Ngopi cantik - Mengenal Beautiesquad

November 27, 2017

Buat yang dulu tahu blog ini kurang lebih isinya tentang curhat dan traveling, pasti ada beberapa yang kecewa karena saya banting setir jadi beauty blogger tapi dari keputusan yang sulit ini akhirnya saya menemukan passion yang cocok yaitu tentang ngomongin soal make up dan skin care yang memang saya gunakan sehari hari.

Waktu memutuskan pengen jadi traveling blogger, saya kesulitan dalam menabung dan menyisihkan waktu untuk cuti dan jalan jalan. Jadi kayaknya kurang maksimal gitu karena nulis seadanya kalau lagi jalan aja. Pernah juga jadi blogger curhat, tinggal nulis aja kejadian sehari hari lalu dibuat narasi atau cerita pendek di blog. Ya awalnya gak gampang sih, karena curhat itu tetep harus mikir karena bahkan ada hari dimana saya ga tau mau nulis apa, karena hari itu berlalu begitu saja biasa saja dan tak ada yang layak untuk dijadikan cerita. Akhirnya, ditahun 2016 udah pernah nyoba nulis diary yang membuat kegiatan curhat di blog lebih gampang karena jadi kebiasaan nulis, nulis curhat pun nggak kurang dari 1 jam kadang (karena curhat ya betul betul dari diri sendiri) ga perlu cari referensi sana referensi sini. 

Lama lama saya sih mikir, kok egois amat ya curhat melulu maunya dibaca melulu curhatannya maunya cuma dimengerti *halah, eh terus mikir gimana caranya biar manfaat? Ga sekedar curhat aja? Traveling juga udah bhay bhay lah, terus  pernah suatu ketika liat tumpukan make up dan skin care yang saya pake, lama lama jadi mikir

"Kok aku makin genit gini sih? hahahaha"


Eh engga deng, Saya mikir gini "Hm coba share dan review tentang produk yang saya pake ajalah". Siapa tau berguna dan bermanfaat. Karena sering banget ditanya sama temen "Kamu pake lipstick apa? Kamu pake krim apa buat wajah?" jawabnya kadang capek, karena pertanyaan itu datang lagi datang lagi haha.

Berawal dari keinginan sederhana yaitu untuk sharing tentang produk yang saya gunakan.. saya mulai menulis review dengan tajuk "Beauty talks" disini.


Lalu... kenal pula dengan beautiesquad.



Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan mempersatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama.

Didirikan pada November tahun lalu yaitu tahun 2016, makanya kemarin ada collab anniversary tentang birthday party, itu untuk memperingati berdirinya Beautiesquad yang sudah satu tahun.

Jadi ceritanya November tahun lalu, Kak Virly beserta 2 founder lainnya, yaitu kak Nisa dan kak Liana pengen bikin group chat untuk beauty blogger biar semakin banyak relasi antara beauty blogger. Awalnya didirikan dengan nama Beauties saja, namun berganti menjadi Beautiesquad.



Founder: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka.
Main Founder of Beautiesquad: Virly KA.


BS berdiri tanggal 23 November 2016, pada hari itu ada kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smoky Eyes. Dibalik komunitas ini, ada BS Officer yang tugasnya bukan hanya sebagai pengurus tapi juga untuk melaksanakan visi misi komunitas ini. Siapa saja kah mereka?
Ini dia



Pada masa awal terbentuknya, BS (singkatan Beautiesquad) menerima semua orang. Yang gak punya blog, yang cuma mau chat aja, yang maunya mencari teman sejawat, dan lainnya. Tapi.. di awal 2017, BS akhirnya punya kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi BS.

Nah gak cuma komunitas ala ala, tapi BS juga punya visi misi loh, ini diaaa visi misnya :


VISI DAN MISI BEAUTIESQUAD

Visi :
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi :
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).
.

Yang paling menculik perhatian sih, di BS ini ada Group inti di Whatsapp. Terus banyak yang pengen masuk juga. Jadi Group inti ini merupakan blogger yang sudah masuk sebelum BS hits seperti saat ini. Nah apabila BS mau add member baru tanpa melakukan seleksi, tentu officers bakal kelabakan. Karena mereka belum tau bagaimana kinerja si blogger baru. Apa sudah mengerti SEO, bagaimana cara menulis, bagaimana template nya, dan paling utama attitude nya? Nah itulah fungsinya Facebook group sebagai wadah berkembang bersama baik yang dari group inti dan bukan.

