, candinya bagus. Jadi pingin ke sana deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lahirannya lancar kak jadi nanti bisa main kesini sama debay :3

      Delete
    2. apa lagi kesananya bareng mang lembu ya, pasti lebih asik

      Delete
  4. Buat tempat Wedding dengan konsep outdoor kayaknya ok tuh...

    SALAM KENAL DARI BLOGGER PULAU SERIBU...

    ReplyDelete
    Replies
    1. OOhh dari pulau seribu thoo... salam blogger jugaak.

      Iya itu kayaknya bagus buat prewed

      Delete
    2. prianya saya yang jadi wanitanya neng admin

      Delete
  5. Ishaallah tanggal 18feb aku ke Jogja, semoga bisa ke tempat ini, bagus sih kayaknya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mas .. tapi kalo sore sekarang banyak mendungnya ^^

      Delete
  6. Istana Ratu Boko dengan candinya dikenali sekarang ini, selain panoramanya yang indah juga cocok buat nunggu mendung di sore itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya pak karena ga daper sunset, dapetnya mendung hihi

      Delete
    2. hari itu mah neng admin yang jadi ratu di candi itu teh ya?

      Delete
  7. candi ratu boko emang lagi mendung, tapi wajah kamu selalu cerah. :3

    ReplyDelete
  8. Kapan-kapan ajakin dong, Mbak. Hahaha.

    Emang disana banyak banget yang tempat-tempat wisata yang kayak gitu. Gue jadi iri. Beda kayak di Pekanbaru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya di pekanbaru juga banyak deh mas tempat wisatanya *barusan googling*

      Delete
  9. jadi ngerasa mengulang pelajaran Sejarah loh ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal aku enggak ngebahas sejaarah lho cuma bahas bagian bagiannya aja hihi

      Delete
  10. Harga siang sama sore bedanya lumayan, ya. Tapi tempatnya indah, ada spot foto-foto juga, hihihi :)

    ReplyDelete
  11. cantik lokasinya, baru tau saya mbak tentang paseban, wow entar ke candi juga ah

    ReplyDelete
  12. Seneng kalo liat tempat bagus yang bisa buat poto-poto gini..

    ReplyDelete
  13. Tempat yang indah dan suasana yang nyaman. Bagus untuk pergi bercuti

    ReplyDelete
  14. Eh, kok sekarang jadi mahal? Gue waktu itu jatohnya jadi 15 rebu. Paket 45 rebu, Prambanan dan Ratu Boko. Prambanan, kan, itu 30 ribu. Sisanya Boko, dong? Hehehe. :D

    Cuma waktu itu gue jam 1-an. Matahari sedang terik-teriknya. :')

    Ah, jadi kangen maen ke sini euyy. Ijo-ijonya apa lagi. Keyeeenn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kali ya karena masuk ke dalam paket, haha.
      Yah kalo pas matahri lagi terik teriknya mah, fotonya banyak nyungir nyungirnya *curhat*

      Delete
  15. Aku pernah dpt sunset di situ Mba, emang bagus banget sih sunsetnya. Tp pulangnya serem, sepii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya apalagi jalanannya kecil gitu ya.. lain kali kalau ada waktu mau kesini lagi berburu sunset ^^

      Delete
  16. Mana mbak, pintunya ada 5 pow? kok nggak kelihatan? hehe. Eh betewe aku yang udah lama di Jogja belum pernah sekalipun menginjakkan kaki disini loh mbak,,, ternyata tempatnya lumayan bagus ya,,, wokelah tak lama lagi diriku tak meluncur kesini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada 5 itu mas sayangnya jauh nge fotonya haha.
      Yah gimana atulah orang jogjanya kalah sama turis kayak saya haha *songong

      Delete
  17. Mendirikan tenda disana kayaknya asik ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heum asik apanya mas... kayaknya bakalan di usir sama satpam deh. serem juga lho

      Delete
  18. Sy blom pernah ke Candi, aasyik ya bisa melihat peninggalan sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah sayang sekali mbaaa... padahal bagus hihi iyaaa sambil mengenal sejarah

      Delete
  19. Wah malah mahalan kalau sore ya mbak ...
    ini bisa masuk agenda besok pas liburan nih :D

    ReplyDelete
  20. Pas ke jogja tahun lalu sempet tertarik buat ngunjungin candi boko ini, apalagi diiming2i sama sunset yg jadi senjata pamungkas wisatanya. Tapi aku maju mundur ulala syahdu ngeliat harganya, akhirnya aku nyerah g usah kesana :p

    ReplyDelete
  21. mau kesana mikir-mikir dulu walau tempatnya indah jauh hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi meskipun jauh kalau udah sampe bagus lho hihi

      Delete
  22. Meskipun mendung rasanya tetap look like an awesome panorama ya kak. Teduh gitu kayaknya tempatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teduh karena mendung, kalo siang yaa.. terik sangadh katanya dek

      Delete
  23. itu 100rb yah klo sorean lagiii, mahal jugaa. Lucky pas 25 rb luk hehe. Bagus yah luas gitu, adem

    ReplyDelete
  24. wah lumayan gak ramah untuk kantong mahasiswa nih, cocok nya buat wisata keluarga, karna ada orangtua yang bayarin. *krai *orangnyaperitungan
    Ini kaya pernah liat deh, tempat shoot film keramat bukan si? kok kayanya mirip dan nuansa nya sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh film keramat itu udah berapa tahun yang lalu cobaaa aku lupak haha

      Delete
  25. Nggak motret siluetnya aja pa? Bagus juga kok. Heeeee. Aku juga selama liburan nyari sunset dan sunrise gagal terus :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siluet yang kayak gimana mas ? itu mendung banget jadi susah mau macem macem fotonya hihi

      Delete
    2. Hitam putih, mbak. Kayak potret lama :-)
      kan bagus hehheheh

      Delete
  26. wah mbak suka trip juga nih mbak..keren nih mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa semoga diberi kesehatan, rejeki biar bisa ngetrip trus mba hihi

      Delete
    2. aamiin...semoga kita bisa menikmati ciptaan-Nya dan menjaganya sembari ngetrip :)

      Delete
  27. mahal juga ya tiket masuknya :D
    saya terakhir ke candi, ya candi prambanan di 2005 lalu. lama bangeeeet yak..hihihi

    ReplyDelete
  28. Ruang tamu 40x30 m, bisa main futsal disitu wkwkwkw.

    ReplyDelete
  29. Aku belum kesampaian nich kesini. Keren yach. Dan salam kenal Leli..

    ReplyDelete
  30. belum pernah ke candi ini, sementara nikmatin disini
    cantik fotonya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto yang mana ini ? hihi candinya atau yang mana heheheh

      Delete
  31. Aku pernah jg ke sini mbak. Luas bangeeet, di deket pintu belakang ada gua nya. Kalau pas cuaca cerah nggak kuat deh sama panasnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku juga nyari gua nya itu mbak tapi engga ketemu.

      Delete
    2. Ada mbak. Di paling belakang, dari keputren masih lurus trus. Kalo masuk lewat pintu belakang bisa jg, gratis cuma bayar parkir doang. Aku gitu dulu pas ke ratu boko. Hehee :D

      Delete
    3. Wahaha ada bagian pintu belakangnya mba ne ? asli aku baru tau :D nanti kalo aku ke jogja main sini ajarin aku lewat pintu belakang ya huahaa

      Delete
  32. wow!!
    dan ending fotonya keren.. tetiba ada ratu boko duduk di taman :D

    ReplyDelete
  33. Pengen ke candi boko sampe sekarang blm kesampaina huhuhu :'(

    Watch movie

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

Mau Liat Post yang lain?

@khoirurosida on Instagram