Ternyata Kereta Api juga bisa delay

May 02, 2016

Perjalanan menggunakan kereta api sudah familiar bagi saya, karena saya pulang ke Malang biasanya juga naik kereta api. Tapi selama ini saya belum pernah naik kereta api sendirian, selalu ada teman seperjalanan. Entah teman seperjalanan itu pacar, atau teman SMK yang searah pulang ke Malang.  Saya juga belum pernah naik kereta ekonomi sendirian dari jakarta ke Malang. Pertimbangan nya, mungkin karna kalau cewe naik kereta ekonomi sendirian itu menakutkan kali ya? Entah lah. Tapi kalau saya liat film 5cm itu naik kereta ekonomi kayaknya seru deh, apalagi kalau sama temen temen gitu.

Menurut saya naik kereta api itu, lebih asik daripada naik pesawat, meskipun naik kereta api lebih lama dari pesawat. Alasan kalau di tanya kenapa, saya juga ga begitu ngerti sih kenapa. Mungkin karena "Momen" di kereta itu lah yang berharga, momen bisa ngobrol banyak sama temen, momen bisa main lebih lama sama Temen. eh ngobrol sama pacar lebih lama juga, astaga modus banget. Dan Momen buka aslinya temen gimana itu kalo bobo, ngorok apa ga. eh buat tau pacar ngorok juga apa engga hehe. Momen bisa kenalan sama orang yang ada di sebelah kita. Dan masih banyak lagi, termasuk momen nahan hawa dingin di kereta.

Suatu hari kakak kelas saya pernah menemukan segerombolan anak kecil yang akan melakukan kemah di malang, kalo gasalah, lalu mereka sholat dan ngaji di kereta. Di fotolah sama kakak kelas saya itu secara candid, lalu di upload. Tak lama kemudian foto tersebut jadi viral di internet. Suatu hari juga saya naik kereta Majapahit sama temen saya, lalu kita duduk di kursi yang hadap hadapan, dan didepan saya ada sepasang suami istri yang kayaknya baru saja menikah, terbukti dari cicin di jari manis tangan kanan mereka yang bermodel sama dan masih kinclong. Lalu sepanjang perjalanan mereka mesra sekali, termasuk solat berjamaah di kereta.
Di depan kita berdua, saya sama temen saya.
Itu momen bikin envy. Kapan aku begitu? punya cincin sama di tangan. 
Lalu solat berjamaah dimana saja?
*eaaaa ini apasih

Ya bukannya saya mau naik kereta lalu cari momen yang nantinya bisa saya upload dan menjadi viral, tapi menurut saya naik kereta dangan waktu yang cenderung lebih dari 6jam itu membuat saya seakan akan sedang melewati lorong waktu buat balik ke Malang namun banyak Momen yang bisa terekam. Btw aku ngomong apa lagi sih?
Lorong waktu? Emangnya doraemon sama Nobita?
hmm jadi pengen Kue Dorayaki nih.
Beli dimana ya ?
Kok jadi ngomongin makanan?

***


"Kamu mau naik kereta apa pesawat?"
"Kereta aja bu"
"Lha kenapa ? bukannya enakan naik pesawat kan cuma 2 jam nyampe?
"Iya bu, tapi pesawat langsung ke malang itu mahal dan kalau transit surabaya itu malesin sekali karna harus nyambung lagi sama travel"
"Ogituu... gara gara itu toh, mahal? bilang aja cari yang lebih murah"
"Hehe enggak yo bu, enakan naik kereta kan bisa lebih lama sama pacar perjalanannya lagian pesawat juga sering delay. Kan aku pesennya pesawat li*on air kalo mau murah"

Ehh kok ga kesensor tulisan lion nya? Hahaha.

Ps : Barusan adalah rekaman pembicaraan saya bersama ibu. tulisan yang di striketrough nggak bener bener aku omongin ke ibu, karna pasti nanti malah dimarahin. Haha.

Baru baru ini aku menyadari kalau sebuah perjalanan kereta api juga ternyata bisa delay.


Nggak semua kereta api landing alias sampai di stasiun tujuan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket. Bisa juga molor antara 2-4 jam. 

suasana di kereta Api, ketika kereta apiku di selip sama Kereta api yang lain.
Yah perasaannya kereta api yang aku tumpangin itu mungkin mirip mirip sama perasaan, ditinggal nikah duluan sama gebetan?
Ada dua faktor yang dapat menyebabkan kereta api terlambat sampai di tujuan.
Faktor pertama adalah, kelas. Biasanya kereta kelas ekonomi nunggu kereta eksekutif duluan yang lewat. Karna prioritas yang lebih mahal sampe duluan. Ini saya kurang begitu percaya sih, tapi masuk akal juga. Which is saya sudah survey, katanya memang kalo naik kereta ekonomi resiko telatnya besar.
Faktor yang kedua adalah, ada suatu kendala pada lokomotif atau yang lainnya. Hal ini menyebabkan kereta itu berhenti di sebuah stasiun untuk dilakukan perbaikan. Nah kalau begini, ga cuma ekonomi yang berpotensi telat, meskipun eksekutif juga bisa telat lho.

Saya baru kemarin ini merasakan masalah telatnya kereta karna faktor kedua. Betapa menyedihkannya menunggu kereta api untuk berangkat kembali. Saya berangkat menggunakan kereta Api Gumarang dari Jakarta ke Semarang, berangkat dari jakarta alhamdulillah tepat waktu pukul 15.45. Namun Jam setengah 8 malam kereta saya berhenti di Jatibarang Indramayu selama Kurang lebih 2 - 3 Jam. Harusnya saya sampai di semarang pukup 10.45 Tapi saya baru sampai di Semarang pukul 01.30 pagi. 

"Wahaaa aku sudah di depan Stasiun Semarang Eh kok situ masih share Location di stasiun Tegal. Berapa lama lagi aku harus menunggu?"

Isi chat temen saya yang jemput kami dari Semarang.
kasian nunggu lama. Puk puk


Di infokan pihak kereta api bahwa Lokomotif kereta yang kami tumpangi sedang bermasalah, jadi sedang menunggu kiriman Lokomotif yang "baik baik saja" dari Stasiun Cirebon.

Soal lokomotif saya jadi inget sebuah cerita, momen di kereta api juga.

Waktu itu saya ngobrol sama pacar di kereta, and then I'm wondering how the Lokomotif bisa puter balik padahal mah saya udah ada di ujung stasiun dan ya memang gaada Rel Buat puter balik itu.

S: "Lho gimana ya caranya si lokomotif itu puter balik? padahal nggak ada jalan buat puterbaliknya?"
P: "Hmm kayaknya diangkat deh sama pegawai stasiunnya"
S: "Lho diangkat? Masa iya ? Berat banget dong?
P: "Iya lah, lha itu kamu liat deh nggak ada Rel buat muter lokomotifnya.. Gimana puter baliknya coba?
*saya manggut manggut, pake acara nanya lagi* "Hmm butuh berapa orang ya buat ngangkat lokomotif?

Lalu pacar saya ketawa sekeras kerasnya dan saya baru sadar kalau saya .. entah namanya apa. bego bukan?
Kemudian saya googling dan menemukan bahwa "Mana ada lokomotif diangkat angkat?"
Hahaaha.

Namun dengan terlambat atau tidaknya kereta api ini, Naik Kereta Api Gumarang menurut saya sudah bagus pelayanannya. Toilet juga layak untuk kebersihannya sudah ok.
Cuma 1. ac nya terlalu dingin euy.

You Might Also Like

75 tanda tangan

  1. Sekalinya perjalanan jauh palingan naik motor atau bus belum pernah gimana rasanya naik kereta, aduh kasian deh :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah coba sempetin suatu saat naik kereta kemana gitu.. deket deket aja ke bandung misalnya. Biar pernah wid

      Delete
  2. Karna sesungguhnya delay KRL jauh lebih menyebalkan, pake suka tau-tau berenti di perjalanan, katanya nunggu kereta lain berangkat dari stasiun. huft.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaa aku bukan pengguna kRL. Aku pengguna busway, kopaja, metromini, dan gojek jadi nggak tau deh rasanya kayak apa dib

      Delete
  3. Haaaa seru juga naik kereta api. Aku cuma beberapa kali naik kereta, itupun sepanjang perjalanan melahap buku :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha biasanya jalan jalan kemana mana pake apa kak rullah ?

      Delete
  4. aku pernah mengalami delay kereta api juga untungnya gak terlalu lama

    ReplyDelete
  5. tapi kalo pesawat mah sering banget delay, pernah pas mau kerja di Bali delay sampai 5 Jam, sedih :|

    Alhasil telat masuk kantor deh. Soalnya penerbangan pagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah itu mah nyebelin haha tapi ya mau gimana lagi ya sdh takdir.
      Takutnya kalo delay pas mau intrview kerja tuh, kalo telat ya.. yaudah hilang sudah kesempatan

      Delete
  6. Aduh bahaya loh neng naik kereta api nanti jatoh loh
    Lebih baik masuk ke dalam kereta apinya
    Sebenarnya ada 3 loh neng penyebab kereta api delay
    Satu laginya itu kereta apinya cape lari2an mulu di rel jadi dy istirahat sebentar mulihin tenaganya

    ReplyDelete
  7. WAktu ke Jawa dulu, pernah bbrp kali naik kereta api. Pernah juga mengalami delay bbrp kali. Bahkan pernah lebih dari 4 jam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sudah beberapa kali ya ? hmm emang delay wajarnya 1 jam kak mugniar ya ? jadi kalo masih range waktu segitu aku juga sering :D

      Delete
  8. Eh iya juga ya gimana caranya lokomotif bisa puter balik, googling ada gak ya?

    Bikin ngiri aja pacaran di kereta. Aku cuma 2 kali naik kereta, itu pun udah lama banget. Lagian mau kemana naik kereta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dong, ada beberapa cara memang.. tapi bukan di angkat angkat hehee

      Delete
  9. tulisannya keren, mulai dari kereta api, doraemon sampai nama maskapai penerbangan yang gagal sensor masuk semua. sampe bengong gara-gara mikirin gimana kereta api muter. hebat. salam satu jiwa mbak, sama-sama dari malang

    tepatnya gondanglegi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya. Salam satu jiwa. saya juga malang mas.

      Delete
    2. semoga bukan malang nasibnya tapi malang kotanya.. salam arema lagi. kok lum update tulisan nih

      Delete
  10. Hmm memang tidak mengenakan ya mbak apabila kereta api yang akan kita tumpangi delay, hmm pasti rasa kesal selalu ada dalam pikiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, capek . Tapi so far di bawa happy aja biar ga jadi beban, toh engga di buru buru waktu. :D

      Delete
  11. ahahahhaha apaan sih li...ituh meuni tulisan li on nya ga jadi kesensor wkwkwk

    nah, kalo ngambil foto yang baik baik disebar jadi viral sih aman
    klo pas moto orang dalam keadaan bagus ati ati juga say...hihihi
    delay kereta, belum pernah ngalamin sih
    yang jelas kalo udah di tengah tengah jalan trus pas mandeg di hutan...ada werewolf..huhuuuu serem *kok kayak film howl
    aku juga ngerasa kalo di kereta itu feel perjalanannya dapet ketimbang naik pesawat
    lah naik pesawat duduk 2 jem uda nyampe, humb..yang ada dalam batin ngedoa-doa karena phobia pesawat @sejak kejadian banyak pesawat ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang sekarang itu untuk menarik sesuatu untuk menjadi viral harus dipikir dulu yah kak, jangan sampai apa yang kita posting merujuk pada 'hate speech' yang jelas sekarang ada hukumannya apabila ketauan melakukan penghinaan atau pencemaran nama baik, dari sosmed atau media manapun.

      film howl?
      Aku baru googling itu film horror ya ? bagus engga ? jadi pengen nonton, aku nggak tau lho sebelumnya.

      Iya memang bencana bisa terjadi dimana mana sih kak mau kereta apa pesawat, yang penting pas berangkat jangan lupa doa biar selamat sampai tujuan :D

      Delete
  12. Eh jadi inget cincin, kmana yaa cincin nikahan :))
    Bu, si laili nih modus pulang naik kereta heheuu..
    Aku jg naik gumarang pas ke semarang, ngga tau delay apa ngga, tidur soalnya hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhooo emang ga dipake trus ya sama kak ucig ?
      heheh sst jangan di aduin doong :D

      Iya kereta gumarang memang berangkat malam. paling enak tidur biar tau tau udah sampe yah hehehe

      Delete
  13. Aku belum pernah naik kereta :p wkwkwkwk

    ReplyDelete
  14. Iya naik kereta api kayaknya rame kalo kayak di film 5 cm, bersama teman-teman.. kapan-kapan kita bisa naik kereta api bersama-sama nggak ?? hehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa. Kalo ada yang nyeponsorin liburan blogger gratis bareng bareng gitu sih gak papa

      Delete
  15. Aku malah pernah molornya sampai 6 jam. Bayangin 13 jam setengah di kereta dan gak bisa pup karena keretanya diam, huahahahaha *ngetik sambil nangis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa bingung kak sebenernya mau ketawa apa kasian. Ketawa dulu lah sebagai reflek baca ceritanya kak indi yang ini,
      lho kalau delay selama itu kenapa ngga ketoilet nya dulu aja ?

      Delete
  16. Aku jg suka naik kereta, tp yg eksekutif, haha mantjah..

    Tiap naik kereta dr Malang-Sidoarjo jam 7 pagi, muesti ngetem di Belimbing hampir sejam buat nungguin Bima.. zzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gakpapa aku juga mantjah, pernah pengen nyobain yang ekonomi malah di marahin. Kalau bisa beli yang eksekutif kenama mau menyiksa diri naik ekonomi, cewek.. sendirian lagi.. gitu katanya orang orang dirumah kak

      Malang sidoarjo kan deket yah, aku inget pernah naik kereta cuma 4 rb apa 8 rb gitu disana, haha murah banget. Andai kereta jakarta malang semurah itu,tiap hari PP aku *halah lebay

      Delete
  17. ngalamin kereta delay pas mudik lebaran bberapa tahun lalu.. hampir 4 jam..
    ternyata pas itu lagi ada laka kereta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kecelakaan ya ? jadi terganggu perjalannya.

      Delete
    2. iyaa,, gerbong keluar lintasan hehehe

      Delete
    3. Waah semoga kereta kereta api nanti tetap pada rel yang lurus.. amin

      Delete
  18. aku belum pernah naik kereta api,
    :D

    ReplyDelete
  19. perjalanan jauh naik kereta itu enggak banget kalau aku hahaha. kapok banget aku naik kereta sby ke jakarta. badan sakit semua terus kedinginan sepanjang perjalanan. terus toiletnya bauk. tapi kalau perjalanannya nggak lama mah oke banget tuh naik kereta. kemaren juga baru aja naik kereta. kena delay juga sik :p gapapalah namanya juga liburan dibawa seneng aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya selera orang memang beda beda kak.
      Iya kalau naik kereta emang harus pake baju anget karna ac nya super dingin, dalam satu gerbong bisa ada 6 AC yang di set 18-23 drajat celcius. Gimana nggak dingin haha.

      Toilet bauk itu kayaknya otomatis deh. Namanya juga kereta api hahaa. Yup di bawa seneng aja biar gajadi beban ya kak.

      Delete
  20. ya emang enak kalo ada temen naik kereta, kalo sendirian juga kan bisa cari temen alias kenalan.

    hmm apaan kok prcaya gitu aja.. hahahaa

    ReplyDelete
  21. Aku anak kereta bangeet kak, alhamdulillah belum pernah kena delay kereta.
    Tapiii seringnya nyaris ketinggalan kereta terus wkwkkw~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah yahh kamu gak ontime yaaa hahahaa
      Dasar, jadi kayak adegan film film mengejar kereta dong kalo telat

      Delete
  22. apalagi kalau KA yg ekonomi... delay nya pasti ada...
    hahhahaa...

    terakhir naik waktu ke Probolinggo... dari Purwokerto laamaaa banget perasaan...
    banyak delaynya... wahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang gitu.. karna yang eksekutif harus didulukan haha
      Delay banyak ? hmm mungkin itu hanya sekedar transit nunggu penumpang di setiap stasiun :D
      Kalo aku sih, delay paling lama ya gara gara lokomotifnya bermasalah ini

      Delete
  23. Naik kereta belum pernah huhuhu.
    Di Kalimantan Barat gak ada kereta :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh nanti lah katanya pak jokowi mau meratakan KAI Indonesia,, itu biar si Dara pernah naik kereta nantinya haha

