Look At Me

a blog by Laili Umdatul Khoirurosida



Review Make up Series PAC - Professional Artist Cosmetics By Martha Tilaar


Menyambung posting sebelumnya tentang Two Face Make up collab BS x PAC, kali ini aku mau review secara lengkap tentang produk produk yang aku pakai sewaktu collab bareng BeautieSquad diacara Anniversary BS yang ke 2 tahun kemarin itu.


Flashback sedikit tentang look make up yang aku buat kemarin, yaitu Korean and Western Make up. Maksudnya gini : sisi wajah sebelah kananku bernuansa korea atau minimalis, sedangkan sisi wajah sebelah kiriku bernuansa western make up yang lebih terkesan bold and expressive looks.

Korean makeup ini mencerminkan makeupku yang sehari hari, sedangkan western makeup ini mencerminkan sisi stage make up dari diriku ini. Maksudnya, stage make up adalah intense make up yang digunakan performer diacara acara penting terntentu seperti tampil di panggung misalnya (yhaa panggung drama hidup ini).

Kalau udah baca postingku yang sebelumnya, pasti udah tau kalau produk yang aku pakai untuk membuat look tadi itu adalah produk dari PAC cosmetics. PAC adalah series professional make up dari marthatilaar. PAC sendiri adalah singkatan dari Professional Artist Cosmetics. Meskipun produk lokal, namun kualitasnya PAC ini sudah  tidak perlu diragukan lagi karena sudah setara International cosmetics (Luxury, Premium, High-end product).

Dan ini dia review produk yang aku pakai saat collab BS x PAC - Korean and Western Make up kemarin :

1. PAC Liquid Foundation - All Day Coverage Shade 03

 

Netto : 30 ml

Harga : Rp. 160.00,-

Claims :
Hide spots and other imperfections leaving your face soft and smooth. Containts antioxidant, sunscreen agent, and chamomile extract to provide protection for your face. For daily use.
Menyamarkan noda dengan lembut merata. Mengandung antioksidan, sunscreen agent dan chamomile extract untuk melindungi kulit wajah. Untuk pemakaian sehari hari.




Review :
Sebetulnya foundation ini terdiri dari 4 shade yaitu dari shade 1, 2, 3, 4.
Kali ini aku dapet salah satu shade yaitu shade nomor 3.  Saya kira bakalan terlalu terang gitu, ternyata enggak karena waktu si foundation ini dipakai beberapa jam, warnanya nyatu banget sama kulit wajah. (Oksidasinya pas banget buat wajah ku).

Complexion dari si foundation PAC All day coverage ini adalah extra coverage (medium to full coverage). Waktu diswatch ditanganku, warna urat nadiku langsung tertutupi dengan baik.
Hmm bener bener oke nih coveragenya untuk sehari hari (bahasa gaulnya sih Ultra HD make up).

Kadang kalau foundation yang medium to full coverage itu terasa berat diwajahku ini (karena ga biasa pakai foundation sehari hari), tapi untungnya si PAC all day coverage ini ringan gitulho nggak ndempul rasanya. Suprisingly, ini cocok banget sama kondisi kulit aku yang normal to comby jadinya no cracky deh dibagian hidung. Dengan begitu, maka foundation ini sukses menjadi foundation yang long lasting diwajah aku. Biasanya jika tidak cocok dengan sebuah foundation, belum 1 jam complexionnya udah bubar, dibagian hidung apalagi.



Packaging :
Foundation ini ada dalam tube kaca yang sepertinya gampang pecah jadi harus hati hati kalau pakai nanti. Diatasnya ada pump yang menurutku mudah sekali digunakan. Sekali pump, maka akan keluar foundation sesuai takaran pumpnya. Tidak ada penutup pump untuk foundation ini, tapi ada fungsi lock di pumpnya, jadi aman deh kalau udah selesai dipakai tinggal di  lock.

Ohya! expired datenya tidak tertera dibagian botol foundation, expired datenya ada dibagian box saja. Maka dari itu, sebagai pengingatmu nanti jangan dibuang box foundationnya, atau kalau mau simple, ya dikasih catatan dibagian botol foundation supaya ingat kapan expirednya.



Ingredients : 
Water, Cyclotetrasiloxane, PEG/PPG-18/18 dimethicone, Cyclopentasiloxane, Titanium dioxide, Aluminum hydroxide, Hydrogen dimethicone, Cyclohexasiloxane, Propylene glycol, PPG-3 benzyl ether myristate, Polymethyl methacrylate, Isononyl isononanoate, Sodium chloride, Dimethicone/Vinyl dimethicone crosspolymer, C12-14 pareth-12, Acrylates/Ethyhexyl acrylate crosspolymer, Silica, Zinc oxide, Talc, Dimethicone/Methicone copolymer, PTFE, Polypropylene, Lauryl methacrylate/Glycol dimethacrylate crosspolymer, Acrylamide/Sodium acryloyldimethyltaurate copolymer, C13-14 isoparaffin, Laureth-7, Tocopheryl acetate, Phenoxyethanol, Quaternium-18 hectorite, Ethylhexyl methoxycinnamate, Benzophenone-3 (Oxybenzone), Simmondsia chinensis (Jojoba) seed oil, Persea gratissina (avocado) oil, Cetearyl alcohol, Ceteareth-20, Bisabolol, Farnesol, Chlorphenesin, Tetrasodium EDTA, Chamomilla recutita flower water, PEG-40 hydrogenated castor oil, Trideceth-9, Decylene glycol, 1,2-Hexanediol, Pentaerythrityl tetra-di-t-butyl,hydroxyhydrocinnamate, Fragrance, Methicone, Triethoxycaprylylsilane.

2. PAC Loose Powder

Netto : 25 gr

Harga : Rp. 176.000 - Rp. 209.900


Claims :
A transparaent Loose Powder that absorbs ecess oil. Contains moisturizer, antioxidant, and sunscreen agent to protect your face. 
Bedak transparan yang menyerap kelebihan minyak pada wajah. Mengandung pelembab, antioksidan dan sunscreen agent yang berfungsi melindungi wajah.

Untuk menghaluskan dan melembutkan tampilan kulit, menjadikan kulit wajah terlihat halus, menyerap kelebihan minyak pada kulit, memiliki butiran yang halus serta menyatu dengan kulit. Memiliki 4 shades yaitu 01, 02, 03, 04, 05, 06.



Review :
Sebetulnya aku bingung sih sama loose powder ini. Kenapa?
Karena kalau ku pakai sebagai bedak untuk baking concealer dibawah mata agak kurang cocok, bedak ini sedikit glittery gitu sedangkan bedak untuk baking concealer dibawah mata aku lebih suka pakai bedak translucent  atau matte gitu.
Akhirnya aku pakai bedak ini sebagai finishing semua make up, namun sebelum bedak padat.
Warnanya sedikit coklat tapi memilik unsur undertone pink gitu.
Meskipun sedikit coklat pink, tapi warnanya masuk masuk aja kok dikulitku. Dan tentunya memang bisa bikin alus wajah kita.

Yang terpenting, meskipun dipakai diakhir akhir, bedak ini menyatu dengan makeup (tidak menggumpal).

Pernah juga kupakai sebagai bedak tanpa base primer maupun foundation, alias kupakai langsung diatas sunscreen, bagus bagus aja lho !
psst. shimmerynya bikin wajah lebih glowing.




Packaging : 
Packagingnya khas PAC banget lha ya, kotak dan hitam.
Gede!
tentu hahaa.
Jadi tidak bisa dibawa bawa traveling.
Sedih banget karena kadang bedaknya bertaburan kemana mana kalau waktu ngebuka terlalu bersemangat kayak aku hahaa.

Ingredients :
Mica, Methicone, Talc, Aluminum starch octenylsuccinate, Polymethyl methacrylate, Lauroyl lysine, Zinc stearate, Titanium dioxide, Kaolin, Silica, Magnesium carbonate, Squalane, Ethylhexyl stearate, C9-15 fluoroalcohol phosphate, Zinc oxide, Tocopheryl acetate, Bisabolol, Farnesol, Propylparabe.

3. PAC Eyeliner White

Netto : 1,05 g (0,037 oz)

Harga : Rp. 119.900,-

Claims : Pensil untuk tata rias mata yang atraktif dan membuat mata tampak lebih lebar.




Review : 
Pertamakali swatch ditangan langsung amazed gitu karena eyeliner putih dari PAC ini pigmented, dan tentunya oke banget waktu di aplikasikan dimata. Pensilnya empuk enggak keras, jadi waktu diaplikasikan tidak sakit.
Aku aplikasikan dibagian kelopak maya dalam (yang bawah). 
Biasanya dibagian mata yang ada beleknya, nah itu da tuh disitu... terus ditarik kesamping.
Kalau beauty vlogger sih sebutnya di area "waterline" mata.

Tips aplikasi : gunakan pada garis mata dari luar dan kedalam 
(semakin ke dalam semakin tipis) 
Kayak di bawah ini



Ingredients :
Cl 77891, C10-18 Triglycerides, Mica, Hidrogenated vegetable oil, Caprylic/Capric triglyceride, Rhus succedanea fruit cera, Talc, Tocopherol, Ascorbyl palmitate.

Packaging :
Jarang jarang ada eyeliner yang dibungkus box begitu.
Terharu aku tu.

4. PAC District-X Eyeshadow

Netto : 4g (0,14 oz)

Harga : Rp. 98.900,-

Claims :
Gently accentuates the natural countours of eye.
Lembut berkaratker untuk menyempurnakan riasan mata anda. 

Mengandung antioksidan & sunscreen agent, mudah diaplikasikan bahkan untuk pemula. Hasil akhir dengan warna yang intense, namun terlihat lembut serta mudah dibaur. Tahan lama, bahkan di perubahan suhu yang extreme. Bisa digunakan untuk eyeliner atau under eye. Tersedia kemasan refill dengan 10 pilihan warna.




Review :
Produk single eyeshadow PAC District X yang aku coba adalah dua shade, yaitu shade V for Violet (ungu) dan shade Ladies Night (Biru). Kedua warnanya memiliki pigmented formula walau hanya sekali swatch ditangan.
Waktu diaplikasikan di Mata, sebetulnya tanpa primer pun warnanya sudah keluar alias pigmented. Namun jika sebelum pengaplikasian eyeshadow ini pakai primer eyeshadow terlebih dahulu, beuuh makin cakep warnanya asli deh.

Packaging :
Ya tidak bisa berkomentar apa apa soal packaging karena produk ini adalah single eyeshadow dimana bentuknya adalah bentuk refill. Jadi ya dibalut box dan plastik mika gitu. Sebenernya sih PAC single eyeshadow series District X ini ada tempat khusunya tersendiri untuk menempatkan si single eyeshadow ini supaya rapih, namun sayangnya saya tidak punya.


5. PAC Eyeshadow pencil glamour Black Shade (Gold & Black)


Netto : 2,98 g (0,105 oz)

Harga : Rp. 176.000,-


Claims :
A creamy smooth dual eyeshadow pencil, long-wearing & easy application. It can be used for eyeliner, highlighting and the ideal base for layering with powder eyeshadow for increased color intencity.
 Pensil eyeshadiw dua warna bertekstur cream yang lembut, tahan lama dan mudah diaplikasikan. Dapat juga digunakan sebagai eyeliner, highlight. dan sebagai dasar sebelum penggunaan eyeshadow powder untuk hasil yang lebih intens.
Keunggulan produk ini adalah waterproof, smudge proof, dan tahan lama. Tersedia dalam 8 pilihan warna.





Review :


THIS ONE IS MY FAVORITE! FOR SURE!

Cara aplikasinya pun sangat sangat mudah kayak nulis dikertas, tapi ya bedanya ini lagi nulis dikelopak mata hehe. Aku biasanya cukup swipe 2 kali aja pakai si pensil yang gold, warnanya udah jreng dan bikin mata langsung seger. Dibagian ujung ditotol yang eyeshadow pencil warna hitam lalu diblend pakai jari atau kuas eyeshadow khusus blending.
Warna hitamnya pekat banget, bener bener pigmented. Kalau buat face paint yang gambar gambar diwajah itu asik banget pakai sisi yang warna hitamnya ini.

Sayangnya, harus pelan pelan penggunaannya nih supaya tidak patah eyeshadow pencilnya.
Kemarin sewaktu terlalu bersemangat swatch ditangan, eh eyeshadow pencilnya yang warna hitam langsung patah. (ini karena eyeshadow pencilnya juga empuk banget, jadi enggak sakit waktu diaplikasikan di kelopak mata). Ini juga awet banget alias punya longlasting formula, waktu itu kupake buat fotosession dari pagi sampe sore tetep stay there well. (padahal kelopak mata aku ini juga gampang keringetan gitu).



Packaging :
Karena bentuknya pensil, jadi ini tuh enak dibawa bawa ditas (masuk pouch makeup yang emang dibawa setiap hari). Dan tentunya aku suka sama eyeshadow pencil ini. (ps : ini eyeshadow pencil pertama yang aku coba dan aku langsung excited karena sesuka itu, sejatuh cinta itu).

Ingredients :
Stearyl dimethicone, Caprylic/Capric triglyceride, Kaolin, Trimethylsiloxysilicate, Hydrogenated palm glycerides, Micro rystalline cera, Polyglyceryl-3 methylglucose distearate, Synthetic wax, Talc, Tocopherol, Methylparaben, Propyparaben, Polyethylene, Ascorbyl palmitate, BHT.

6. PAC Mascara

Netto : 9 g

Harga :  Rp. 155.000,-

Claims :
Long lasting mascara that makes your lashes look longer and curlier. Proffesional fast drying formulation gives definition to the lashes and eyes.
Bulu mata terkesan lebih panjang. Mudah digunakan dan cepat kering.

 



Review:
Mascara ini memang cepat kering dan tidak beleber, kemarin waktu nyobain ini nyoba kedip eh langsung kering dong. Terharu. Apalagi ini juga waterprof.
Kebiasaan buruk ku kalau lagi pakai maskara adalah, belum kering mascara udah kedip dengan bar bar alhasil si maskara nempel dibagian bawah mata.

Menrut ku mascara PAC ini cukup membuat tebal sibulumata ku ini, tapai kalau soal bikin keliatan panjang sih engga karena memang bulu mataku sependek pendek itu. (sedang proses penumbuhan bulu mata akibat kemarin bulu mata gundul hahaha). Tapi setidaknya waktu pakai mascara ini, korean look yang aku buat kemarin terlihat lebih segar karena bulu mataku TERLIHAT ada.
 
Hihihi.

Ini bukan salah si maskara btw, ini salah bulu mataku yang memang pernah gunduk akibat kucabutin.
Jangan di contoh yaaaa.

Packaging : 
Of course black. Like the others PACs Product .

Ingredients :
Isododecane, Copernicia cerifera cera, Aqua, Candelilla cera, Lanolin acid, Paraffin, Cera alba, Propylene glycol, Aluminum stearate, Potassium carbonate, Phenoxyethanol, Methylparaben, Propylparaben, Cl 77499

7.  PAC Satin Matte Lipcream Shade Cherry & Chocolate.

Netto : 3 g

Harga :  Rp. 110.000,-

Claims : 
lip cream dengan finish look satin (tidak matte), Keunggulan produk adalah bibir terasa ringan seperti tidak pakai lip produk, high coverage, memiliki warna yang intense, long lasting, waterproof, formula lebih lembut dan no cracking. Produk ini mengandung UV Protection, Moisturizer complex, bisabolol (sebagai anti iritan) sehingga aman untuk bibir yang sensitif, Vit E sebagai antioksidan, film former sehingga long lasting. Tersedia 7 pilihan warna.




Review :
Lip cream ini menurutku pas karena tidak terlalu glossy. Satin finish-nya itu pas gitu lho gaes semoga paham maksudku. Tekstur finish kayak gini tuh aku suka karena ada weightless sensation-nya (nggak berat dibibir sis). Kalau untuk transfer sih sedikit transfer ya, tentusaja lhaa kan satin bukan matte. Namun waktu minum atau makan yang ringan ringan, lipstick ini cukup awet kok. Waktu dipakai ngantor, dari jam 8 - 12 aman aman aja lho, padahal aku sarapan pagi pakai bubur ayam. Hehe.
Dua warna yang aku coba ini pas banget dibuat ombre looks.

Packaging :
Kaca doff dengan tulisan PAC, tutup warna hitam khas PAC.
Box of course warna hitam khas PAC juga.

Ingredients :
Caprylic/Capric triglyceride isododecane, Pentaerythrityl tetraisostearate, Dimethicone, Trimethylsiloxysilicate, Methyl methacrylate crosspolymer, Silica dimethyl silylate, Aluminum calcium sodium silicate, Silica, Talc, Kaolin, Alumina, Cera alba, Flavor, Ethylhexyl methoxycinnamate, Helianthus annuus (Sunflower) seed oil, Zea mays (Corn) oil, Sesamum indicum (Sesame) seed, Macadamia integrifolia seed oil, Olea europaea (Olive) fruit oil, TBHQ, Bidens pilosa extract, Elaeis guineensis (Palm) oil, Gossypium herbaceum (cotton) seed oil, Linum usitatissimum (Linseed) seed oil, Tocopherol, Tocopherol acetate, Disteardimonium hectorite, Propylene carbonate, Phenoxyethanol, Bisabolol, Farnesol, Decylene glycol, Tourmaline, Pentaerythrityl tetra-di-t-butyl hydroxyhydrocinnamate, Tin oxide, Colophonium.


Nah sekian dulu review make up series PAC - Professional Artist Cosmetics By Martha Tilaar dari aku, semoga bermanfaat ya !


Ps : Semua produk PAC marthatilaar ini di tes dermatology serta No Animal Testing.
Terlebih lagi, make up ini adalah halal cosmetics (keterangan bisa di lihat disini)

 for further information about PAC Martha Tilaar

Comments

  1. Wewwww.... Pac ternyata harganya lumayan wao ya, namanya juga profesional.
    Betewe, akan lebih baik sebenarnya kalau postingannya dipisah, per item gitu, jadi yang baca lebih fokus.
    Dan bisa dapat beberapa postingan, nulisnya sekaligus aja, nanti di postingnya atur jadwal.
    Keren tuh.

    Btw saya kok pengen loose powdernya ya, tapi sayang gede banget ya hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

back to top