Kesetrum

May 08, 2014

Have anyone here know about how kesetrum feels ? kalo saya sih tau gimana rasanya *halah

eh. tapi bukan kesetrum yang.. emm kalo ketemu si doi, terus hati jadi drrt drrt gitu. Bukan. Tapi kesetrum sama yang namanya cinta. eh salah. listrik maksudnya. Ya kadang memang cinta seperti listrik, kalo udah mati, rasanya hampa gabisa ngapa ngapain. Secara gitu, jaman sekarang apasih yang ngga pake listrik? cuma aktifitas ngupil yang bisa dilakuin kalo ngga ada listrik. *halah lagi. Tapi tenang. kamu masih bisa hidup pun jika harus di kegelapan. Kata ibu kita kartini kan habis gelap terbitlag terang? yakaaan. oke abaikan.

Kestrum itu apasih ? Saya iseng iseng googling gitu. eh nemu definisi kayak gini :

Kesetrum berasal dari gabungan kata ke + setrum. Awalan ke- bermakna ter- atau dikenai secara tidak sengaja. Setrum berasal dari kata “stroom” (bahasa Belanda), yg menurut kamus Babylon bermakna “current” atau arus (listrik). Jadi, secara harfiah kesetrum bermakna terkena arus listrik secara tidak sengaja.
saya dapet definisi kesetrum itu darisini (click). Agak ngakak bacanya hihi, yasih siapa juga yang mau sengaja kesetrum gitu, namanya ntar berubah jadi NYE-trum dong haha. Kalo bahasa inggrisnya lebih gawl dikit, namanya jadi electroduction.

Ceritanya saya masih sd, kalo nggak salah sih kelas 5 sd, saya inget waktu itu saya lagi getol getolnya ikut acara pramuka, tapi gara gara insiden kesetrum ini saya jadi gaikut persami(perkemahan sabtu minggu) padahal saya ketuanya. Saya didemo habis habisan sama pembina pramuka saya, tapi apalah daya, tangan saya gabisa apa apa waktu itu.
Pada suatu sore hari dibulan ramdhan beberapa tahun silam, saya lagi -mau- bersih bersiih rumah, padahal sekitar sejam lagi udah maghrib, waktu buka sudah dekat. Saya sudah puasa satu hari penuh lho waktu itu hihi *terus?
terus ibu saya tanya "lil udah sholat belum? solat asar dulu ayok. sama ibuk.."
Saya cuma jawab "iya bu. duluan aja", kataku -sebenernya sih ngomongnya ini pake bahasa jawa-.
Kemudian saya masih melanjutkan aktifitas bersih bersih rumah sore hari.


Pas bersih bersih, kebetulan di meja setrika ada setrika yang cuma di 'min' doang tapi ga dimatiin. Yaudah aku bersihin, niatnya sih aku mau nyopot kabelnya gitu dari stop kontak. Begonya ya, waktu itu yang aku pegang bukan kepalanya tapi kabelnya. Dan aku nggak tau kalo kabelnya ngelupas gitu. Jeng jeng...

FYI. tegangan listrik PLN itu AC 220 Volts. Untuk arusnya, entahlah berapa. Pokoknya arus 10 mA - 15 mA itu udah sakit banget kalo ngalir di tubuh manusia, lah kalo PLN berapa?


Waktu kesetrum rasanya, aku gabisa ngapa ngapain selain 'menggenggam' kabel lebih erat. Saya tereak tereak. AAAAAAAAAAAAAA gatau deh berapa detik. Dan ibu saya baru keluar dari kamarnya terkaget kaget dan langsung narik kabelnya. Untung ibuk ga megang saya ._.v Alhamdulilah kabelnya lepas, tapi saya sudah lemas. Tangan saya yang sebelah kanan sakit minta diampuni, awalnya nggak bisa digerakin. Tapi lama lama bisa. Dan nggak lama kemudian saya dibikinin susu, saya minum. Puasa saya batal hari itu haha, padahal bentar lagi udah buka.

Usut punya usut, kenapa ibu saya lama keluar dari kamarnya menyelamatkan saya, karena dipikirnya saya ketakutan gara gara ada kecoa lewat. Iya saya phobia sekali sama hewan satu itu. Tapi kata ibu, kok lama banget tereaknya? Ibu mau keluar kamar sebenernya mau marahin saya 'Lapo se mbengok mbengok, wong yo mek kecoak ae lho nyapo wedi." yang artinya "Ngapain sih teriak teriak orang cuma kecoa aja lho ngapain takut". Eh ternyata ngga taunya saya kesetrum.

Kalo di pikir pikir kejadian ini ngeri sih, tapi lucu juga. Ngerinya itu gini: kebanyakan, kalo orang kesetrum kabel dan ngga ada yang tau ngga ada satu menit bisa... bisaa... ilang. dari dunia. Karena arus yang terlalu kuat mengalir menyebabkan otot pasrah pasrah aja gitu nggak bisa ngelepasin kabelnya. Tapi lucu juga, masa aku tereak tereak lama gitu dikira takut kecoa. Dan lagi, saya harus mbatalin puasa padahal sebentar lagi sudah buka. Yah. Untun saya masih hidup, sampai hari ini.

Pernah kesetrum juga ?

You Might Also Like

21 tanda tangan

  1. Pengen kesetrum terus bisa berubah jadi ganteng plus jenius. Bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kayal banget. Untung untung bisa gosong, daripada zonk. matih. haha

      Delete
  2. kalo di negeri fantasi, udah jadi Manusia Listrik itu. hehehe...
    saya juga pernah beberapa kali kesetrum, tapi ga pernah nempel, reflek narik tangan. Dan itu rasanya bikin jantung mau kabur dari badan, padahal ga sampe sedetik, itu kamu kesetrumnya lama. *ngebayangin*

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan jadi manusia listrik kalo kesetrum lama lama, jadi manusia tinggal nama doang kalo kek gitu hihi

      Delete
  3. Hahahaha,, untung gak jadi manusia listrik kayak di film spiderman itu ya. Bisa jadi powerbank berjalan tuh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini film spidermen yang mana sih yang di maksud haha *kurang update*

      Delete
  4. HOho.. Makanya ati-ati :))

    salam kenal,
    belajar-berkata.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Seringnya cuma kesetrum cas hengpon sih ya. Waktu itu juga pernah kesetrum kabel magic jer, tangan gua lagi basah, dan alhasil agak bergetar dikit ini tubuh, untuk gak lama. :D

    Eh, waktu kesetrum kak @Khoirurosida sadar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya untung masih sadar. tapi entah kenapa malah nge gegem itu kabel

      Delete
    2. Biar gak mainstream kali kak :/ kan keren dong, jadi bisa berbagi cerita.

      Delete
    3. hehe iya untung masih bisa berbagi cerita

      Delete
  6. Rasanya kena setrum itu gimana ya? Bisa dijelasin dengan kata-kata nggak? hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana ya. gabisa apa apa sih selain pasrah. tangan itu geterrr gakaruan. kalo bahasa jawanya sih kemeng. gatau deh bahasa indonesianya apa

      Delete
  7. ane pernah kesetrum juga tapi gk pernah sampai lemas, kapan" boleh di coba nih kesetrum smpai lemas *Mulai lapar
    wkowkow

    ReplyDelete
  8. aku juga pernah kesetrum pas ngecas henpon, aku juga ngerasain listiknya udah ngalir setengah badan. hampir mokat waktu itu.

    ReplyDelete
  9. hahaha untung saja ya. Lebih baik kesetrum dari aliran cinta si doi daripada kesetrum dari aliran listrik ya. halah.haha

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram