Look At Me

a blog by Laili Umdatul Khoirurosida



Persiapan Menjadi Ibu Menyusui - Asi bernutrisi untuk calon bayi (menggunakan Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding Gold)

Setelah saya menikah, alhamdulillah dua bulan kemudian saya dinyatakan positif hamil. Pertama kali tau kalau hamil, saya sedikit kelabakan karena kurang persiapan dan kurang informasi. Jujur, dulu tiap kali ada yang ngomporin "Cepat punya momongan ya, nggak usah ditunda-tunda!" saya tidak terlalu ambil pusing karena memang tidak buru-buru (alias tidak siap-siap) dan takutnya kalau belum hamil nanti malah tambah stres. Tapi setiap kali ada yang mendoakan semoga lekas hamil, saya selalu bilang "Amiin semoga doanya dikabulkan". Terimakasih untuk yang mendoakan dulu, berkat doa kalian saya diberikan kesempatan untuk hamil sekarang :')) .



Pertama kali tau kalau hamil, saya sangat bingung karena saya sedang merantau ke Semarang ikut suami (berdua saja disini), belum punya rekan atau saudara bahkan tetangga yang bisa diwawancara. Kemudian saya tanya teman yang sedang hamil ataupun yang pernah hamil via whatsapp maupun instagram. Cari info kesana kemari dan juga baca-baca apa yang harus dilakukan ketika tau hamil. Ternyata saya menemukan informasi bahwa saya harus minum susu ibu hamil dan asupan vitamin seperti Asam folat dan itu saya dapatkan dengan meminum Blackmores i-Folic. Setelah konsul kehamilan, dokter menyarankan untuk melanjutkan meminum Blackmores i Folic ini. (Faktanya : Black mores i-folic ini harus diminum bahkan sebelum hamil karena diminggu-minggu pertama janin butuh asam folat untuk pembentukan tabung otak, sementara saya baru minum asam folat ketika tau hamil dimana usia kandungan kurang lebih 5 weeks)


usia kandungan 22 weeks :)

Nah, supaya tidak terjadi lagi kelabakan seperti ketika saya tau kalau hamil ini, maka saat ini saya mulai belajar tentang persiapan menjadi Ibu. Saya mulai baca-baca mengenai bagaimana proses lahiran nanti, apa yang harus disiapkan sebelum lahiran, apa yang harus dipersiapkan setelah lahiran. Salah satu persiapan penting setelah lahiran ketika nanti menjadi ibu adalah tentang menjadi Ibu menyusui, bagaimana menyiapkan ASI (Air Susu Ibu) yang bernutrisi untuk calon bayi. Maklum, baru pertama kali hamil~ hehe. (skip dulu beli baju-baju bayinya, sekarang update knowledge dulu hehe).


ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya, dan apa yang menjadi asupan Ibu menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan makanannya agar dapat memberikan ASI yang bernutrisi. Salah satu ciri ASI yang bernutrisi yaitu memiliki warna kekuningan atau putih pucat, dan memiliki kandungan lemak yang cukup. Selain mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup, sebaiknya ibu menyusui juga melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi  suplemen bernutrisi lengkap untuk dapat menghasilkan asi bernutrisi.

 

Sebelum terlambat, saya mulai menyiapkan segala sesuatu dari sekarang supaya nanti setelah lahiran bisa langsung menyusui bayi yang saat ini masih ada didalam perut ini. Ngomong-ngomong saya minum Black Mores i-Folic dan minum susu ibu hamil hingga usia kandungan saya mencapai 5 bulan. Lalu, saya mikir lagi "apakah cukup hanya dengan ini? apakah bayiku dalam kandungan tidak butuh asupan yang lainnya?".



Ketika konsul di usia kandungan 5 bulan, dokter mulai menyarankan saya untuk menambah asupan vitamin yang terdapat kandungan macam macam seperti DHA dan Kalsium. Akhirnya saya memutuskan untuk upgrade vitamin ke Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold dimana kandungannya makin komplit (karena terdapat 17 Nutrisi Esensial). 



Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold mengandung 17 nutrisi penting misalnya :

Kalsium - Untuk kesehatan tulang bagi ibu dan anak

Asam Folat - Untuk mengurangi resiko neural tube defects (cacat tabung syaraf) pada janin

Zat Besi - Untuk mencegah anemia tanpa menyebabkan konstipasi

Iodium - untuk perkembangan otak, kemampuan motorik visual, pendengaran bayi, dan IQ anak

Oudorless fish oil - kaya akan DHA untuk perkembangan otak bayi, mata, dan system Syaraf

Lho itu kan cuma 5 ? Lainnya mana?

Ada dibelakang kemasan berikut :


Sesuai anjuran dibelakang label , Saya minum Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold ini dua kali sehari, pagi dan sore setelah makan.

Saat kemarin saya sempat bertanya kepada rekan-rekan diinstagram, banyak dari mereka yang mengatakan bahwa Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold ini memang ngefek untuk proses menyusui nanti. Ada beberapa DM (Dirrect Message) yang saya screenshoot tentunya sudah izin dari yang bersangkutan karena saya sendiri belum bisa memberikan testimoni apakah beneran ngefek atau tidak, karena saya masih dalam tahap "mempersiapkan". 




Dari DM diatas, ada beberapa ibu hamil yang minum Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold sejak awal kehamilan, ada yang mulai minum ini dipertengahan kehamilan seperti saya, bahkan ada yang minum setelah melahirkan karena pada saat hamil resep vitamin dari dokternya berbeda. Semuanya memang tergantun preferensi masing masing bukan?

Ada juga yang mengatakan bahwa Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold ini rasanya lebih enak karena tidak berbau minyak ikan sama sekali, padahal ada kandungan minyak ikannya. Dalam chat DM diatas, ada yang berpengalaman beli Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold versi australia dan minyak ikannya berasa banget, syukurlah versi indonesia buatan kalbe ini lebih enak.


Tapi dari sekian banyak DM, rata-rata bilang kalo selama minum blackmores pregnancy dan breastfeeding gold ini bener bener ngaruh dan membuat ASI berkualitas dan membuatnya lancar menyusui (kentel, banyak kolostrum). Ada lagi yang mengatakan bahwa Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold ini bentuknya terlalu besar untuk ukuran sebuah obat. Sayapun mengakuinya. Biasanya saya minum Blackmores i-folic obatnya cimit banget, sekarang minum Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold langsung besar-besar. Tapi saya sendiri tidak masalah sama sekali, karena memang sudah terbiasa minum obat. 

Selain minum Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding gold ini sebagai persiapan untuk menjadi ibu menyusui, saya juga mulai belajar dari informasi yang ada di Instagram bidan atau website bidan, mengikuti kelas edukasi menyusui, bahkan sudah terpikirkan untuk membeli buku mengenai persiapan melahiran yang tentu saja didalamnya ada informasi mengenai menyusui juga. Saya juga berharap semoga lingkungan saya nanti mendukung saya sebagai ibu menyusui karena lingkungan yang suportif juga menjadi kunci kesuksesan dalam program menjadi busui. hihi.


Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa "air susu ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya, dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun."

Untuk penutupan : perihal menjadi ibu menyusui, itu pasti adalah sebuah pilihan dan juga mukjizat. Karena semakin saya baca tentang manfaat ASI, semakan saya takjub betapa Tuhan telah menyiapkan hal istimewa bagi bayi istimewa selama 6 bulan pertama sehingga kita sebagai ibu memang seharusnya mempersiapkan yang terbaik bagi calon bayi kita. Tapi setelah 6 bulan kalaupun memilih untuk menjadi ibu menyusui tapi ASI (Air Susu Ibu) tidak lancar ya tetap tidak bisa kan?.  Pun ketika menjadi ibu yang tidak menyusui melainkan namun harus memberikan sufor kepada bayinya, itu merupakan sebuah pilihan yang tidak bisa dikonotasikan negatif karena dan malah membuat sang ibu stress. Postingan ini sama sekali tidak meminggirkan ibu-ibu yang tidak bisa menyusui anaknya secara langsung lewat ASI, semoga kita semua diberikan kesehatan supaya nanti bisa memberikan yang tebaik buat calon bayi kita yah ibu ibuu.


Nah sekian tulisan saya mengenai cerita kehamilan kali ini tentang persiapan menjadi ibu menyusui menggunakan blackmores pregnancy dan breastfeeding gold agar ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.

Salam calon ibu. hihi

PS : Sebetulnya pengen banget cerita cerita yang lain, kayak cerita tentang nikahan juga belum up diblog. Tapi semoga sedikit-demi sedikit hutang-hutang diblog bisa saya lunasi ya haha.


Comments

  1. Konsumsi duo vitamin Blackmores ini menambah sehat kehamilan ya mba.

    ReplyDelete
  2. Kandungannya lengkap ya udah ada asam folat dan zat besi. Suplemen kehamilan gini gak cuma bermanfaat buat kesehatan ibu hamil tapi juga berpengaruh di 1000 hari pertama kehidupan anak. Zuzur, aku agak nyesel selama hamil males banget minum vitamin, heuheu. Semoga persalinannya lancar dan bisa sukses menyusuinya yaa!

    Btw, bukunya Dr Meta Hanindita yang seri Mommyclopedia bagus buat panduan merawat dan pemberian nutrisi anak. Yang judulnya panduan merawat anak 0-1 tahun recommended buat orangtua baru yang notabene masih clueless urusan merawat bayi. Dari cara mandiin, merawat tali puser dll dijelasin lengkap dg bahasa yang mudah dimengerti. Udah punya belum?