      Delete
  24. Aku udah lama nggak naik kereta perjalanan jauh. Baru baru ini naik kapal dan punya pengalaman delay juga. Lucu ya hahaha, perjalanan menggunakan apapun ya tetap aja ada yang nggak on time

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheehee kayaknya emang budaya ya .. telat itu

      Delete
  25. Aiiih lucunya. Supaya bisa lama-lama sama pacar hehehehe :D

    ReplyDelete
  26. Wakakak ternyata selain cari yang murah, emang maunya biar bisa lama-lamaan sama pacar, yak. Sambil menyelam minum air. :)

    Lama banget itu sampe ada perbaikan. Paling mah kalo naek kelas ekonomi itu cuma nunggu di tengah jalan karena ada kereta lainnya yang mau lewat. Maklum, kudu ngalah.

    ReplyDelete
  27. Kalo bisa bagian "pacar saya" dihapus aja. Muahaha

    ReplyDelete
  28. Seumur Hidup belum pernah naek kereta api,, paling cuman liat doang,, lagi naek kereta juga kagak tahu kemana yang mau di tuju :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaah masa perjalanan gaada tujuan.. kasian sekali ckck

      Delete
  29. Bukankah AC yang dingin sangat bisa buat nyaman laili? Emangnya gak ada gitu tempat buat mengecilkan AC-nya. Minta dong, remotenya sama petugas.. XD

    Wah... ternyata kereta api bisa delay juga, ya? Sempet mikir aja, sih. 'Pasti karena rusak.' Bukan karena penumpang terlalu banyak. Ya, soalnyakan blm mau lebarang. :D

    Eh, serius. Gue sebagai orang yg jarang ketemu kereta Api, karena di Pekanbaru gak ada Kereta Api, sempet mikir juga. 'Emang ada gitu, Kereta Api dianggkat?' Ah... Rupanya Laili terllau polos. :D

    ReplyDelete
  30. Baru tau kalau kereta api juga bisa delay :'v
    Iyalah orang di Banjarmasin gak ada kereta... pernah sih naik kereta api tahun kemarin dari Jogja ke Surabaya buat ngejar pesawat, untung banget kemarin tepat waktu, padahal udah takut banget kalau ditinggal pesawat karena itu pertama kalinya gue naik kereta dan sendirian... -____-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalimantan bukannya akan di agendakan pembangunan kereta oleh pak jokowi yah dit ?
      *gue sok tau banget

      Nah kalau menurut gue.. memang kereta itu adalah jalan efektif setelah pesawat, cepet.. Jarang delay, kecuali kalau ada masalah kayak yang gue sebutin di atas

      Delete
  31. faktanya emang kalo udah malem, ac di kereta itu super dingin..
    aapalagi kalo delay gitu.. biasanya si minta dikecilin ke petugasnya atau nggak ya siapin jaket yang tebel biar bisa tidurrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huuh itu temen aku pakai celana pendek langsung trauma naik kereta api jarak jauh di malam hari hahahaa.
      Mana itu lagi dines, jadi ngga bawa slimut atau jaket tebel. Tp kalau pulang kampung mah, aku bawa slimut biasanya *bikin tas penuh aja*

      Delete
  32. Setuju! Seratus persen setuju kalo enakan naik kereta daripada pesawat. Meski lebih lama, tapi seengaknya gak bikin parno. :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha pernah dapet pengalaman parno di pesawat us ?

      Delete
  33. R%asanya naik kereta itu emang beda, sih. Btw, serem banget kejebaknya lama gitu :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tp kalau sama temen temen yg asyik mah.. lama pun tak apa apaa

      Delete
  34. Kok bisa ya? kayak lion air aja. hahahahah

    ReplyDelete
  35. Sempat di Pulai Jawa lebih dari 2 bulan. Jadi jago banget naek kereta api, kemana-mana sendiri nekat ajah xD akunya dari Aceh. Di sini ngga ada. Wkwkwkwkwk.. Apa-apa ya pesawat atau bus T,T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah aceeeeh.. pasti kak annisa ini keturunan hidung hidung mancuung :D

      Delete
  36. hikmah dari kereta delay : cieeee bisa lebih lama berdua ama mas nya............

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram