Pengalaman Insisi Bintitan di JEC Kedoya

March 03, 2016

Oh kasihku kau membuat cinta
Jatuh dari mata dan turun ke hati~
Tawamu buat aku tersenyum lagi
Oh kasihku kau membuat dunia
Indah dijalani Wooo~
Begitu kata Hivi dalam lagunya yang berjudul "Mata ke Hati". 
Dari mata turun ke hati.
Tapi entah semenjak saya bintitan, ketika orang orang melihat mata saya, saya malah di ketawain. Bintitan saya semakin besar di mata sebelah kanan.

Habis ngintip siapa lo? Huakakakak.
Dan pertanyaan itu muncul kembali, diiringi tawa yang tak henti henti.

Setelah 3 bulan lebih bintit itu nempel di mata kanan, saya mulai lelah di tanyain begitu. Pengobatan yang saya coba sebelumnya mulai yang tradisional sampai yang pakai salep macam macam pun sudah saya lakukan. Awalnya memang mengecil, tapi lama lama bintitnya makin besar lagi.



Yaudah, nggak usah ditunda tunda lagi. Saya minta di rujuk ke Faskes tingkat 2 dari klinik Faskes tingkat 1 saya. Saya adalah pengguna BPJS waktu itu. Saya berniat melakukan insisi bintit. Meskipun denger kata kata insisi aja udah bikin bergidik, tapi ya mau gimana lagi, bintitnya gatau malu ih nempel nempel di mata terus. Rasanya pengen pake kacamata hitam aja kayak gambar di atas, tapi takut malah dikira tukang pijet.
Pijet doang. Bukan yang ada embel embelnya lho ya.
*ehm

Insisi adalah operasi yang dilakukan dengan merobek benjolan. tujuannya adalah pengobatan dengan mengeluarkan nanah.

Saya sempet di rujuk ke RS Pelni Petamburan, antre nomor urut mulai jam 8 Pagi. Dapet nomor urut dokter mata jam 9 Pagi. Baru dipanggil ke ruangan jam 3 Sore. 
Saya harus cuti untuk melakukan insisi bintit ini. Dan di sela sela itu, saya baca novel, *oke siapa nanya* tapi saya kecewa. Saya belum di insisi setelah pulang dari RS Pelni Petamburan. Mungkin dokternya sudah lelah karena sudah sore ? Saya malah disuruh nunggu lagi selama 2 minggu. Ih bapak dokter, aku sudah lelah menunggu. Gak cuma di suruh nunggu, saya juga sempet di marahi kenapa nggak langsung ke dokter mata aja ?

Ps : Lain kali kalau sakit mata ya langsung ke dokter mata aja jangan ke dokter umum.

Karena di PHP in sama dokter RS Pelni Petamburan, saya memutuskan untuk Insisi di JEC(Jakarta Eye Center) Kedoya. Bayar sendiri,

Ruang Lobby Jec Kedoya.

Biar nggak ambil cuti lagi, saya reservasi pertemuan dengan dokter yaitu sore setelah pulang kerja Rabu 3 Februari 2016, Jam 6 Sore. Pulang Tanggo jam 5 dari kantor, naik gojek kesana. Untung deket. Nggak telat, meskipun maceet.


Biaya administrasi pasien baru Rp. 55.000
Setelah mengisi data pasien baru, saya diarahkan untuk naik ke lantai atas. Pertama kali treatment yang saya dapatkan adalah masuk ke ruang BDR (Basic Diagnostic Room). Disini di cek minus dan tekanan mata, tekanan mata ?
Apa itu saya juga kurang ngerti pokoknya bakalan ada kayak semacam angin yang ditiupkan ke mata terus kita gak boleh kaget.

Iya saya ga kaget kok. Mungkin saya kaget kalau yang tiup mata saya seorang Zayn Malik.

BDR (Basic Diagnostic Room)

Biaya pemeriksaan awal Rp. 130.000

Ruang Antri Jec Kedoya.

Setelah selesai dengan treatment di BDR dan saya menemukan fakta mencengangkan bahwa ternyata mata saya selain minus juga silinder, saya lanjut duduk di ruang antri. Nunggu di panggil sama bu dokter di ruang 2A. Kebetulan sore itu saya bertemu dengan dokter Yunia Irawati S,PM.

