Look At Me

a blog by Laili Umdatul Khoirurosida



Review Catrice cosmetics - Make up dengan produk terbaru catrice 2019


Hai girls!
Hai beauties!

Hellaaaaw good peeps!


Di awal tahun ini, saya lagi mujur banget karena dapat kado dari catrice cosmetics x beautynesia berupa seperangkat kosmetik lengkap dari catrice. Karena awal tahun ini saya ulang tahun, maka boleh lah saya anggap ini kado ulang tahun dari catrcie (cie). 

Eh, disclaimer dulu nih. 
Meskipun produk ini adalah sebuah "gift", please nggak usah tanya tanya "Emang beneran bagus? Emang iya?


let me tell you...  "I will give my honest review darling".





Ngomong ngomong soal catrice, udah pada ngerti belum sih merk produk makeup catrice ini ?

Jadi gini sis..

Catrice adalah sebuah brand kosmetik yang berasal dari jerman  (manufactured by Ancorotti Cosmetics Srl- Italy for Cosnova GmbH Germany).
Sejak tahun 2016 catrice mulai dikenalkan di Indonesia oleh PT. Natura Globalindo dan jadilah Catrice sebagai produk kosmetik pendatang baru yang bikin penasaran untuk dicoba. 

Meskipun produk ini berasal dari luar negri, produk catrice masuk kedalam produk kosmetik dengan harga terjangkau dan tentunya berkualitas. Eh, tapi ini soal harga ini kadang relative ya, yang menurut saya murah bisa aja masih mahal untuk mahasiswa tapi kalau untuk ukuran Make Up Artist dan yang udah kerja ya ini masih terjangkaulah. Selain terjangkau harganya, produknya juga mudah didapatkan contohnya ada di guardian atau sociolla. 




Produk produk catrice cosmetics yang saya coba adalah :

1. Catrice the blazing bronze collection  (Eyeshadow Pallete 010 - Call it what you want) - Rp. 95.000

Pertama tama mari kita bahas mengenai produk make up yang akan digunakan dimata yaitu eyeshadow. Eyeshadow ini sekilas warnanya natural, tapi bisa juga bold. Pas banget lah untuk yang suka make up natural sehari hari, tapi di suasana tertentu bisa juga dipakai untuk make up bold misalnya untuk ke kondangan. Kalau mau makeup natural pakai warna coklat muda dan coklat tua, kalau mau boldpakai perpaduan warna coklat muda, orange, dan plum.



Netto : 10g.

PAO (Period After Opening) = 24 Months.

Ingredients : Talc, Mica, CI 77891, Synthetic Fluorphlogopite, CI 77491, CI 77499, Nylon-12, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Polypropylene, CI 77007, Octyldodecyl stearoyl stearate, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Silica, Zinc Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, CI 75470, Polyethylene, Diisostearyl Malate, Stearyl Dimethicone, Caprylyl glycol, Dehydroacetic acid, CI 77492, Phenoxyethanol, octadecene, PTFE, Hexylene Glycol, Disodium EDTA, Triolein, Tin Oxide, Maltodextrin, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Hexyl Laurate, Polyglyceryl-4 Isostearate, Lecithin, Tocopherol, Ascorbyl palmitate, Citric acid.

Cara kegunaan : 
  1. Aplikasikan highlighting pada bagian bawah alis
  2. Warna terang dan medium pada bagian kelopak mata
  3. Warna yang gelap pada sudut mata
  4. Contouring - > membentuk dan mempertegas bulu mata
Review :

On hand



Saat swatch ditangan, saya kaget karena eyeshadow catrice ini cukup pigmented. Hanya dengan sekali colek pada pallete, dan sekali swatch pada tangan saya, ternyata warannya sudah "nyata". Nggak perlu berkali kali gosok untuk membuat warnanya "terlihat".

Meskipun cukup pigmented saat swatch ditangan, saya tidak mau berharap banyak dulu karena biasanya swatch ditangan dan pengaplikasian dimata berbeda.

Untungya...
Di mata juga pigmented kok meskipun saya tidak pakai base atau primer eyeshadow.

Untuk fall outnya ada, namun tidak banyak sehingga menurut saya pallete eyeshadow catrice ini recomended untuk dicoba apalagi untuk pemula makeup yang ingin belajar pakai eyeshadow. Warnanya juga cocok untuk beberapa suasana.

Kalau ingin warna natural, tinggal pakai eyeshadow yang coklat coklat natural.
Kalau ingin lebih glam sedikit, tinggal tambahkan eyeshadow yang pink, burgundy, coklat tua, dan hitam.

And oh yes, this is the final look on my eyes




2. Catrice the Little Black One Volume Mascara (Waterproof 010 Like Jackie O) - Rp. 88.000


Masih tentang produk catrice yang dipakai diarea mata, yaitu mascara. Mascara dengan packaging hitam biru ini cukup menyita perhatian saya karena dari sekian banyak produk yang saya dapat dari catrice ini, mascara ini adalah satu-satunya produk yang berwarna biru. 





Netto : 11 ml.

PAO (Period After Opening) = 6 Months.

Ingredients : Aqua, CI 77499, Copernicia Cerifera Wax Glyceryl Stearate, Acrylates Copolymer, Cera Microcristallina palmitic acid stearic acid euphorbia cerifera wax, Butylene glycol, C12-16Alchohols, Rincinus communis seed oil, Aminomethyl, Propano Polyvinyl Alcohol, Sodium Dehydroacetate, Lecithin, Caprylyl Glycol, 1.2-Hexanediol, Phenoxyetheanol, Tocopherol, Acorbyl Palmiate, Tropolone. Citric Acid.

Review :

Untuk kualitas mascara catrice, saya selalu suka lah karena nggak main main untuk volumizingnya meskipun bulumata saya sedikit (karena kebiasaan buruk saya adalah mencabut bulu mata - please dont do this at home). 

Brush mascara ini lurus dan sedikit curve. Bentuk brush mascara seperti ini memang khusus untuk membuat bulu mata lebih bervolume, syukur syukur kalau bulumatanya panjang bisa jadi curly atau lebih lentik. Dalam kasus saya, karena bulu mata saya sedikit dan tipis, maka hasil bulu mata bervolume saja sudah cukup, saya tidak bisa memaksakan untuk membuat bulu mata saya lentik menggunakan mascara ini karena ya memang bulu mata saya pendek begitu.

Sayangnya untuk claim waterproof mascara ini, saya kurang setuju.
Saat wudhu, mascara ini luntur juga kok. Meskipun luntur, tapi tentunya tidak beleber kemana mana, masih bisa dibersihkan pakai tissue jadi praktis.
Kalau mau terlihat lebih volumizing lagi, tinggal reapply saja.


3. Catrice Brow Colorist semi - permanent brow mascara (010 light) - Rp. 75.000





Netto : 3,8 ml

PAO (Period After Opening) : 6 Months

Ingredients : (Not Found)

Review : Wah ini saya baru pertamakali pake brow mascara nih. Hahhaa.
Biasanya sudah ngerasa sombong karena rambut alis sudah ada jadi nggak perlu brow mascara.
Ternyata brow mascara ini membuat proses ngalisku lebih paripurna. Kenapa?

Jadi gini.

Rambut alisku ini warnanya hitam.
setiap kali ngalis, saya selalu menghindari warna hitam karena kalau pakai pensil alis warna hitam itu menurut saya terlalu medhok (karena rambut alis sudah hitam, ditambah pensil alis hitam pula). Akhirnya selama ini saya pakai pensil alis warna coklat saja.

Sayangnya, karena warna coklat ketemu rambut alis warna hitam, kadang kalau nggak bener ngalisnya.. malah keliatan bedanya.

Repot ya?
Iya memang sahabat, ngalis itu merepotkan.
Semenjak pakai brow mascara dari catrice, problem ngalis saya jadi lebih mudah karena saya tetap ngalis pakai pensil alis warna coklat, dan rambut alis saya kalau dikasih brow mascara ini jadi lebih nyatu sama warna pensil alis. Begidu.

Apakah curhatan sesi alis ini cukup panjang?

4. Catrice Light Correcting Serum Primer (Sunlight) - Rp. 88.000




Netto : 14 ml.

PAO (Period After Opening) = 6 Months

Ingredients : Aqua, Propylene Glycol, Mica, CI 77891, CI 77491, Caprylyl Glycol, Glyceryl Stearate, Phenoxyethanol, Oleyl Alcohol, Magnesium Alumunum Silicate Stearic Acid, Hexylene Glycol, Fragrance, Ethylhexylglycerin, Carbomer, Hexyl Cinnamal, Tin Oxide, Potassium Hydroxide, Linalool.   

Review: 

Serum ini bertekstur bling bling, jadi sewaktu diaplikasikan pasti wajah berubah jadi gold begitu. Tenang saja, setelah ditimpa foundation, wajah akan berubah normal kembali dan lebih mengesankan glowing. Kalau foundation matte, pas banget dipake sama serum ini karena saya sendiri tidak suka foundation yang dead matte begitu. Kemarin sempat pakaikan serum ini ke client yang mau lamaran, glowingnya jadi bagus banget lho dikombinasikan dengan foundation matte.

Untuk ketahanan, setelah saya coba maka serum ini membuat complexion lebih awet 2-3 jam daripada biasanya. 


5. Catrice Prime and Fine Poreless Blur Primer (Goodbye Pores) - Rp. 88.000



Netto : 30 ml

PAO (Period After Opening) = 6 Months.

Ingredients : Dimethicone, Cetearyl Dimethicone Crosspolyer, Tapioca Starch, Aqua (Water), Polymethylsilsesquioxane, Decylene Glycol, BHT, Triethoxcaprylylsilane, Phenoxyethanol, CI 77491 (Iron Oxides), CI 77492 (Iron Oxides), CI 77891 (Titanium Dioxide).

Review : Masih tentang primer, primer ini saya gunakan sebelum menggunakan primer sunlight diatas. Primer ini memberikan kesan menutupi pori pori (terlebih dihidung). Jika biasanya makeup di hidung cepat bubar karena oily dan keringat, maka dengan menggunakan primer ini, semuanya bisa teratasi (no more make up bubar karena oili). Untuk ketahanannya lumayan sih 5 jam masih oke, selebihnya tetepp yah bubar juga apalagi kalau sering sering blotting menggunakan kertas minyak maupun tissue.

6. Catrice Insta to go Blur Stick - Rp. 88.000




Netto : 4 g

PAO (Period After Opening) : 12 Months

Ingredients : caprylic/capric triglyceride, isostearyl, isostearate, ethylhexyl palmitate, isopropyl myristate, silica, polyethylene, methyl methacrylate crosspolymer, myristyl lactate, HDI/Trimethylol hexyllactone crosspoplymer, polymethyl methacrylate, dimethicone/vinyl dimethicone crosspolymer, talc, ozokerite, cocos nucifera fruit extract, CI77891, Tocopheryl acetate, CI77492, CI77491, CI7499, Tocopherol, BHT. 

Review : Saya menggunakan produk ini untuk kerutan mata dan smile lines.
Ajaibnya, produk ini cukup membantu menutupi kerutan kerutan itu. 
Tapi hanya menutupi ya, bukan menghilangkan.
Setelah 5-6 jam makeup, maka smile line dan kerutan mata akibat senyum senyum pasti bakalan kelihatan juga.


7. Catrice Blush Box Water + Sweat Proof - 060 Bronze - Rp. 73.000






Netto : 6 gr.

PAO (Period After Opening) : 18 Months

Ingredients : Talc, Dimethicon, Zea mays Starch, Zinc Stearate, Mica, CI 77891, CI 77491, Triethylhexanoin, CI 77492, CI 77499, Silica, Phenoxyethanol, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Decylene Glycol, Hydrated Silica, VP/Hexadecene Copolymer, CI 19140, Dimethiconol, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Isononyl Isononanoate, Zea Mays Germ Oil, CI 15850, Tin Oxide, Camellia Sinesis Leaf Extract, Tocopheryl Acetate.

Review :



Biasanya saya selalu pakai blush on warna pink karena kalau pakai warna coklat takut terlihat buluk.
Eh pas coba blush warna coklat (ke oren orenan) dari catrice ini, saya jadi merubah haluan dari tim blush pink ke tim blus oren.

Karena coklat ke oren oren an dari blush ini sangat natural pas untuk sehari hari.
Nggak medok.
Tapi cukup bikin wajah terlihat segar.

Saat diaplikasikan diatas complexion makeup, blushnya nyatu banget sama complexion makeup ku. Seneng banget nyobain warna blush yang sebelumnya belum pernah aku coba, eh ternyata cocok!


8. Catrice Prime and Fine Make up transform Drops (Lightening and Darkening) - Rp. 73.000




Netto : @ 15 Ml

PAO (Period After Opening) : 6 Months

Ingredients : 

Seri Brightening
Aqua, Isododecane, CI 77891, Polymethyl Methacrylate, Cetyl PEG/PPG-10/1, Dimethicone, Hydrogenated Tetradecentyl/Methyloentadecene, Mica, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Propylene Glycol, Glycerin, Isononyl Isononanoate, Disteardimonium hectorte, Polyglyceryl-4, Isostearate, Hexyl Laurate, Sodium Chloride, Phenoxyethanol, CI 77492, Triethoxycaprylylylsilane, Ethylhexyglycerin, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol, Sodium Phytate, CI 77491, Alcohol.


Seri Darkening
Aqua, Isododecane, Cetyl PEG/PPG-10/1, Dimethicone, Polymethyl methacrylate, Hydrogenated Tetradecentyl/Methyloentadecene, Mica, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Propylene Glycol, Glycerin, Isononyl Isononanoate, CI 77492, CI 77891, Polyglyceryl-4, Isostearate, Hexyl Laurate, Disteardimonium hectorte, CI 77491, Sodium Chloride, CI 77499, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylylsilane, Ethylhexyglycerin, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol, Sodium Phytate, Alcohol.

Review : 


Si transformer drop ini adalah salah satu solusi makeup hemat tahun 2019. 

Kalau makeupin orang jadi nggak perlu punya semua shade foundation, karena bisa diatur gelap terangnya menggunakan produk ini.
Brilliant untuk catrice!

Swatch diatas adalah contoh pengaplikasian si transformer dropsnya catrice terhadap sebuah foundation yang saya punya. Yang atas saya teteskan transformer drops yang darkening, yang bawah saya teteskan transformer drops yang brightening. Cukup terlihat perbedaannya kan?

Untuk formula complexion makeup setelah ditetes transformer drops ini menurut saya sama saja tidak ada yang berubah. 


9. Catrice Light Illusion Loose Powder (Yellow Matt) - Rp. 100.000




Netto : 11 gr

PAO (Period After Opening) : 18 Months

Ingredients : Aluminum Starch Octenylsuccinate, Talc, Illite, Calcium sodium Borosilicate, Tin Oxide, Phenoxyethanol, Sodium Dehydroacetate, CI 77492 (Iron Dioxide), CI 77891 (Titanium Dioxide). 

Review : Dari warnanya saja udah unik karena kuning, saya kira bakalan kuning diwajah ternyata enggak. Bedak ini lebih ke warna translucent kalau sudah diaplikasikan diwajah. Saya pakai powder ini untuk setting bawah mata saya setelah pakai concealer, atau kalau lagi pengen wajah matte untuk sehari hari, biasanya saya pakai setelah pengaplikasian sunscreen.


10. Catrice Glowdoscope Highlighter Pallete (010 glow n go) - Rp. 88.000




Netto : 6 Gr

PAO (Period After Opening) : 18 Months

Ingredients : Dimethicone, Mica, CI 77891, Trimethylsiloxysilicate, Polymethyl Methacrylate, Polyethylene, CI 77491, Silica, Phenoxyethanol, Tocopheryl Acetate, CI 77499.

Review : 
Memang sih highlighter itu perlu menyesuaikan warna atau tone wajah masing masing. Kurang lebih seperti ini :



Hope its clear enough ya!

Kalo saya sendiri paling suka highlighter nomor 1 dari kiri, dan yang tengah.
Tapi untuk makeupin orang lain yang warna kulitnya beda beda, saya tentu akan sangat terbantu dengan pallete highlighter catrice ini karena semua warna highlighter ada.

Ohya, karena ini highlighternya bentuknya basah, saya lebih suka aplikasikan kewajah menggunakan jari jari tangan saja. 


11. Catrice Arctic Glow Highlighting Powder (010 - Jupiter's Glow) - Rp. 95.000




Netto : 8 gr

PAO (Period After Opening) : 18 Months

Ingredients : Mica, Talc, CI 77891, Synthetic Fluorphlogpite, Dimethicone, Isopropyl Palmitate, Polysorbate 20, Acrylamides/Sodium Acryloyldimethyltaurate copolymer, Magnesium Aluminum Silicate, Octyldodecyl stearoyl Stearate, Cetearyl Ethylhexanoate, Caprylyl Glycol, Isohexadecane, Sorbitan Stearate, Sodium Dehydroacetate, Phenoxyethanol, Simmondsia Chinesis seed oil, Lauroyl Lysine, Tin Oxide, Tocopheryl Acetate, CI 77007, Polysorbate 80, Hexylene Glycol, Nylon-12, CI 77491, Sorbitan Oleate, Silica, Calcium Aluminum Borosilicate. 