    ReplyDelete
  3. wow lengkap banget infonya bumil,insyaAllah next konsul dokter mau tanya ttg vitamin ini juga. ukuran pil besar kayaknya agak menakutkan buatku yg gabisa nelan pil ๐Ÿ˜‚ tp if it worth the effort, takis lah

    ReplyDelete
  4. Sehat selalu baby n bumil cantikku...
    Suka banget baca cerita di blognya bumil ini...
    Kutunggu cerita selanjutnya ya bumil cantik๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป

    ReplyDelete
  5. terima kasih infonya mbak lel , aku jadi lebih tau tentang blackmores pregnancy ini, nnti kalo hamil fix konsumsi ini .semangat calon ibu menyusui.

    ReplyDelete
  6. Aku sempat konsumsi di awal kehamilan cuma 2 bulan aja sih hehe.. Berhenti konsumsi karena terlalu banyak vitamin yang diminum. Next kalo sudah hamil lagi pasti minum lagi hahaha

    ReplyDelete
  7. Infonya sangat membantu sekali. Nambah ilmu baru walaupun saya belum menikah hihi. Jadi tau kapan harus mulai konsumsi blackmores

    ReplyDelete
  8. Wah terima kasih informasi nya mom, sangat bermanfaat sekali, detail dan jelas :D

    ReplyDelete
  9. Aku suka liat temen-temen aku yang udah hamil juga konsumsi blackmores ini. Setau aku banyak produk blackmores lainnya yang cocok dikonsumsi sehari-hari buat tambahan nutrisi sama multivitamin tubuh

    ReplyDelete
  10. Waaaah informatif yaaa, sehat terus bumil

    ReplyDelete
  11. Ini udah sering banget aku dengar bagus, jadi wish list juga buat dibeli di masa depan wkwk. Produk lainnya dia juga oke punya kayaknya ya?

    ReplyDelete
  12. Waaah... Makasih infonyaa ka๐Ÿ˜Šseneng bngt akhirnya bisa tau tentang blackmores ini,, otw langsung beli ini ,gk sabar pengen cobaa๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  13. Wahh terima kasih infonya Mbak .. sangat detail & jelas, menambah wawasan .. sehat selalu bumil dan dede bayi❤

    ReplyDelete
  14. Waaah informasi yg menarik, terimaaksih bumil. Sehat sehat terus

    ReplyDelete
  15. Masya Allah bumil cantikk Terima kasih infonya sangattt bermanfaaat .. hihi doain yaaa moga2 aku cepet di kasih rejeki hamil jugaa. Masih berjuang garis dua nih ๐Ÿฅฐ.

    ReplyDelete
  16. Makasih infonyaaa, detail pisan huhu. Jadi ga sabar punya momongan dan ngerasain nyiapin ini itu buat si calon bayi tapi belum ada jodohnya ahahahahah. Tapi beneran makasih ya. Gaada salahnya baca beginian pas masih single, nanti kalo dah waktunya jadi lebih siap :")

    ReplyDelete
  17. terimakasih bumil infonya, sangat detail dan jelas, sehat-sehat ibu dan bayinya ^^

    ReplyDelete
  18. partner sharingku, sehat sehat ulil sama dedekkk ❤

    ReplyDelete
  19. Nice infooo bangeeettt.. emang udah sering lihat bumil" yg konsumsi blackmores.. nanti pas aku hamil kayanya harus coba konsumsi ini juga hhe

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah edukatif sekali bumil satu ini. semoga sering sering nulis cerita pengalaman setelah menikah ya biar yg masih belum ke tahap itu bisa ada pandangan. sukses dan lancar lahirannya nanti bums!!๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  21. Wah lengkap sekali informasinya, tapi emang ASI itu penting sih, kebukti ke aku dulu waktu bayi ASI g sampek 6 bulan, dan berpengaruh pas udah gede ๐Ÿ™

    ReplyDelete
  22. waah, thanks leel, infonya bermanfaat sekali
    buat nambah pengetahuan untuk calon-calon Ibu, sehat-sehat terus bumil cantikku :*

    ReplyDelete
  23. Keren banget Leli, aku blm jadi ibu-ibu sih tapi postingan ini informatif banget buat aku wanita-wanita yang nanti akan jadi calon ibu2 juga. Terimakasih ya, sehat selalu Leli dan keluarga

    ReplyDelete
  24. Uhhhh blogger favorit aku akhirnya nulis lagi setelah sekian lama ๐Ÿ˜, sehat selalu bumil & debaykuuu ๐Ÿค—

    ReplyDelete

Post a Comment

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^