Di dalem ruangan, dokternya juga ga kalah ramah sama mbak mbak resepsionis di lobby tadi.

Udah berapa lama mbak bintitnya ?
Sejak november dok, udah 4 bulan.
Wah 5 bulan lagi lahiran dong, semoga lancar yaa mbak persalinannya.

Eh percakapan yang terakhir kayaknya salah.

Kalau bintit udah lebih dari 1 bulan itu biasanya udah keras, apalagi ini udah lebih dari 3 bulan. Harusnya memang sudah di insisi. - Kata dokter Ira
Setelah saya menandatangani surat bersedia di insisi dengan segala macam kemungkinan efek sampingnya yang telah di jelaskan dokter -ya palingan cuma infeksi kalau nggak kering kering-, juga sudah cek berat badan serta cek darah. Selanjutnya dokter ira bilang "Yaudah mba, nanti ketemu lagi di lantai 4 ya proses insisinya"

Biaya Konsultasi Rp. 310.000

Saya naik ke lantai 4, tapi saya tercengang. Kok ruangannya khusus anak anak begini ? Apa saya termasuk ke dalam golongan anak yang imut imut? Mungkin.

Ruang Tunggu Lantai 4 JEC Kedoya.

Sampai di dalem ruangan bedah insisinya pun, saya di buat tercengang kembali sama ranjang bedahnya yang diselimutin bedcover angry bird. Iya saya insisi bintit diatas ranjang bedah dengan selimut bedcover angry bird unyu unyu. Berbeda degan pengalaman insisi di blog blog lain yang masuk ruangan steril, ganti baju, pakai masker rambut dll.
Saya disini malah pake baju pulang kerja, dan pake selimut angry bird.

Keren.

Seteleah saya siap, muka saya di tutup sama masker muka warna hitam dan hanya di buka di bagian mata yang mau diinsisi. SAKIT pas di suntik bius dikelopak mata, rasanya si Jarum kayak tembus nyentuh bola mata.
Tapi nggak tau lagi, mungkin saya aja yang alay ngerasa gitu. padahal mah dokternya ga bermaksud gitu, Iya sih emang kadang apa yang kita kira, belum tentu beneran sama yang doi rasa. *ceilah

Saya nggak tau apa yang Dokter ira lakukan di mata saya. Bola mata saya ngeliat kebawah, dan nggak mau tau barang apa aja yang di pake buat insisi di mata saya waktu itu. Nggak mau tau. Kelopak mata saya yang bagian atas dibalik, macam nak kecil waktu main nakut nakutin temennya pake kelopak mata atas yang di balik.
Capek liatin ke bawah, saya malah merem.

Kemudian tidur,

Kemudian bangun bangun di binaria, pulang pulang berbadan dua. Eh kok kayak lagu.
Lai lai lai lai lai lai~
diih.

Setelah selesai mata saya di perban guede banget. Pas saya kirim foto ini kerumah. Orang rumah heboh. Panik. Penasaran. Pengen ke jakarta. Jenguk saya, tapi saya tenangin mereka.

"Aku ra popo buk"

Biaya insisi bintit Rp. 795.000

Btw saya reservasi dulu diWhatsapp nya JEC, jadi dateng dateng nggak ngantri lagi. Pelayanannya sangat ramah lho (Cek kontaknya disini). Nanti bakalan di sms ada di antrian nomer berapa, dan harus datang di perkiraan jam berapa. Ramah banget lho pelayanannya. Habis operasi ini saya cuma istirahat satu hari. Nggak butuh waktu lama kok ini sembuhnya. Nggak sakit juga. Cuma cenat cenut pas di mobil perjalanan pulang, mungkin obat biusnya sudah berhenti bekerja.

Eh tapi mbak nggak sendirian kan kesininya ?
Enggak kok suster, saya di temani sama dia. *nunjuk mas mas yang lagi duduk dihati ini* Ciyeee.

Bhayy bintitan !

Biaya biaya :
Administrasi : Rp. 55.000, Pemeriksaan awal : Rp. 130.000, Konsultasi : Rp. 310.000 , Incisi Bintit : Rp. 795.000, Obat : Rp. 88.000
Total : Rp. 1.378.000

Mahal ya ? iya mahal. Makanya jaga kesehatan dan pola makan. Meskipun anak kos hemat, jangan tiap hari makan telur atau ayam. Nanti kebanyakan protein. Jadi bintitan. Hihi

You Might Also Like

109 tanda tangan

  1. aku juga pernah gitu aku biarin aja alhamdulilah sembuh, awalnya gatal terus saku ucxek-ucek gitu, terus kayaknya nambah berat dimata, terus aku biarin, beberapa hari baru sembuh...mahal banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mahall banget. Beruntung kalau ga pake insisi udah bisa sembuh

      Delete
  2. Yaa Allah sampe 4 bulan? kok betah. :0
    harusnya kalo udah sebulan gitu langsung cuss ke dokter ih lail.
    Demi ya, aku ngilu ngebayangin mata disuntik. -_-
    terus di belek, Ya Allah. ;')
    Itu juga perban nya gede banget lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kalo lima bulan lagi kayak bunda mengandung dong dib.
      Iyaa awalnya mau pake pengobatan alami aja, eh gak mempan.

      Delete
  3. Baru tahu kalau bintitan bisa nyampe 3 bulan lebih. Selama ini kalau bintitan paling semingguan, nggak perlu insisi pula.
    Ya ampun, insisi bintitan mihil ya ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda ety . lama lama mengeras katanya, itu kan dalemnya isi nanah tuh. Jadi harus di belek biar nanahnya keluar.

      Delete
  4. Mahalnya duh, bisa buat beli tiket PP kemana gitu :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hha pasti pikirannya "buat traveling aja enak" gitu ya bang ?

      Delete
  5. mahal juga yah... smg sembuh total

    ReplyDelete
  6. ngohahahaha bintitan ampe 4 bulan gitu biasanya juga sampai 16 minggu *eh kan sama aja, Ahh... dasar Kampret* hmmm mungkin mba kebanyakan ngintipin si Zayn mandi kali, mangkanya bintitannya selama itu. :3 eh betewe mb, pas liat foto mb lagi bintitan, hmm menurut saya sih, mb lebih cantik pas bintitan deh. Inner beautynya keluar mb, ampe muncrat malahan :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... zayn mandi nya di kali sih, salah siapa padahal kan harusnya di.. di syuting *eh

      Delete
  7. Gimana rasanya pas bintitan? Ada yg ganjel2 gitu ga?
    Soalnya abang ga pernah ngintipin orang mandi jadinya ga tau rasa bintitan
    .
    Itu bayarnya pake duit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh bayarnya pake doa, hmm bang niki kita bantu mba laili buat bayarin biaya oprasinya nyok... O.k bang Niki yang pimpin doanya, mba Dibah nga mau ikutan ?

      Delete
    2. tok tok tok...
      assalaamu 'alaikum...
      Ustadz niki ada?

      Delete
    3. Waalaikum salam,.. eh ada Mz Darsono. Silahkan masuk Mz, Ustadz Nikinya lagi di dapur Mz. Biasa, lagi mandi wajib

      Delete
    4. Udah bisa kita mulai acara sukurannya?

      Delete
    5. Wah ada apa ini apa aku ketinggalan acaranya pak , bu ?

      Delete
  8. waduh bisa sampai berbulan-bulan gitu yah -_-

    bayangin jarum suntik aku takut, apalagi sampai operasi gara2 bintitan..
    penyebabnya apaan ya kata dokternya?

    ReplyDelete
  9. wadhuh lumayan mahal jg yaah insisi bintitan....
    semoga selalu sehat yaa...
    biaya konsultasi dokternya wow jg yaah...
    pake bpjs dilayani gak ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake bpjs di layani tp lama mas, di atas juga sudah aku tulis waktu di rujuk ke RS Pelni petamburan.

      Delete
  10. Hmmmm..... bintitan sampai berbulan2?

    benar juga tuh bu, yg namanya kesehatan memang mahal harganya... pengalaman yg berharga tentunya yah bu? xixixiixi

    ReplyDelete
  11. Waduh... mahalnya.. :)

    Alhamdulillah dah sehat lagi kan Mba?

    ReplyDelete
  12. kenapa ya kalau bintitan kaya gini dibilang habis ngintip, ada-ada aja

    ReplyDelete
  13. Iya ih, dengerin kata insisi aja sudah ngeri. Apalagi yang diinsisi itu bintit. Artinya operasinya disekitar mata. geri banget *lebay*

    Bintit ngeselin banget ya, masa buat ngilangin gitu aja bisa hampir 2 juta biayanya. Tapi pake BPJS kan digratiskan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Operasi kecil di sekitar mata :D
      BPJS gratis tp lama penanganannya kak

      Delete
  14. Waa iya,, kok bintitan lamaa banget...?!

    Biasanya mba Kosan kalo bintitan dikasih bawang putih udah sembuh..

    Iya bintitan itu gegara kebanyakan protein.. jaga kesehatan.. biar gak sakit.. Semoga lekas sembuh ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia aku juga gatau, kayaknya karna lambat penanganan. Harusnya kalau mata udah kerasa gatel mending di komprek air hangat biar saluran meibomnya engga buntu gitu rum.
      Makasiiih aruum ini udah sembuh kok insyaallah

      Delete
  15. Sama dengan operasi kecil dong ya mbak. Aduh, kok sampai berbulan-bulan ya, syukurlah sudah berlalu meskipun biayanya lumayan juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak anjar. insis bintitan ini operasi kecil.

      Delete
  16. mahal uga yha..
    jadi pelajaran aja kedepannya: jangan suka ngintip lagi *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lagi. Ah. Sapa pula yang ngintip, aku mah langsung liat *loh *ini apa

      Delete
  17. Wah mahal banget ya. Abisnya ngintip sih wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu jangan kayak orang orang yang nanya gini dong

      Delete
  18. Baaah 3 bulan. Lama amat. Bow, kayaknya semua emang gitu. Rumah sakit swasta pasti pelayanannya lebih asoy dari yang umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekalihhh.. sepadan sama harganya sih ya ben

      Delete
  19. Wah parah, masa ketawa liat orang sakit, sabar aja kalo diketawain gitu, I feel you -.-

    Lama banget sampe 3 bulan. Itu disuntik sampe ke kelopak mata, aaaakk. Takut banget sama suntik, kamu kuat banget, kalo aku mah udah nangis kali Huaah, sekarang kondisi mata kamu gimana? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya #kitaharussabar ya

      Iya disuntik tepat disituuuuuuuu...
      Udah sembuh Nov :))

      Delete
  20. Huaaa ... mihil yah.

    Ngeri juga kalo kelamaan bintitan..

    Baru2 ini saya bintitan. Untungnya gak lama.

    Itu yang suruh nunggu 2 minggu utk insisi, beuh. Kalo beruntung bibtitan sudah sembuh. Kalo tidak, kan tambah parah, ya -_-

    Saya tetes mata bbrp hari pake air alkali. Eh alhamdulillah setelah bbrp hari sembuh. Coba deh, lain kali ... etapi kalo bisa jangan bintitan lagi nanti yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keterangan: paragraf 3 dan 4 tertukar, hehe

      Delete
    2. Iya muhil mbak mugniar..
      Air alkali itu seperi apa ? aku baru denger

      Delete
  21. Yangbpenting periksanya ditemenin sama mas mas yg ada di hati, ehhe

    ReplyDelete
  22. mungkin makan tahu tempe aja ya lebih murah ;)

    ReplyDelete
  23. wah lha ini. anak saya dah 2 bulan ini bintitan mbak. disalep sama antibiotik. kalo malam kempes. paginya gede lagi. doakan sembuh ya mbak. ga mbayangin kl diinsisi, apa mau dianya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga awalnya di salep sama antibiotik tp nggak mempann. Anak nya usia berapa memangnya bu?

      Delete
  24. Duuh.. Sampe operasi bintit gitu. Cepet2 sembuh lail.. Biar bisa ngintip2 lagi.. :)

    ReplyDelete
  25. Duuuh aku paling merinding baca yang soal mata gitu, apalagi baca ini. Nggak bisa ngebayangin kalau mataku yang disuntik gitu kayak gimana :(

    Harganya lumayan ya, Li. Tapi sesuai sih sama pelayanan dan kamu jadi sembuh. Btw mata kamu minus berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minusnya 1 sama 1/2. kamu juga minus ?
      Iya aku juga merinding pas ngebayanginnya, tp pas udahan.. biasa aja kok siss

      Delete
  26. saya pernah nih, bintitan gitu nyampe 2 minggu, lumayan besar sama keras pula, bahkan itu pas UAS waktu kuliah dulu, tapi punya saya sembuh sendiri loh, la :v

    ngeri juga kalau bintitan yang kamu rasa sampe berbulan-bulan gitu, beberapa minggu aja gak betah saya.
    mayan juga biayanya, hampir sejuta ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntunglah kamu kalo bintitnya sembuh sendiri... Aku mah apa atuh, bintitnya betah di mata berharap jatuh ke hati. Tapi aku usir, aku insisi hahaha.

      Delete
  27. Ya Allah laili.. Bisa bintitan apa gara2 ngasih sesuatu ke orang kamu minta lagi? Kayak kamu ngasih hati kamu ke cowok terus kamu minta hati kamu balik?

    Aku ngebayangin disuntik di kelopak mata aja udah merinding deh. Aduh... Tapi kalau udah niat mah apapun juga dilakuin biar cepet sembuh. Btw get well soon ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iya kali ya kalo dalam bahasa jawa bintitan yang kaya gitu namanya timbilen. Sama gak pit ?
      Thank you pipiit <3

      Delete
  28. Laili, Pange harus bilang dari mana dulu, ya. Laili gak kenapa-kenapakan> Pange khawatir lho.. Serius.. "Nih, lihat wajah Pange. Seriuskan.."

    Kemaren baca udah 3 bulan bintitan, eh rupanya emang gak langsung diperiksakan. Duh... Kan kalo 5 bulan tinggal 1 bulan lagi lahir. Eh, serius. Ya, meskipun kamu matanya ditutup gitu, manisnya tetep kelihatan kok. "Eh..."

    Cepet sembuh ya... Pange doakan dari sini. :)

    ReplyDelete

  29. Ya ampun mata bintitan itu nyiksa banget..
    Eh iya, itu konsultasi doang 300 rebu???? O_o
    Bah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa biaya nya masing masing gitu lho sendiri sendiri hihi. Nanti di total

      Delete
  30. Duh ya ampun, Laili.
    Kebanyakan orang-orang nganggap sepele ya bintitan di mata. Ternyata kalo dibiarin lama-lama, malah makin gede.
    Iya aku setuju, kalo sakit mata atau bermasalah dgn mata, lebih baik langsung ke dokter mata.

    Itu mahal amat sumpah. Biaya konsultasi sampe 3 ratusan.
    Hahaaaa, itu kenapa selimutnya angry bird deh. Lucu.

    Aku ngila waktu baca bagian mata kamu yg disuntik. Huhuuu :(
    Cepet sembuh ya. Semoga lekas hilang bintitannya.
    Kesehatan memang mahal. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngilu apa ngila lan ? haha
      Iyaa makasih laan..

      maaf baru bales komenmu yang ini heheheh

      ^^v

      Delete
  31. Izin berkunjung dan nyimak langsung artikelnya ya mbak? :)

    ReplyDelete
  32. *Elus-elus mata*
    Sstt..! Jangan ganggu, saya lg mensyukuri nikmat mata sehat!

    ReplyDelete
  33. Huaaa mbak... Mahal banget.... Kalau bpjs mah itu kayaknya bakal ditanggung~

    Ini kayaknya kalazion ya? Beda sama bintitan biasa, makanya bisa sampai selama ituuu.

    Semoga sehat selalu yak mbaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya ? beda ya ?
      Kayaknya sama tapi cuma jenis nya aja mba, kalaizon memang.
      Hihi iya aku pakai bpjs awalnya tapi ngga sabaran. Ngga kuadh sama malunya hahaha

      Iyaa makasiiih, amiiin

      Delete
  34. Wah.. Aku jg udah 2 bulanan lebih, kemaren setelah sebulan sempet di insisi tapi masih ada bintit kecil di mata kanan. Barusan muncul lg bengkak di mata kiri. Kayanya mau coba ke JEC aja deh. Kamu berapa hari setelah insisi bintitannya hilang total?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet kook nggak ada drama drama nggak ilang ilang sama drama muncul bintitan lagi, selama pantangan dari dokter di patuhin sih.
      Seminggu kemudian bahkan aku udah jalan jalan traveling seoerti biasanya haha

      Delete
  35. haloo mau tanyaa dong aku juga samaaa lagi kayak gitu matanya udah 3 bulanan. aku takut insisi. setelah insisi boleh pake softlens lagi ga yaa kira2? apa di jeda berapa lama dulu gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau aku sih amannya nggak pakai dulu. Karna pada dasarnya kita itu bintitan karna mata kita kurang higienis, entah itu faktor dari dalam (makanan) atau dari luar (bisa make up atau softlens)

      kalau udah 3 bulan.. udah keras itu, harus insisi kayak aku. Sebenernya ga insisi ga apa apa sih, tapi apa ya gak risih ada benjolan gede di mata gitu ya kan :D

      Delete
  36. saya uda 2 bulan nih.. mau insisi kok nyali nya ciut. sakit gk sih pas insisi & brapa lama..? thanks..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakitnya cuma pas disuntik sama obat bius aja. Setelahnya ga kerasa apa apa. Mungkin agak linu kalo biusnya udah ilang, tapi nggak lama.. Saran saya langsung di pake tidur aja

      Delete
  37. mksih uda ngsih tau.. tpi jntungku msh dag dig dug soalnya di blog lain ada yg bilang sakitnya pke banget.. hiks.. bismillah..

    ReplyDelete
  38. oh.. itu namanya kalazion ya, baru tau tadi. aq mau coba kompres dlu aja pakai air hangat. klo gk smbuh trpksa insisi.
    klo uda bbrpa bulan kasih info ya, kira" mash ada benjolannya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sembuh dan sudah ilang, cepet kok 2 hari aja.

      Delete
  39. :"( kak gimana nih aku juga kena chalazion udah 4 bulan gak ilang2 , tadi udah pergi ke dokter tapi malah katanya bukan khalazion tapi bintit biasa -_- gw malah curiga tuh sama dokter bisa gak sih (rumahpraktek),,, and btw kak dimana tempat insisi nya?? Kalo di palembang ada gak yak kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga awalnya di bilang begitu sama puskemas tingkat 1. .waktu udah 3 bulan msih di suruh kasih obat salep, baru dilihat seminggu kemudian.. Tapi belum mengecil juga.

      Cuma gini... dokter yang kamu kunjungi dokter mata apa dokter biasa ? Kalo dokter biasa mah emang gitu pasti jawabannya hahaa. Kalo emang bintitan di mata, ya harus segera ke dokter mata apalgi kamu sudah 4 bulan bintitannya.

      Yang aku tau, Klinik Mata Nusantara itu kayaknya ada dimana mana. Coba di cek aja dia ada di palembang apa engga.
      Kalau JEC itu setau aku cuma di jakarta aja, karena singkatannya aja udah Jakarta Eye Center hehe

      Delete
  40. hallo kak, aku mau tanya, setelah diinsisi ada bekasnya gak ya? waktu itu diinsisinya dari luar atau dari dalam? trs sekarang masih ada benjolannya atau udah gak ada sama sekali ya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo farah, Setelah insisi 2 hari kemudian bekasnya gaada kok. Karena dokter merobek dari dalam, bukandi bagian luar kelopak mata.
      Sekarang udah gaada benjolan ataupun bekas sama sekali ^^

      Delete
  41. Kak setelah insisi masih ada benjolannya enggak?? Terus masih ada bekasnya nggak?

    ReplyDelete
  42. mbak tekad saya uda bulat mau insisi. tpi mau nanya" nih. pas di suntik sakit bnget gak? & masih bisa di than gak?
    takutnya nanti aku gerak pas di suntik krna sakit.

    ReplyDelete
  43. oh iya itu brapa lama kamu insisi nya. apakah asa setengah jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kurang lebih. Tapi kayaknya sih 20 menit pun sudah selesai :D

      Delete
  44. setelah di insisi ada yg berubah gk? ada yg aneh gk?

    ReplyDelete
  45. pas hbis di insisi kan jadi bengkak merah. itu sembuh totalnya brpa minggu?
    dan apa gk boleh kena air dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah saya nggak mengalami bengkak sama sekali. Iya sekitar 12 jam aja ga boleh kena air.
      Besoknya malah di anjurkan kompres air hangat.

      Delete
  46. saya sudah insisi kemaren jam 2 siang .. baru di buka perban jam 8 pagi. trnyata gx sakit sama sekali.
    sebenarnya bintit saya ini terlalu kecil dan di luar deket bulu mata. pas operasi dari dlam kena kulit luar sedikit.. tpi gx membekas. tpi msh bengkak merah kecil .. apa itu efek setelah insisi..

    ReplyDelete
  47. Aku juga habis insisi 3bulan yang lalu,,tp ko masih ada sedikit benjolan ya,,da aku liat di dalem kelipak mata aku masih agak merah,apa itu hal yang normal,, mohon jqwaban.nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya kemarin langsung hilang mbaa
      Kalau masih ada gitu usahakan nggak makan hal hal yang harusnya nggak di makan seperti telur atau gimana coba di konsulkan ke dokternya lagi aja

      Delete
  48. Huaaa mbaakk ,, tanggal 24 ini saya mau otw jakarta terus ke jec ,, tapi rasanya masih dag dig dug operasi T-T ,, mana bintit ku ada 3 lagi , kiri 1 kanan2 . Gmn ni kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kak saya baru baca...
      Hahaaa

      Kiri kanan ? mending di operasi satu satu kak karena ada waktu di tutup matanya sama kapas. Kalau dua duanya di operasi sekaligus nanti jadi ga bisa liat apa apa dalam waktu sehari dong

      Delete
  49. Mbak setelah di insisi benjolan nya apa koklngsung hilang mbak, soal nya kemaren saya habis insisi tetapi setelah perban nya saya buka kok masih keliatan ya benjolan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya kemarin langsung hilang mas
      Kalau masih ada gitu usahakan nggak makan hal hal yang harusnya nggak di makan seperti telur atau gimana coba di konsulkan ke dokternya lagi aja

      Delete
    2. Farid@ q jg seperti itu. Kemarin q insis x jg bln 4. Tp msi ad bnjolan x lg sdkit. Punya u sdh smbuh ap blm. Sdh hilang total bnjolan x. ?

      Delete
  50. Saya habis insisi udah seminggu benjolan masih ada mbak. Kenapa ya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya kemarin langsung hilang mbaa
      Kalau masih ada gitu usahakan nggak makan hal hal yang harusnya nggak di makan seperti telur atau gimana coba di konsulkan ke dokternya lagi aja

      Delete
  51. Kak, harga segitu 1 mata atau 2 mata?? Tmpt nya cmn ada dijkt ya?

    ReplyDelete
  52. Nih.. gue kasih tau obatnya bintitan yg ga sakit (kalazion). Kalo diinsisi juga percuma karena kemungkinan bisa nongol lagi kalo udah pernah kena.
    1. Masak air panas sampai mendidih.
    2. Sediakan Teh celup hitam klo ada, klo ga ada merk b*nde*a juga ok.
    3. Setelah mendidih taroh air panas digelas gede.. celupin tehnya, air celupan pertama dibuang dulu ato minum jga boleh.
    4. Nah setelah celupan kedua boleh dipake tuh kantong tehnya buat ngompres .. kompres tuh bintitan sesering mungkin dgn kantong teh yg agak sedikit panas.. selamat mencoba n jgn putus asa. Ini testimoni yg SDH sy lakukan sendiri.. semoga cepat sembuh.

    ReplyDelete
  53. Itu masih mending 3 bulan, mata q yg sblh kiri smpe 3thnan. Ehhh pas smbh pindh lg ke mata kanan smpe 1 thnan. Stlh itu d insis tp msih ad tinggl sdkit bnjlan x. Hadehh.. si mbk pas di insis langsung hilang total gg sih?

    ReplyDelete
  54. Q mah smpe 3thunan bintit yg internal d klpk mata bwah sblh kiri. Trus sembh sendri tp ehhhh malah tmbuh d mata yg kanan lg kira2 smpe 1thunan. Stlah itu mogok kuliah slma 2 bln. Akhr x q insis pd akhr bln 4 kmarin tp kok masi ad bnjilan x lg sdikit. Mba x pas slesai operasi lngsng hilang bjntit x? Di bls yaa

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram