Look At Me

a blog by Laili Umdatul Khoirurosida



Halodoc - Aplikasi penyelamat saat sakit (langkah-langkah penggunaan)

Tahun lalu tepatnya tahun 2019 waktu masih merantau di Jakarta, ada masa dimana saat saya sakit tapi bingung mau ngerepotin siapa karena ditanah rantau hidup sendirian. Apalagi sakitnya saat hari kerja. Saat istirahat di kosan lalu mau beli obat sendiri rasanya kok tidak sanggup, sementara mau minta tolong teman mana bisa? -karena semua teman tentunya sedang bekerja-. Untungnya ada halodoc, aplikasi yang bisa memungkinkan untuk kita sebagai orang sakit tinggal beli obat lewat aplikasi, lalu nanti obatnya diantar sama babang gojek sampai ke rumah kita (nggak repot harus berangkat sendiri ke apotek lalu cari-cari obat yang kita butuhin). Kalau butuh konsul sama dokter beneran juga bisa lho, dokternya tinggal pilih sesuai jenis penyakit kita apa.

Bahkan dimasa yang seperti saat ini yaitu masa - masa pandemi, aplikasi halodoc bisa sangat berguna karena tentunya banyak orang yang parno untuk pergi ke Rumah Sakit, mungkin takut bertemu orang banyak sementara sakitnya mungkin ringan sehingga lebih baik konsultasi lewat daring saja. Kemarin setelah menikah saya juga sempat merasakan masa-masa dirumah aja, males kemana-mana akhirnya beli testpack lewat halodoc karena sudah telat haid seminggu (hehe kalo ini sih mager ya). Untungnya sehabis beli testpack itu hasilnya positif, alhamdulillah hamil. 


Photo by Debby Hudson on Unsplash

Nah waktu merantau di Jakarta tahun lalu itu saya pernah batuk, dan sebelum batuknya berlarut-larut maka saya segera beli obat. Biasanya saya minum obat batuk cap ibu dan anak, maka dari itu saya pesan obat tersebut lewat aplikasi halodoc karena saat itu tidak sempat pergi ke apotek. Untungnya batuk aja sih, tidak sampai harus istirahat di kosan dan tiduran seperti ini :

Photo by Rex Pickar on Unsplash

Pernah juga sih sakit yang harus istirahat dikosan, tapi lupa tidak mengabadikan proses step by step saat konsul lewat dokter halodoc. Nah maka dari itu, kali ini saya akan share langkah-langkah pesan obat batuk lewat halodoc (obat yang bisa dibeli diapotek tanpa resep dokter) 




1. Pertama-tama tentu install aplikasi halodoc di HP yang bisa didownload lewat appstore atau google playsore, lalu daftar dan masuk lewat akun yang sudah ada. Kemudian setting lokasi pengantaran obat, dan kemudian pilih menu Buy Medicine seperti dilangkah pertama diatas.

2. Setelah klik menu Buy Medicine, masukkan nama obat dikolom pencarian. Digambar diatas saya langsung memasukkan keyword "cap ibu" kemudian obat batuk yang saya maksud sudah keluar. Selanjutnya saya klik ADD.

3. Setelah klik ADD atau Tambahkan maka aplkasi halodoc akan loading sebentar untuk mencari apotek terdekat yang menyediakan obat tersebut.

4. Jika sudah menemukan apotek terdekat, tinggak klik ADD ITEMS, lalu klik next atau selanjutnya. Kadang kalau tidak menemukan apotek terdekat, perlu sekali lagi untuk refresh halaman ini untuk mencari apotek lainnya lagi.




5. Setelah itu akan masuk kebagian totalan nih, cek dulu apa harganya sesuai yang diinginkan? Kalau mau cari perbangandingan harga yang lain coba ulangi tahap 3 dan 4 ya karena beda apotek tentu saja beda harga.

6. Centang pembayaran dengan gopay sampai ada warna centang warna ijo.

7. Klik proceed to pay

8. Lalu aplikasi halodoc akan mengarahkan ke aplikasi gojek (untuk melakukan pembayaran lewat gopay). 

Nb: Ohya semisal tidak mau membayar lewat gopay, bisa juga memasukkan CC (Credit Card) ke aplikasi halodoc. 




9. Setelah pembayaran sukses maka akan memasuki proses selanjutnya yaitu "looking for driver" alias mencari si bapak penyelamat untuk membelikan obat (bapak gojek). Untuk mengetahui order kita sampai dimana, tinggal pencet "track order".

10. Ketika pesanan sampai, kita bisa melihat receipt obat yang sudah dipesan.




Saat paket datang, obat akan dibungkus menggunakan polymailer yang tersegel rapat. Jadi sebetulnya driver gojeknya tidak tahu apa isi paket obat yang sudah kita pesan lewat halodoc. (Maka dari itu, waktu itu saya pede banget pesen testpack lewat halodoc waktu mau ngecek apakah saya hamil atau tidak setelah menikah bulan februari lalu hihi).

Kebetulan langkah-langkah diatas adalah cara memesan obat apabila tidak perlu resep dokter, untuk obat yang perlu resep dokter biasanya perlu konsultasi dulu dengan dokternya lewat menu "chat with doctor". 

Pilihan dokternya juga banyak banget sesuai keahlian dan bidangnya masing-masing dengan range harga 25 K - 50 K sekali konsul. Saya sendiri sudah pernah konsul dengan dokter umum, dokter kulit, dokter gigi, dan dokter mata salah satunya dari RS biomedika. Memang sih, ada beberapa penyakit yang tetap harus ketemu dengan dokternya langsung, namun apabila sedang tidak sempat atau bahkan tidak bisa bertemu langsung dengan dokternya langsung untuk sementara chat lewat halodoc tidak apa-apa lah ya (karena dokter yang terdaftar lewat halodoc ini juga benar-benar dokter asli).



Untung banget lho waktu itu sudah ada aplikasi halodoc karena kita bisa konsultasi dengan dokter asli (no gadungan) via chat dan bisa langsung beli obat sesuai resep dokter, obatnya diantarkan oleh gojek sampai kerumah kita masing masing. Ini memudahkan sekali untuk anak rantau seperti saya, yang tidak bisa merepotkan siapa-siapa selain... driver gojek. Haha.

Ps : Sebenernya udah lama banget pengen posting tentang pengalaman menggunakan halodoc ini (sejak saat saya masih merantau di Jakarta) namun karena berbagai macam hal maka postingan ini tertunda untuk tayang *alesan aja ah. Sekarang mah saya sudah tinggal di Semarang (ikut suami). 


Sekian dulu sharing tentang pengalaman menggunakan aplikasi halodoc kali ini. Semoga bermanfaat ya ^^.

Comments

  1. yg lebih terasa manfaat adanya halodoc ini, kita jd gak sembarang percaya info kesehatan ini itu. sebab web maupun apk-nya memang mengandalkan para ahli di bidangnya, jd gak asal

    ReplyDelete
  2. Sepakat bgt sih, selama ini aku berkali2 pakai layanan halodoc ini mbak. 3 hari yg lalu malah baru juga konsul dg spesialis mata karena mata merah. Buatku halodoc membantu bgt, apalagi di masa pandemi gini. Kita nggak perlu antre, nggak perlu ke RS, dan nggak perlu repot beli obat. Cukup dg 1 aplikasi doang :)

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah konsultasi di Halodoc, sih. Tapi ada teman psikolog yang jadi konsultan di Halodoc juga. Kembali ke masa PSBB, Halodoc berguna banget ya. Bisa konsultasi dokter tanpa perlu antre ke rumah sakit.

    ReplyDelete
  4. eyaammpun ketinggalan berita aku, si lely udah mau punya dedek bayikk, ya Alloh gumush euy manten anyar hihi, sehat2 ya leli sampai lahiran
    untunglah ada aplikasi halodoc ini ya
    palagi di masa masa kayak sekarang, sing penting kasih info ke doktere jelas nanti akan dapat konsul dan resep yang tepat :D

    ReplyDelete
  5. Sekarang asik sekali ya bisa beli atau pesan obat lewat halodoc
    Saya mungkin yang pertama kali mereviw aplikasi ini, yang awalnya hanya melayani pesan antar obat dari rumah sakit ke pasien.
    Sampai kini bisa merambah dari konsultasi dokter. Sungguh luar biasa.

    ReplyDelete
  6. Pernah instal untuk nyari referensi dokter. Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  7. Sekarang memang lagi pandemi Corona jadi sebaiknya install aplikasi Halodoc karena jika pergi ke dokter langsung apalagi yang penuh pasien bisa jadi agak berbahaya jika kita tinggal di zona merah.

    Berarti harus isi gopay yang banyak buat beli obat atau konsultasi ke dokter ya, karena jarang yang punya kartu kredit.

    ReplyDelete
  8. Jadi sekarang di Semarang yaa luuk kamuu.. sehat2 ya smua bumil di sana.
    Iyaa halodoc membantu banget yaa. Perkembangannya luar biasa

    ReplyDelete
  9. Aplikasi semacam ini membantu banget di masa pandemi kaya gini ya mbak, ga perlu ke RS buat konsultasi dan ga perlu keluar rumah buat beli obat, semua beres via halodoc

    ReplyDelete

Post a Comment

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

back to top