Look At Me

a blog by Laili Umdatul Khoirurosida



Cara Check in Online via Website Batik Air



Naik pesawat adalah salah satu cara bepergian jauh yang paling cepat jika dibandingkan dengan bis atau kereta api. Tapi ada satu hal yang bikin parno yaitu kalau ketinggalan pesawat. Secara.. harga tiket pesawat juga biasanya jauh lebih mahal daripada naik bis atau kereta api. 

Ketinggalan pesawat salah satunya identik dengan masalah telat check in.  Pernah tidak kamu mengalami Telat check in ?  Seperti kasus kasus telat check in yang sering Terjadi ketika naik pesawat maskapai Batik air. 

Batik air adalah pesawat premium class nya Lion Air. Dengan Kursi yang ada personal TV nya macam Garuda, dan disediakan snack pula, batik air jarang sekali delay seperti citra pendahulunya yaitu Lion air. Sayangnya, Batik air lebih sering bikin orang nggak jadi naik pesawat karena telat check in. 

Pengalaman ini saya dapatkan ketika saya mengatur perjalanan dinas di kantor, karyawan saya sering banget telat check in akhirnya harus beli tiket lagi. Telat check in nya pun hanya selang 5-10 menit dari keharusan check in awal.
Misal : Minimal check in harus 1 jam sebelum Pesawat Boarding.
Tapi Karyawan saya ini dateng 50 menit sebelum Pesawat Boarding.
Gitu udah gak bisa check in.
Padahal maskapai lainnya biasanya masih bisa.

Saya juga pernah mengalami hal serupa, yaitu ketika perjalanan dinas ke Makassar, saya telat berangkat dari kantor karena saya kira perjalanan ke bandara nggak macet seperti di Jakarta. Kenyatannya, macet banget. Di tengah kepanikan itu, saya akhirnya Check in via Website aja.


Check in via website batik air bisa di akses melalui Web Resmi Batik Air.com lalu klik Web Check In

Akan muncul tampilan sebagai Berikut.


Form itu meminta Inputan Confirmation Code pada Form text pertama. nah confirmation code ini bukan sebuah kode booking dari e-tiket yang kalian dapatkan melainkan adalah Interline Reference. Kalau kalian dapat e-tiket Resmi dari Lion Grup, maka Interline Reference ini pasti tertera disana.

Kalau kalian pesen tiket nya dari Web semacam Traveloka, atau tiket.com biasanya Interline Reference ini tidak di cantumkan. Maka dari itu, untuk mendapatkan Interline Reference ini, kalian harus telfon Call centernya Batik air.

(+6280) 4177 8899
(+6221) 6379 8000
(+65) 6339 1922 (Singapore)
(+60) 03-7841 5333 (Malaysia) 

Waktu itu saya posisi lagi panik di dalem mobil, dan saya lagi nggak punya pulsa haha *maklum lagi bokek* nah jadi saya minta tolong rekan saya yang sedang ada di kantor Jakarta untuk telfon Call Center nya Batik Air di nomor (+6221) 6379 8000. Saya berikan kode Booking tiket saya, yang waktu itu beli via Traveloka. Tak lama kemudian saya baru dapet Interline Reference supaya bisa Web Check in Batik Air.


Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :


Peringatan mengenai barang barang yang dilarang di bawa ke dalam pesawat. Kalau kalian bawa salah satu barang yang dilarang itu, Klik Yes, Cancel check in.
Tapi kalau bawa kenangan, itu gapapa sih gak bahaya buat Batik Air, jadi Klik aja No, Continue to Check in.

Langkah kedua adalah Select seats.

Nah enaknya di Batik Air Web Check ini ini kalian bisa Memilih tempat duduk, semacam kalau lagi pesen tiket kereta api. Nah enaknya Web check in Ini kalian nggak perlu malu bilang "Saya mau tempat duduk yang di samping jendela ya", ke mbak mbak atau mas mas di bagian Check in Offline.
Saya sendiri waktu perjalanan dinas ke Makassar dulu lupa Select Seats Jadi langsung Klik Tombol Check in aja. Waktu itu saya sudah panik, jadi yang penting bisa check in dulu lah.