Buat yang penasaran tentang syarat menjadi member BS, nih ku kasih tips :

1. Punya blog Bukan sembarang blog. 
Blog nya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca.

2. Top Level Domain (Ini peraturan yang baru saja disahkan).
Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan. 
Top Level Domain itu yang belakangnya ada .com, .net, .id, atau yang lainnya. 
Kenapa itu penting? Dalam dunia blogging ada istilah DA PA. Kalau sudah TLD, DA PA yang muncul adalah  milik blog kalian sendiri. Kalau masih free blog seperti blogspot atau wordpress, DA PA itu milik mereka, bukan blog kalian sendiri. Tingginya DA PA itu berpengaruh pada ketenaran blog kalian yang berimbas ke pendapatan kalian.

3. Minimal menulis tentang beauty 2X dalam sebulan.
Ini lebih kepada komitmen sih, hihi aku sendiri belum serajin itu.
4. Disiplin dan memiliki attitude.
Biasanya kalau ada kerjasama dan collab, BS selalu mengutamakan disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsor. Apabila ada kendala dan sepertinya tidak bisa mengikuti jadwal deadline, wajib berkabar karena memang mungkin saja ada hal yang tak terduga terjadi. Dan dalam blogging, jangan pernah melakukan plagiarisme.

5. Memiliki fanpage dan twitter selain Instagram.
6. Rajin Ikut Collab BS ^^.

Dan yang terakhir, semoga kalian lolos dari seleksi tim Chief Officer dan BS Officer, dan Founder. Kalau menurutmu kamu sudah mengikuti semua hal diatas, tapi gak dipilih? Bisa jadi ada satu hal yang terlewati. Misal : nulisnya masih 4LaY, nama facebook pun masih "Blablabla Taq Mau Sendiri lagi", atau followernya beli.

Ohyaaaaa...
Ada kabar gembira di ngopi cantik ke 3 ini...
Kak Vina sekarang jadi Chief Officer^^
Semacam Leader gituuu lhoo.. Selamat yaa kak vina!
Dulunya doi jadi PR (Public Relation), dan yang gantiin dia sekarang adalah kak liamel.



Nah sekian itu dulu yang bisa ku ceritain dari Beautiesquad nih, semoga bisa membantu untuk mengenali BS ya . Karna jika tak kenal maka tak sayang, *duh kata kata klise abis



You Might Also Like

7 tanda tangan

  1. Kak kak,, kalau aku juga banting setir dari travel blogger ke beauty blogger boleh enggak kak? :V :V :V

    Semoga makin bersinar ya beautysquad.. Ntar aku bikin tandingannya aja deh.. #Tamvansquad :cool:

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  2. Hehehehe, kan gak jadi masalah menjadi apapun dan menulis apapun di blog pribadi. Tinggal bagaimana kita bisa membuat pembaca tetap yakin dan betah dengan tulisan kita.

    Bisa banget loh pas lagi liburan sambil bawa satu produk terus ditulis selama liburan :-D

    ReplyDelete
  3. Hehehe aku justru bahagia kamu udah nemuin passion yg cocok dalam hal menulis. Yeaay!
    Kamu pantes sih jadi beauty blogger lel. Kalo aku jadi beauty blogger yawlaaa, yakali ada beauty blogger dekil begini hahahaha

    Keep blogging!:)

    ReplyDelete
  4. Oh, ini. Jadi tahu. Pantesan beberapa kali maen kesini kok gak ada cerita yang biasanya travelling.. he

    Tapi, apapun itu yang penting tetap menulis ya :)

    Oh, jadi ini baru satu tahun ya. Semoga apa yang dituliskan tentang beauty bisa bermanfaat bagi yang baca..

    ReplyDelete
  5. Gak genit kok lel, wajar kok..... Makasi yaa leli udah jadi anggota yang nganu banget <3

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  6. G heran sih kamu jadi beauty blogger, selain cantik kamu emang jago urusan make up. Jadi klop lah pilihannya sekarang, semoga semakin berjaya kedepannya ya Li.

    Kalau ngomongin soal passion buat nulis blog, aku sendiri belum tahu pasti nih Li. Dari jaman baheula ganti-ganti pula pembahasan yang ada di blogku, awalnya opini menyangkut hal hal yang lagi ngetren, eh sekarang kebanyakan travelling, sedikit curhat, dan tetep campur-campur. Tapi kalau aku pribadi, yang penting tetep konsisten ngeblog. Soalnya setahun terakhir ini waktu ngeblogku g seluwes tahun lalu. Lebih berat kepekerjaan. Syukur2 bisa nulis seminggu sekali, biar blognya tetep hidup

    ReplyDelete
  7. Keep it up!
    It's really okay kak. Kan cewek, jadi gapapa genit. Asal ga kegenitan ._.
    anyway I enjoy lah tentang review2 gitu meski sebel sendiri karena keracunan wkwkw >.<

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram