Look At Me

a blog by Laili Umdatul Khoirurosida

Kuliner Malang : 5 Bakso Malang yang wajib banget dicoba

Jika orang lain tau bahwa saya adalah orang Malang, maka pernyataan mereka kurang lebih akan begini "Wah enak ya kamu orang Malang, banyak pilihan wisata dan banyak kuliner enaknya". Yap! Saya pun merasa beruntung, karena ternyata Malang punya banyak sekali tempat pilihan wisata dan kuliner khas yang wajib dicoba. Salah satu kuliner andalannya adalah bakso. Bakso ada dimana-mana dan selalu jadi primadona mulai dari tukang gerobak, bakso dipinggir jalan, sampai bakso legendaris ternama.

Bakso Malang adalah makanan yang terbuat dari olahan daging sapi yang kemudian  dibentuk bulat-bulat dan disajikan bersama dengan kuah yang beraroma dan tentu saja ada bumbu/rempahnya, setelah semuanya siap jangan lupa taburan daun bawang membuat bakso Malang semakin mantap rasanya. Hal yang khas dari bakso Malang adalah selalu ada banyak pilihan yang bisa disandingkan dengan bakso bulat itu, contohnya : Pangsit Goreng isi, Tahu isi, Mie kuning, Mie Putih, Sayur, bahkan ada yang pakai paru. 

Jika ditanya perihal, "Bakso di Malang yang enak tuh bakso apa sih?" maka nanti saya akan kasih mereka link blogpost ini supaya bisa dijadikan referensi.

1. Bakso Bakar Pak Man Malang

   source : phinemo.com
Setiap pulang kampung, saya selalu menyempatkan untuk makan bakso bakar Pak Man ini. Lokasinya tidak jauh dari RS Syaiful Anwar Malang dan tidak jauh juga dari stasiun Malang. Secara tampilan, bakso bakar pak man ini memang tidak eye catching dan instagramable, tempatnya pun dari dulu hingga sekarang masih sekecil itu. Selalu ramai, dan setiap ada kursi kosong akan selalu terisi kemudian. Penyajiannya bakso bakar dan kuahnya terpisah menjadi 2 mangkok. Bakso bakar disini bisa request mau pedas, sedang, atau biasa saja, dan untuk teksturnya ada bakso kasar dan bakso halus. Kalau mau pesen bakso biasa alias bakso yang tidak dibakar, bisa saja kok. 
sumber : myeatandtravelstory.wordpress.com

Harga : 
Harga bakso bakar @3.000
Bisa paketan 10 Biji, 15 Biji atau lebih
Bakso rebus dan tahu @3.000
Minumannya cuma bisa pesen fruit tea atau teh botol sosro

Alamat : 
Jl. Diponegoro No.19, Klojen,
Kota Malang, Jawa Timur 65111
0818-388-193
Jam Buka : Setiap hari mulai 09.00 - 21.00

2. Bakso President Malang

Selanjutnya adalah bakso presiden. Lokasinya tidak jauh dari bakso bakar pak Man yang sebelumnya, jadi kalau misal terjadi waiting list yang lama di bakso bakar pak Man, maka sebaiknya kamu coba bakso president ini. Wisatawan dari luar kota biasanyas suka makan di bakso presiden karena selain enak, ya lokasi warung bakso ini unik sekali. Bakso presiden warungnya berada di pinggir rel kereta api yang masih aktif digunakan oleh PT. KAI. Jadi asik kalau ada kereta Api lewat, kita bisa makan bakso sambil deg-deg an. 


Ohiya selain bakso kuah biasa, tenang disini juga ada bakso bakar president juga lho . Harganya juga masing masing @3.000 saja.

sumber : instagram surabaya foodies
Harga : mulai dari 12.000
Alamat :
Alamat : Jl. Batanghari No. 5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang
Jawa Timur 65111 
(Belakang Hotel Savana Malang) 
(0341) 496746
Jam Buka  : 
Senin s/d jumat 08.00 - 21.30
Sabtu s/d minggu 08.45 - 21.30 

3. Bakso Bakar Trowulan Malang

 sumber : IDN Times

Mirip dengan bakso bakar pak man, bakso bakar ini juga disayat sebelum di bakar supaya bumbu kecapnya meresap. Penyajiannya pun sama, bakso bakar dipisah dengan kuah baksonya. Selain bakso bakar, kamu juga bisa coba bakso kuah biasa. Tentu saja sama sama enak, jika galau memilih lebih baik bakso bakar atau bakso kuah biasa, mending pilih dua-duanya aja ! 
Lokasi bakso trowulan ini biasa saja, tidak besar dan tidak kecil tapi selalu ramai dengan warga lokal (tidak hanya menarik untuk wisatawan). Untuk pilihannya ada bakso yang tidak pedas, sedang, dan pedas dan untuk tekstur baksonya ada pilihan bakso urat, bakso kasar, dan bakso halus. Psst. Sambel nya nendang!

 sumber : instagram @bianca_cp94
Harga : perbiji @3.000 rupiah. Kalau 10 biji berarti 30.000.
Alamat : 
Jl. C.Trowulan No.65, Mojolangu, Kec. Lowokwaru
Kota Malang, Jawa Timur 65142
(0341) 492330 / 0812 323 96035
Jam Buka : 
Setiap hari jam 10.00 - 19.00

4. Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang


sumber : instagram @baksobakar_pahlawantrip

Selain bakso bakar presiden, bakso bakar pahlawan trip adalah salah satu lokasi warung bakso yang selalu dikunjungi wisatawan karena tempatnya lumayan besar dan melegakan. Jika membawa rombongan kemari, kamu tidak perlu kuatir akan kehabisan tempat karena tempatnya besar. Disini juga ada toko oleh oleh, jadi setelah makan bakso bakar pahlawan trip bisa belanja oleh oleh.
Buat yang pingin bawa bakso ini pulang, bisa kok ada kemasan freezernya!

sumber : instagram @baksobakar_pahlawantrip

Oke banget ga tuh ?

Lain daripada yang lain, bakso bakar pahlawan trip ini pilihannya lebih banyak ada bakso bakar keju, dan ada keju mozaarella juga. Selain itu, disini tidak hanya menjual bakso. Buat kamu yang bosen makan bakso di Malang, bisa cobain juga makan mie ayam di sini, rasanya maknyuss juga.


Harga :

    Bakso Bakar (manis/pedas/pedas ekstra)/15k
    Siomay bakar/13k
    Bakso Biasa/13k
    Bakso canpur/15k
    Mie ayam/15k
    Mie pangsit biasa/15k
    Mie pangsit istimewa/17,5k
    Lalapan/8k-20k
    Nasi goreng/12l-17,5k
    Aneka Jus/8k-12k

Alamat :
Jl. Pahlawan Trip, Oro-oro Dowo
Kec. Klojen
Kota Malang, Jawa Timur 65145
(0341) 5075354

Jam Buka :
Setiap hari jam 09.00 - 22.00

5. Bakso Mercon Cak Kar Singosari



Bakso satu ini tidak benar benar ada dipusat kota Malang, butuh waktu sekitar 30 menit naik mobil (kalau tidak macet). Tapi worth it untuk dikunjungi karena pilihan baksonya banyak banget, ada bakso mercon yang khas (didalemnya ada cabe pedes banget), ada bakso isi keju, baksu isi jamur, bakso isi seafood,  bakso isi otak sapi, hati sapi, dan lain lain. Textur baksonya kenyal dan kerasa banget dagingnya. Pas digigit, isiannya langsung pecah di mulut. Kuah dan racikan daun seledri, daun bawang dan bawang putihnya juga pas.

psst . Kalau lagi makan bakso mercon wajib waspada! Takutnya kaget tiba tiba kepedesan gitu. Untuk lokasi, tidak perlu kuatir jika membawa rombongan karena parkir luas dan tempat makannya juga besar.


Harga: Mulai dari 15,000 per porsi

Alamat : 
Jalan Kartanegara Barat III No.16
Candirenggo, Singosari, Pagetan, Candirenggo
Singosari, Malang
0813-3407-7076

Jam Buka : Setiap hari jam 08.00 - 21.00 (KAMIS TUTUP).

6. Bakso Sumsum Cak Hadi Singosari

Bonus!
 sumber : instagram @fatyaaeli

Dijudul saya bilang ada 5 Bakso, tapi saya ngetik sampai 6 bakso ini karena ada satu bakso unik yang perlu banget dijkunjungi waktu ke Malang. Sayangnya bukanya tidak dari pagi, melainkan disore hari menjelang petang.

Bakso Sumsum Cak Hadi letaknya tidak di pinggir jalan, jadi agak masuk sekitar 10 meter ke dalam gang. Mungkin kamu akan sedikit kesulitan mencari lokasinya jika hanya mengandalkan maps saja. Disarankan untuk bertanya dengan penduduk sekitar.
 sumber : www.windacarmelita.com

Jam buka kedai Bakso Sumsum Cak Hadi sekitar pukul 16.30 - 17.00 Sore Waktu Indonesia Barat (WIB). Lucunya kalau kesini, banyak aturan yang harus ditaati.
 
1. dalam satu porsi bakso yang dibanderol dengan harga sekitar 16 ribu rupiah ini, terdiri dari 1 bakso ati, 1 bakso urat, 1 bakso telur puyuh, 1 bakso telur ayam, 1 bakso halus, 1 bakso tahu, dan 1 bakso sumsum. 
2. Dari seporsi bakso ini adalah, bakso sumsum yang jadi primadona hanya ada 1 buah dalam 1 porsi. Kamu gak boleh minta nambah lebih dari 1. Kalau kamu ingin memakan 2 atau 3 buah bakso sumsum, itu artinya kamu harus memesan 2 atau 3 porsi bakso. 
3. Memakan seporsi bakso ini tidak boleh ditambahkan kecap dan saus ke dalam kuahnya. Kata penjualnya sih karena rasa kuah kaldu bakso ini sudah gurih dan pas, dan agar pembeli bisa benar-benar fokus merasakan kaldu bakso yang nikmat. Tapi kamu bisa menambahkan kecap dan saus ke dalam satu wadah khusus yang sudah disediakan (tidak dicampur dengan kuah baksonya). 
4. kamu disarankan untuk memakan bakso sumsum paling terakhir. Selain itu cara memakannya pun tidak boleh dibelah di dalam kuahnya. Tapi langsung dimasukan ke dalam mulut seperti makan kue klepon. Katanya sih supaya kamu bisa merasakan sumsum di dalam bakso yang meleleh ketika digigit.
Harga : Mulai dari 16 Ribu
Alamat: 
Jl. Kertanegara No.117, Candirenggo
Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153
0812-3319-1818
Jam Buka : Mulai pukul 17.00 - 22.00

Nah itu dia wisata Kuliner Malang edisi Bakso-Bakso yang wajib dicoba. Kalau mau nginep di hotel Murah di Malang, sekarang ada hostel lucu baru namanya SO Boutique hotel. Keren banget!
Biasanya kalau lagi ke luar kota, sebagai sobad misqueen saya akan selalu cari hostel karena murah dan sekarang hostel itu banyak yang instagramable (meskipun murah, tetep bisa dibuat untuk konten instagram maupun blog!)
Barusan cek di Pegipegi, harganya mulai 144 ribu itu untuk 2 orang. Jadi kalau pergi ke Malangnya sama temen, bisa patungan 70 rb an. Tempatnya di Klojen pula, deket sama beberapa lokasi bakso-baksoan diatas.

Semoga kesampaian makan disalah satu warung Bakso diatas ya!

Comments

Post a Comment

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

back to top