Kesimpulannya : Tahap Select Seats ini bisa di skip. Kalau di skip, bukan berarti kalian ngga dapat kursi kok. Nanti akan otomatis kursinya dipilihin sama sistem.
Yang jelas, sistemnya ga akan peka kalau kalian mau tempat duduk di samping jendela. Hehe.
Apalagi di samping si dia.

Eaaa.

Langkah ketiga, Mendapatkan boarding pass


Setelah memilih tempat duduk, atau biar cepet terserah sistem mau di kasih tempat dimana maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan boarding pass. Boarding pass bisa di kirim di email, atau langsung di print aja. Kalau lagi check in via website Desktop, mendingan sih langsung print. Tapi kalau check in via website mobile mendingan dikirim ke email aja.



Nanti ketika sudah sampai bandara, tinggal tunjukin boarding pass ke mbak mbak atau mas mas bagian check in nya. Kalau ada bagasi yang harus masuk ke pesawat, biasanya masih bisa kok.

Ya sekian , cara check in website batik air yang bisa saya tunjukkan.
Kira kira dulu kalau nggak ngerti cara check in via websites seperti ini, mungkin saya bakal beli tiket lagi untuk balik dari makassar ke jakarta.

Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Biasanya kalau lagi perjalanan jauh dan naik pesawat yang ngurusi bagian keuangan. Aku tinggal manut aja hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya justru ini aku nulis begini karna aku bagian keuangan, sering banget ada yg tiba tiba gajadi berangkat gara gara telat check in di batik air begini

      Delete
  2. Belum pernah pake batik air..

    Enak bisa check-in sendiri dan aku baru tau kalo boleh pesen kursi. Tapi meskipun gak pesen duluan aku sering dapet didepan dan dekat jendela sih.. Alhamdulillah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bisa beruntung gt yah.. tp relatif sih kadang ada juga yang gasuka duduk di samping jendela karna ribet nggak bisa keluar duluan pas udah landing

      Delete
  3. Blum prnah nyoba batik air..klo ada ksempatan, dicoba deh lngkah2ny hhee tfs mba

    ReplyDelete
  4. Wah, Batik Air benar-benar ketat soal waktu check in, ya... Kalau yang gak tau, bisa kena masalah. Tapi untung ada check in secara online, jadi bisa mempermudah.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah naik Batik Air...
    Pingiin...

    ReplyDelete
  6. Saya juga sekarang selalu pakai check in online. Lebih tenang. Juga bisa milih bangku pesawat yang dekat jendela dan ga di sayap. Tapi belum pernah naik Batik karena jurusan favorit Banjarmasin - Balikpapan belum ada di rute Batik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha banjarmasin balikapapan biasanya sering transit2 yah .. atau pake pesawat kecil

      Delete
  7. sepertinya enak ya :D
    tapi aku sendiri belum pernah pake batik air :)

    ReplyDelete
  8. Batik air belum pernah si :D
    kapan2 semoga bisa nyobain.
    Thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  9. mantap kali emang batik air ini, pingin naik ah nanti kalo udah ada di aceh

    ReplyDelete
  10. Aku beum pernah naik Batik Air. Moga2 suatu saat nanti ada kesempatan :)

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
  11. saya seumur2 blom pernah nih naek batik air
    #ehh
    soalnya nyari yang ekonomi mele
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEHEH batik ini jg kelas ekonomi kok mas.. cuma lebih high class dari lion air aja hehe

      Delete
  12. Mbak, kalau sudah print sendir boarding pass-nya, apa perlu lapor lagi ke mbak2 atau mas2 di counter? Atau langsung naik pesawat aja? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep mas tunjukkan ke bagian check in saja. Kalau masih ada bagasi juga masih bisa masuk kok

      Delete
  13. Thanks infonya mbak, mudik lebaran nanti pertama kalinya pake Batik Air ke Palembang (soalnya Garuda udah selangit harganya, hahaha). Nanti mau cobain tips nya.

    ReplyDelete
  14. Kalau check in online, nantinya harus diprint kah? Kalau menunjukkan sajabdi HP bisa nda?
    Kalau kasusnya buru2, telat dan tidak sempat print. Harus di print kah? Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya waktu terburu buru itu juga cuma nunjukin lewat hape kok kak

      Gakpapa ^^

      Tapi nanti dikasih print lagi sama mbak mbak yg check in nya

      Delete

Post a Comment

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

back to top