Cara MUDAH membuat paspor baru di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat - TANPA CALO

August 30, 2018

Yeay akhirnya punya paspor !
Dulu males banget rasanya bikin paspor karena kebayang bayang sama testimoni temen temen yang harus mengantri sejak pagi namun karena sistem yang kacau balau, kadang pemohon paspor tidak tentu mendapatkan jatah antrian pada hari tersebut. Ternyata, setelah kemarin mencoba membuat paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, semua bayangan itu hanyalah bayangan semu *eaaa.
Ternyata Bikin E-Paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat itu Mudah!



Serius.

S A N G A T M U D A H !


Gausah pake calo calo serius deh.

Saat ini Kantor Imigrasi Jakarta pusat memilki sistem Antrian via whatsapp, dimana mayoritas orang jakarta sekarang pasti punya smartphone dan punya whatsapp kan ?
Nah jadi ini bener bener memberi kemudahan bagi para pemohon paspor.

Maaf ya kalau terkesan norak, tapi berhubung kata Guru Bahasa Inggris saya yaitu Bu Anis -yang lagi tinggal di Canada- bahwa "Paspor itu adalah doa", maka saat ini saya sedang bahagia, semoga doa saya ini dikabulkan biar bisa jalan jalan keluar negri. Haha.

Entah kapan
Sama siapa
Rejeki darimana

Bikin paspor aja dulu, jalan jalan kemudian.


 sumber : http://jakartapusat.imigrasi.go.id/layanan-publik/layanan-antrian-via-whatsapp

Jadi gini langkahnya menurut versi saya kemarin :

 

1.  Pemohon melakukan pendaftaran melalui whatsapp 

di nomor Whatsapp +62 812 9900 4406

 



pertama tama kita harus cek apakah tanggal layanan yang kita mau masih tersedia, caranya dengan mengetik format sebagai berikut :

#nama#tgllahir#tgllayanan


Contoh diatas saya nyoba mau bikin paspor tanggal 6 Agustus 2018, eh udah penuh akhirnya dikasih saran untuk datang tanggal 2 Agustus 2018 saja.
Saya ikuti saran tersebut, dan saya ketik ulang sesuai format #nama#tgllahir#tgllayanan, maka muncul konfirmasi layanan.

setelah mendapatkan tanggal untuk dapat hadir di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, jangan lupa untuk melakkan konfirmasi ulang berupa ketik #hadir.


Syarat dan Ketentuan :

  •   Wajib menggunakan nomor pribadi, satu nomor hanya dapat digunakan untuk saut kode booking
  •   Kode booking wajib diperlihatkan saat datang ke kantor imigrasi

2.  Setelah selesai dengan pendaftaran whatsapp tadi, datang 30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan.


Kebetulan saya dapat jadwal pukul 08.00 - 09.00, jadi saya sudah sampai di tempat pukul 07.30.


3. Sesampainya di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, saya mengisi formulir yang disediakan, serta melampirkan dokumen dokumen pendukung.


Dokumen dokumen pendukung yang saya bawa untuk membuat paspor baru adalah sebagai berikut :

a. E-KTP Asli dan Fotokopi (Yang fotokopi ini ngak usah di potong, biarkan tetap di Format kertas A4 seperti biasa)
b. Akta Kelahiran/Surat Nikah/ Ijazah Terakhir (Saya bawa ijazah terakhir, baik itu asli maupun fotokopi)
c. Kartu Keluarga asli dan Fotokopi
d. Materai (Materai ini untuk surat pernyataan, saya cukup beli di tukang fotokopi disamping Gedung Kantor Imigrasi Jakarta Pusat)
e. Apabila bukan domisili setempat, biasanya butuh surat keterangan domisili atau surat keterangan kerja di Instansi/Perusahaan tempat bekerja kini. Namun karena saya nggak bawa keduanya, maka saya cukup fotokopi kartu pegawai saya saja.


Syarat dan Ketentuan :
  • Datang 30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan
  • Bila pemohon datang terlambat pada jadwal yang telah ditentukan kode booking akan hangus, silahkan daftar kembali
  • Persyaratan yang tidak lengkap akan dikembalikan (ditolak)
  • Wajib membawa dokumen asli
  • Pastikan data diri pada dokumen identik dan sama

4. Setelah dokumen lengkap, akan diperiksa oleh pegawai kantor imigrasi dilantai 1. Kemudian akan mendapatkan nomor antrian selanjutnya untuk antri wawancara di lantai 2.

5.  Memasuki ruang foto dan wawancara serta pengambilan sidik jari

Disaat proses wawancara inilah dokumen asli semuanya harus di tunjukkan mulai dari ijazah, kartu keluarga, sampai surat keterangan domisili atau surat keterangan kerja (dalam hal ini saya pakai kartu pegawai asli dari tempar saya bekerja)

Pertanyaan yang diajukan pun cukup standar, mulai dari
Kerja dimana
Kuliah dimana
Gaji berapa (Rada kepo ya tapi gapapalah biar lancar)
Bikin paspor tuh mau kemana?
Gitu gitu dah.

Selama proses wawancara ini lancar lah, asal kita jelas mau liburan keluar negrinya bukan mau jadi TKI. hehehee.


6. Setelah Proses Wawancara selesai, kita akan mendapatkan nomor permohonan untuk pembayaran paspor. 

Cek status paspor juga memakai sistem whatsapp, namun berbeda dengan nomor whatsapp untuk pendaftaran tadi.


Cara untuk mengecek paspor adalah dengan mengetik angka 1121000000+Nomorpermohonanpaspor.

Nomor Whatsapp untuk cek status paspor adalah : +62 813 1054 6763

Pembayaran dapat dilakukan setelah H+1 wawancara.
Setelah melakukan pembayaran, saatnya menunggu paspor jadi dalam waktu 4 - 5 hari.

Waktu itu saya wawancara tanggal 2 Agustus 2018, pembayaran dilakukan tanggal 3 Agustus 2018, dan Paspor sudah jadi di tanggal 6 Agustus 2018.

Cepat kan?



Gimana?
Gampang kan bikin paspor tuh?
Iyaa gampang banget.

Bismillah, sebentar lagi mau jalan jalan kemana ya enaknya?

You Might Also Like

1 tanda tangan

  1. Saya juga bikin paspor di sana. Memang nyaman bikin paspor zaman sekarang

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

@khoirurosida on Instagram