Review : Sama sama highlighter, namun ini bentuknya padat dan harus diaplikasikan menggunakan brush supaya rata. Untuk highlighter yang ini, saya kurang suka (karena lebih suka highlighter yang basah yang didalam pallete tadi). Selain itu, warna highlighter ini kurang cocok diwajah saya, sepertinya highlghter ini lebih cocok untuk sister sister dengan kulit putiih bersih karena akan memberikan kesan wajah tidak pucat.

Sementara saya menggunakan highlighter ini warnanya kurang cocok dengan warna tone wajah saya yang sawo matang.

12. Catrice Dewy Ful lips (Conditioning Lip Butter) shade 030. Dr. DEWLittle - Rp. 80.000




Netto : 8 ml

PAO (Period After Opening) : 18 Months

Ingredients : Hydrogenated polyisbutene, Hydrogenated Polydecene, Ethylene/Propylene/Styrene Copolymer, Silica Dimethil Silylate, Pentaerythrityl, Tetraisostearate, Octyldodecyl Stearoyl stearate, CI 77891, CI 15850, Polyethylene, Butyrospermium parkii (shea butter), CI 77491, Butylene/Ethylene/Styrene copolymer, Aroma, Aluminum Hyroxide, CI 45410, CI 19140, BHT, CI 42090, Diethylhexyl Syringgylidenemalonate, Caprylic/Capric Triglyceride, Citric acid.

Review :


Nah akhirnya tiba dipenghujung review ini.
Sama seperti proses makeup pada umumnya yang selalu ditutup dengan proses pakai lipstick, maka postingan ini juga akhirnya membahas lipstick juga..

Bosan dengan lipstick matte ?
Nah nyobain lip butter dari catrice ini merupakan sebuah penyegaran untuk bibir saya yang selama ini dihajar sama lipstick matte. Ternyata pakai lipstick glossy macam ini tuh bagus juga ya karena bikin wajah terlihat lebih seger dan glowing. Namun tentu saja, kalau glossy konsekuensinya adalah transfer parah ketika bibir ini bersentuhan dengan gelas misalnya.

Tapi nggak papa, meskipun tranfer, lip butter ini cukup awet ketika saya pakai dari jam 8 - 1 siang.
Biasnya ya bubar setelah makan sian (apalagi makan ayam ijo pake kol goreng yang kaya akan minyak.

***

Nah itu dia reviewku mengenai produk catrice yang terbaru ini.
Yang paling kusuka adalah primer sunlight nya karena beneran bikin glowing dan makeup lebih tahan lama. 

Nah dari sekian banyak produk yang sudah saya review diatas, masih ada beberapa produk yang masih saya belum punya dari catrice yaitu :
- concealer
- eyeliner
- Foundation

Ada yang mau nyumbang ?
Hahahah *ditaboook kemudiaaan*

Semoga dalam waktu dekat bisa beli tambahan ketiga produk diatas ya! supaya nanti bisa bikin one brand make up tutorial buat wisuda (cie yang bentar lagi musim wisuda).

Ps : semua info harga diatas saya ambil dari akun shipeenya catrice_cosmetics ya.

Udah.
Semoga bermanfaaat yaa !

See you <3



Comments

  1. Wahh aku juga punya semuanya, favoritku glodowcope, aku pake tiap hari. Eh blur stiknya aku ga punya ding, masih masuk wishlist

    ReplyDelete
  2. hampir semuanya lipstick diaplikasikan di paling akhir yak, mungkin supaya enggak beleber kali ya. Apalagi pake yg glowwing shiney gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dan kalau udah pake lipstick, misal pake bedak lagi nanti jadi bertaburan bedaknya mba :D

      Delete
  3. Ternyata Catrice sebagus ini ya kak, saya baru nyobain highlighter nya aja yang lainnya belum coba, penasaran ah ingin cobain produk lainnya dari brand ini.

    ReplyDelete
  4. Catrice ini awal-awal keluar harganya murah lho mbak, sempet underestimate sama produk ini kok murah. lalu makin kesini makin naik harganya lalu muncul banyak review ternyata produk ini bagus juga. aku suka highlighternya, warnanya mantul!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa makin banyak macem produknya mbaa. Lengkap pula A to Z Haha

      Delete

Post a Comment

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

back to top