Kopdar BPJ (Backpakcker Jakarta) #RT15 - TMII

April 22, 2016

Foto : Kak ibnu sedang memandu sebuah Games pembuka.

Pertama tama, terimakasih kepada BPJ alias Backpacker jakarta RT 15 khususnya yang telah membuat acara kopdar (kopi darat) bertempat di TMII (Taman Mini Indonesia Indah), sehingga dengan adanya acara itu.. saya akhirnya jadi pergi kesana. Status saya yang sebelumnya "Belum pernah" ke TMII padahal udah hampir 2 tahun di jakarta, sekarang jadi "sudah pernah ke TMII". Terimakasih terimakasih

Berawal dari kekosongan hidup, eaaa.. kekosongan hidup loh bukan kekosongan hati.
Serasa hidup di jakarta sebatas kerja kuliah dan... kencan, Saya terpanggil untuk bergabung disuatu Komunitas lagi. ((lagi)). Mau nambah banyak temen. Hooo bukan berarti punya pacar dan teman yang sudah ada engga cukup melengkapi, tidak tidak bukan begitu, hahaha saya hanya pengen nambah temen aja. Sebelumnya, saya sudah pernah ikut komunitas blogger tapi nggak pernah ikut kopdar, sok sibuk kerja akhirnya kalau ada kopdar ya nggak ikut, boro boro ikut tau info kopdar aja engga. Lalu pada suatu hari temen saya bilang :


"Seru lho kayaknya komunitas BPJ ini, didalam komunitas ini masih banyak club clubnya"
"Contohnya klub apa?"

"Klub buku dan Blogger, Klub lari, Klub Jelajah masjid, Klub Fotografi, dan banyak macamnya"
"Hmm gitu ya.. cara daftarnya gimana?"
"Kemarin sih di Web ada, di form pendaftaran di cantumin no whatsapp si adminnya.. Coba chat aja"
"Oke deh"


Kemudian saya sempet googling apa itu Backpaker jakarta

"Komunitas Backpacker Jakarta atau biasa disebut dengan BPJ adalah sebuah komunitas yang beranggotakan orang-orang yang menyukai jalan-jalan dengan cara melakukan suatu perjalanan yang dilakukan melalui beberapa proses seperti membuat itinerary, membuat perincian dana yang akan dikeluarkan, menyiapkan perlengkapan, menentukan destinasi/tujuan, menetapkan akomodasi dan transportasi yang sesuai dengan dana atau budget seminimal mungkin dengan " - (sumber)

okelah saya mengerti, jadi ini semacam komunitas traveling juga toh *manggut manggut* saya interest. Ditambah lagi gara gara ada klub buku & bloggernya, saya jadi makin interest. Ujung ujungnya soal ngeblog deh yang bikin saya tertarik juga hehe. kemudian tak lama dari percakapan itu, saya chat adminnya.. Nomornya sih ada di web Backpacker jakarta (klik disini)

Adminnya gercep (alias Gerak Cepat), Whatsapp saya langsung dibalas sama kak Emye alias Edie M Yamin. Amazing, saya kira bakal lama responnya kayak komunitas komunitas yang lainnya. Fyi saya sudah sering pingin gabung ke komunitas komunitas sosial, tapi ga pernah di gubris entah cara saya yang salah atau bagaimana, huhu. eh kok jadi curhat . Setelah di bales whatsapp saya, tiba tiba saya di masukkan ke sebuah Grup Whatsapp.

RT 15 katanya.

Saya mikir.
Hmm apanih maksudnya RT 15?
Rukun Tetangga no 15?
Rumah tangga no 15? Tapi kalau rumah tangga kayaknya bukan, ya meski disetiap grup whatsapp ada mamih papih nya sebagai admin alias bapak ibu nya, tapi masa iya dalam sebuah rumah tangga pasangan bapak ibu bisa punya anak sampe 100 ?
Baiklah saya kasih tau siapa mamih sama papih di RT saya kali ini, Sang mami adalah Nofi Ikha dan Sang papih adalah Kak Baim.  Ini dia mereka :D


Komunitas ini adalah komunitas yang campur campur, meskipun mengusung tema komunitas hobi traveling tapi kegiatan yang ada didalamnya nggak melulu soal traveling.
Banyak acara kopdar seru yang diadain, Kopdar pertama yang saya datangi waktu itu adalah Kopdar akbar, sama di TMII juga. Tapi saya ngga ikut, karna harus shift kerja hari minggu di kantor.
Di kopdar yang kedua ini saya baru bisa ikut hadir.

Acara yang diadakan di TMII ini sebenernya adalah acara persiapan untuk pembuatan video ucapan selamat ulangtahun yang ke 3 Backpacker Jakarta, FYI ulangtahunnya Backpaker Jakarta adalah tanggal 5 April.  Kita waktu itu kopdar tanggal 9 Maret 2016 bertepatan sama moment Gerhana Matahari. Dan di grup sempet ada yang share foto Gerhana Mataharinya, saya lupa siapa yang upload waktu itu.

Acara Kopdar Bpj kedua RT 15 Bertepatan dengan Fenomena Alam Gerhana Matahari Total

Anjungan Lampung

Acara dijadwalkan mulai jam 9 Pagi pada hari itu, tapi saya sendiri baru sampai di TMII jam 11 siang *ini bukan untuk ditiru*. Sesampainya di TMII, saya mencari cari dimana Anjungan Lampung berada, rupanya jauh kalau harus jalan kaki dari pintu depan, karna saya sudah jalan tapi rasanya kok ga nyampe nyampe ya. Kemudian saya telfon temen BPJ yang ada disana, tapi hape saya lowbat jadi suaranya putus putus ditelfon. Keringat sudah mengucur deras di pelipis, di dalam baju juga rasanya keringat udah tumpeh tumpeh saking panasnya. Daripada saya kesasar di TMII seorang diri, jadilah saya naik ojek. hm. Entah saya yang bego apa gimana karna gabisa nawar saya merasa dipalak sama tukang ojeknya jadi saya bayar Rp. 25rb ke tukang ojeknya. Hoho andai tadi hp nya enggak lowbat, pasti saya bakal setia nunggu jemputan temen temen. Busway menuju ke TMII jauh lebih murah daripada bayar ojek dari pintu masuk ke anjungan lampung, dibuat pelajaran aja :)


Sesampainya di anjungan lampung, sepertinya RT 15 sudah bersiap siap untuk acara game pembuka. Gambarnya ya yang ada di gambar paling atas dalam posting ini. Saya sudah agak lupa waktu itu nge gamenya kayak gimana, tapi lumayan seru lah karna sambil panas panasan. Sementara yang lain nge-game, panitia konsumsi mulai siap siap untuk membuat nasi ala ala masak di gunung gitu deh.
Nggak lama kemudian, papih balik ke anjungan lampung membawa kabar buruk, kabarnya begini

"Teman temen, kayaknya kita harus pindah tempat karna kalau disini nanti kita harus bayar dulu ke Manajemen TMII senilai 300rb"


jadilah kita semuanya boyongan, alias pindahan dari anjungan lampung ke..
Awalnya belum tau mau kemana, tapi yaudahlah ya jalan dulu aja.

Ya yang namanya move on mah, gausah buru buru nanti juga ketemu yang tepat.. asal kita mencari dengan sabar. *ea *ini apasih

Setelah mencari cari, kita memutuskan untuk memilih spot di pinggiran danau.


Di pinggiran danau ini, kita melakukan games yang kedua. Masih di pandu oleh kak ibnu.
Gamesnya adalah, menirukan gerakan instruktur. Tapi kalau salah, berarti gugur. Kalau di games pertama tadi, yang gugur yang maju. Disini, yang gugur yang mundur. 
Dikumpulin dulu sampai menjadi 8-10 orang yang gugur dalam games ini.
Saya sendiri, adalah termasuk ke dalam pahlawan yang gugur itu, cie pahlawan. Dan kemudian dari 8-10 orang yang gugur itu dibagi menjadi 2 kelompok lagi untuk perform Yel yel.

 Grup 1 (Denny, Ka jaejun, Ka Galis sang Cewe sendiri, Kibo, Ajab)

Grup 2 (Saya, metty, Ajet sang Cowo sendiri,Kak Tetty, Almira)

Karna setiap orang yang hadir harus pakai dresscode merah, sementara salah satu anggota grup gugur saya ini nggak pake baju merah, kita nggak marah marah ke dia, justru dari dia lah kita punya inspirasi yel yel hari itu

"Disini kelompok dua
Merah semua bajunya
Pun ada yang nggak sama
Kita tetap bersama" 
- Nyanyi nya pake balonku ada 5

Setelah capek main game dan foto foto kita makan makan dulu. Sebelumnya saya cuma bawa mie dan tempe orek. Tapi ketika di gabung gabung disini semua makanan yang dibawa oleh masing masing orang, Alhamdulillah rasanya nikmat sekali.
Gini kali ya rasanya makan makan bareng diatas gunung? Kalo kali ini sih, bukan di atas gunung tapi di pinggiran danau. Ya kali ya, iya aja deh *balada traveller amatir belum pernah naik gunung tapi masih kepengen* Haha.

acara makan bersama di pinggir danau
Ketika kegiatan selfie tidak bisa di hindari.

Habis makan makan dan foto foto (lagi), kita solat berjamaah di mushola yang terletak di.. di dalam TMII (oke sip). Habis solat, kita lanjut pindah tempat lagi, nyari tempat yang lapang buat acara foto foto yang resmi yang nantinya bakalan di videoin atau mau dikasih tulisan buat ucapan Happy Birthday BPJ yang ke 3.

Foto foto di anjungan Nusatenggara (lupa nih barat apa timur ya)

barisan cewe cewe BPJ RT 15

barisan cowo cowo RT 15

untuk hasil video yang telah di buat, sudah di upload oleh mamih Nofy di youtube. Klik (video1) (video2) atau vidoe yang telah di upload kak nuy di fb nya (video 3)


Hmm. Berasa reporter ya ceritainnya?
Gapapa deh, yang penting terekam di blog. Kamu mau ikutan komunitas ini nggak?
untuk gabung fb grupnya (silahkan klik ini)

You Might Also Like

29 tanda tangan

  1. Uhuuy naq Traveling bingitss.
    Hahaha, lail sini gabung grup blogger jabodetabek. niscaya dosa-dosamu akan bertambah.
    hwahahaha :''D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang blogger abal bala kayak aku ini boleh ikutan master adibah? wkwkw sok lah join in aku, masukin grup dib

      Delete
  2. keren tuh, baru tahu kalo ada komunitas Backpaker juga :)

    Mau ikutan juga La :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok atulah hubunginadmin via whatsapp yang nomornya ada di webnya backpacker jakarta

      Delete
  3. Seru bangeeeeettt

    Di Padang belum ada deh kayaknya komunitas backpacker

    ReplyDelete
    Replies
    1. aul suka travelling gak yang kayak gaya backpacker gitu?kalo suka kenapa ngga dibikin aja ?

      Delete
  4. Keren, ikut komunitas itu serasa hidup jadi hidup. Keren2 acaranya, kompak lagi pake baju merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mas memang ada dresscodenya tiap acara kopdar seperti ini :)

      Delete
  5. Asoy bgt dah.. Ini seragamnya merah2 ngejreng bgt asli. Haha

    Baru tau ada komunits bpj kirain bpjs pas awal baca.hehe

    ReplyDelete
  6. kalau menceritakan soal RT 15 ga ada habisnya 😄, thank lel udah bercerita... kurang banyak curhatannyaaa hehe... tetap kompak ya kita... yang merah jangan sampai lolos

    ReplyDelete
  7. Komunitasnya sama kopdarnya seru yak. Banyak klubnya dalam satu komunitas gitu, tapi anggotanya pada kompak :D

    Makan keroyokan memang seru ya, Li. Semoga segera bisa jadi traveller yang naik gunung dan makan di atas gunung ya :D Btw selamat ulang tahun buat komunitasnya. Sukses selaluuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa makasiih icaaaa... semoga kesampaian sebelum nikah wkwkw karna kalo udah nikah ga mungkin di ijinin sama suami *eh eh kok bahas beginian

      makasih icaa ucapannya buat bpj , bikin komunitas kayak gini cha di sana..

      Delete
  8. Huwaaaaaaa jadi pengen. Kayaknya seru bgt komunitasnya. Tapi aku jarang bgt jalan jalan sih :/ :/
    Merah merah meriaaaah!! Mungkin orang orang di TMII matanya tertuju pada kalian

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaya.. gerombolan apaan gitu kali ya pikirnya,..
      ya nanti kalo ada yang bertanya tanya aku suruh baca postingan ini ajalah lain kali.

      btw aku juga jarang travelling karna weekend kuliah, paling ikutan kalo kuliahnya lagi libur aja. yang aku cari selain traveling bersama nya disini ya acara komunitasnya itu yang mayan seru

      Delete
  9. Huwaaaaaaa jadi pengen. Kayaknya seru bgt komunitasnya. Tapi aku jarang bgt jalan jalan sih :/ :/
    Merah merah meriaaaah!! Mungkin orang orang di TMII matanya tertuju pada kalian

    ReplyDelete
  10. Pelan2 aj move on nya,, huaaahaa
    Asik yah klo pas meetup bgini, ditemuin sama org2 yg punya kesukaan yg sama trus nyambung aja gitu yaa, langsung nyambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya oelan tapi pasti, pasti dapet semoga hahaha
      iya alhamdulillah kaka sik asik gitu deh

      Delete
  11. Hahahahaha, aku baru ingat lama nggak kopdar :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang aku belum pernah kopdar malah.. yang sesama blogger. belum pernah :D

      Delete
  12. sering juga ya li kopdar blogger di tmii, kapan tau baca kopdarannya grupnya yoga juga di tmii...mungkin karena banyak spot foto yang lucu lucu n instagramable kali ya hihi

    wahhhh makannya sama mie dan tempe orek?? kok aku banget ya pas jadi anak kos ahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karna TMII luasnya gak kira kira kali ya kak, jadi misal bawa massa banyakpun engga papa nggak bikin sumpekxorang ngeliatnya.

      sempet acara mau di adain di ragunan, kalo ga salah tapi.. kalau di ragunan kan sempit.. jadi misal datanglah orang 50 aja itu pasti udah ramai badai hehe

      Delete
  13. Lail.. Entah kenapa setelah baca postingan ini jadi pengen gabung. Hmm.. Mau daftar, semoga diterima. Daftar gak yah.?

    ReplyDelete
  14. ko gw cuma 1 si fotonya laili hahhaha... secara gw balik duluan ya kan hahaha sukses selalu

    ReplyDelete
  15. sepertinya seru yaa...aplg maminya mbak nofhy ika yaa :D

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

Mau Liat Post yang lain?

@khoirurosida on Instagram