Review Fair N Pink Whitening Body Serum - Benarkah dapat memutihkan secara instan?

July 05, 2017


Pernah dengar atau lihat tentang testimoni artis mengenai produk Fair N Pink Whitening Body Serum ini di-instagram atau social media yang lainnya?
Saya sih sering..

Mulai dari artis yang kurang terkenal sampai artis yang terkenal banget, mulai mbak mbak yang cantik aja sampe mbak mbak yang cantik banget. Selalu ada aja yang promosiin produk ini.
Katanya sih ya, produk ini punya klaim bisa memutihkan kulit dalam sekejap alias instan pada pemakaian pertama dan kalau dipakai secara rutin akan membuat kulit putih permanen.

Gimmick marketingnya boleh juga ya?
Tapi mungkin bagi sebagian orang, hal ini malah terdengar serem ya kalau pemutihnya bisa instan gitu?

Meskipun takut takut, akhirnya saya penasaran juga. Kalau soal mencerahkan kulit, wanita mana sih yang ga pengen kulitnya cerah gitu biar kayak song hye kyo yang akhirnya bakal dinikahin sama song jong kii?

Well.. Karena saya penasaran, maka ter-belilah produk ini. Pengen ngebuktiin apa beneran Fair N Pink Whitening Body Serum ini bisa memutihkan kulit secara instan? 
Lalu apakah produk ini aman?
#KorbanIklan

Sekilas dari namanya saja saya sudah langsung paham kalau ini adalah produk lokal, karena nama produknya menggunakan penggunaan kata "and" yang disingkat jadi "n" aja gitu.
Harusnya Fair and Pink malah jadi Fair N Pink. Jadi inget masa smp ketika jaman alay suka singkat singkat huruf SMS.

Dan ya memang terbukti, setelah liat kemasan dan liat bagian belakang produk, disitu tertulis bahwa produk Fair N Pink Whitening Body Serum ini diproduksi oleh CV Citra Marvella, Bekasi. Yeay produk Lokal! Yeay aku cinta produk Indonesia!

Meskipun produk lokal, tapi menurut saya produk ini lumayan mahal karena harganya diatas 200ribu, tapi okelah isinya memang banyak yaitu 160 gram. Dan poin plusnya adalah produk ini sudah terdaftar di BPOM jadi gausah khawatir soal kandungan aneh aneh.


PACKAGING


Dengan kemasan dasar warna putih dan tulisan serta tutup botol flip warna pink fuschia, produk ini menurut saya lumayan eyecatching apaladi ditambah sama desain bunga bunga pink macam bunga fuji di jepang. 
Yha, walaupun ini produk indonesia punya tapi bunganya pakai bunga jepang, okela ya? 
Gapapa, karena bunga di Indonesia terlalu banyak macamnya jadi ga ada Icon yang saklek.
Yang menarik adalah bunga bangkai tapi ga cocok buat di pasang di produk kecantikan ya kan ya.



Pemilihan botol flip top yang terletak di bawah produk menurut saya kurang efektif karena saat pertama kali barang datang dan saya nggak tau kalau lotion ini berbentuk agak cair, maka saya asal buka aja gitu, eh muwncrat pemirsah. Lebih baik kalau memang bentuknya cair, harusnya tutup fliptopnya nggak terletak dibawah, biar nggak muwncrat pas dibuka.

Tekstur dari Lotion Fair N Pink Whitening Body Serum ini mirip foundation yang terlalu cair, jadi coklatnya mirip coklat foundation tapi lebih cair daripada foundation.

Alasan kenapa dinamai Serum adalah karena molekul pada produk ini lebih halus dan kecil jadi lebih cepat dan mudah masuk kedalam kulit  dan lebih efektif dibandingkan  penggunaan handbody lotion pada umumnya


Ingredients Fair N Pink Whitenng Body Serum :
Aqua, Stearic Acid, Cetyl Alcohol, Paraffinum Liquidum, Butylene Glycol, Arbutin, Citric Acid, Sodiym Sulfite, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentesa Extract, Paeonia Sffruticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phospate, Scutellaria Baicalensis Root Powder, Glutathione, C-12-15 Alkyl Benzoate, Titanium Dioxide, Alumunium Hydroxide, Triethanolamine, Aloe Barba densis Gel, Piper Bettle Leaf Oil, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Parfum, Cl 14700, Cl 19140, Phenoxyethanol, Methylparaben, Ethylparaben, Propylparaben, Butylparaben, Polyacrylamide, C13-14 Isoparaffin, Laureth-7.

Ingredients Fair N Pink Whitening body serum yang saya pertebal hurufnya diatas adalah ingredients alami dari tumbuhan dan bunga, jadi aman.  

lalu ada Paraffinum Liquidum yang merupakan nama lain dari mineral oil jadi ini yang bikin si lotion jadi agak cair. 
Fungsi mineral oil adalah sebagai pelembab (menghidrasi kulit). Namun mineral oil memiliki kelemahan, yaitu melembabkan secara berlebihan karena mineral oil menahan kadar air secara sangat efektif sehingga kulit menjadi terlalu lembab. Kalau kulit dasarnya kering, mineral oil sangat berguna karena mampu melembabkan. Tapi kalau kulit dasarnya berminyak atau mudah berkeringat, penggunaan mineral oil tidak terlalu dianjurkan karena akan terasa greasy.

Sedangkan bahan Utama untuk mencerahkan dalam produk Fair N pink ini jelasnya adalah Arbutin dan Glutathione. 
Arbutin berasal dari daun buah Bearberry, Cranberry dan tumbuhan Blueberry.
Glutathione adalah antioksidan.
Keduanya membantu memutihkan kulit karena menghambat produksi melanin.

Tapi yang bikin gemeteran adalah terlalu banyak macam paraben disana.
Well, sebenernya emang paraben itu semacam pengawet buat produk kosmetik tapi tetep harus dalam porsi yang kecil. Jika porsinya kecil dan masih dalam batas wajar, maka produk tersebut akan sah sah saja digunakan. 

Setelah cari cari info sana sini, ternyata memang paraben yang tercantum di Ingredients nya Fair N Pink ini adalah jenis ester yang diizinkan digunakan dalam kosmetik oleh Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia No: HK.00.05.42.1018.

Menurut YLKI Daftar bahan yang diizinkan digunakan dalam kosmetik dengan pembatasan dan persyaratan penggunaan diantaranya adalah penggunaan bahan paraben yaitu nama dagang dari 4-Hydroxybenzoic acid, its salt and esters dengan nomor ACD 12 di daftar pengawet. 

Dijelaskan bahwa  ester adalah methyl, ethyl, propyl, isopropyl, butyl, isobutyl, dan phenyl. Kadar maksimumnya 0,4 persen (asam) untuk ester tunggal serta 0,8 persen (asam) untuk ester campuran yang ditambahkan kedalam sediaan kosmetik dengan tujuan utama untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme (pengawet)

Perdebatan dan kontroversi tentang paraben di dunia perawatan dan kecantikan ini memang masih membingungkan sih. Ada yang bilang ini cuma gimmick marketing, tapi ada yang bilang memang beberapa jenis paraben diketahui dapat berubah menjadi racun apabila terpapar oleh sinar ultraviolet, antara lain metil dan etil paraben, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. Ada lagi yang menyatakan kalau paraben bukan pemicu kanker seperti jaminan yang dikeluarkan oleh The American Cancer Society yang sudah melakukan penelitian, FDA, Health Canada, dan The Personal Care Products Council.

Bagaimanapun memang harus tetap digunakan sesuai porsi saja, jika sudah menggunakan satu produk yang menggunakan paraben alangkah baiknya hindari produk lain yang mengandung paraben juga.


RESULT


Dan kira kira beginilah hasil sekali pakai dari Fair N Pink Whitening Body Serum.
Emang bener bener bikin langsung putih!

Pada saat diusap ke kulit, saya jadi mikir.
"Yaiyalah bikin putih seketika, orang emang teksturnya kayak foundation"
Disamping mungkin nanti ada bahan bahan yang bisa bikin putih atau mencerahkan, setidaknya dipemakaian pertama produk, pasti bakalan langsung putih karena kulit asli yang kecoklatan bakalan ketutup sama lotion dan akan berubah ngikutin warna si lotion.

KESIMPULAN

+ Saya suka karena kalau lagi kepepet dan butuh pemutih instan, bisa dipakai sekali kali misal diacara tertentu (biar gak belang belang amat).

- Tutup botol harusnya bentuk produknya nggak gitu karena teksturnya cair.

- Nggak bikin putih permanen, karena kalau nggak pakai lotion ini ya bakalan balik ke kulit asli. Hehehehe. Nggak usah ngarep banyak shay! 

Note : saya sudah pernah pakai ini rutin satu bulan, dan ketika nggak makai produk ini lagi. Ya sudah, welcome back my orginal skin :p
Niat repurchase?
Nggak ada, karena dari sini saya jadi punya ide misal produk ini udah abis dan butuh pemutih instan buat tangan atau kaki pakai aja foundie yang ada, karena kalau suka make up pasti foundinya lebih dari satu. Hihi

*Penutupannya rada menyebalkan ya?

You Might Also Like

8 tanda tangan

  1. jadi kesimpulannya seperti tinted moisturizer ya

    ReplyDelete
  2. Wah kulit jadi terlihat cerah ya, asyik banget!

    ReplyDelete
  3. keliatan bedanya yang make dan yang nggak :D
    tapi sama aja ya kalo misal ada bagian yang kena air atau engga ntar jatuhnya boleng boleng karena ngga bikin putih permanen :3

    ReplyDelete
  4. ooh jadi kaya pelapis aja ya.. tapi lumayan ya, instan putihnya bikin kita pede kalo kondangan hehe

    ReplyDelete
  5. Kayaknya yang bikin mahal karena dia udah keluar budget banyak buat endorse, haha.

    Dari ingredients n keterangan produknya aja kok keliatan kalau gak worth it. Produk profesyenel biasanya ngasi tau kandungan utama produk yg bikin produknya ini layak dicoba. Itu keterangan cuma diformulasikan khusus blablabla.

    ReplyDelete
  6. Hihihi nyobain di satu kai dan terlihat pas dibandingkan ya mbak?
    Boleh jg kyknya produknya TFS

    ReplyDelete
  7. mantap ini hahhaha, instan putihnya. Kalau pas ada acara yang mengharuskan ketemu temen banyak wkkwkwkw

    ReplyDelete
  8. mantab dah, semoga aja cocok sama kulit orang ndeso kayak saya nih ...

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram