Look At Me

a blog by Laili Umdatul Khoirurosida



Erha Truwhite Ultimate Radiance - Treatment Singkat untuk Wajah Glowing dan Cerah Maksimal



Menjadi cantik adalah impian setiap wanita di dunia, namun standar cantik tentu saja berbeda-beda disetiap negara. Di Indonesia sendiri, paradigma tentang kulit putih sebagai standar cantik masih marak diyakini oleh penduduknya. Kalau ditanya ingin cantik seperti apa, pasti jawabannya ingin seperti eonni-eonni di Korea dengan wajah putih dan glowing. Padahal cantik itu tidak harus putih lho, karena warna kulit adalah anugerah dari sang pencipta. Tinggal kitanya saja sih yang harus merawatnya sebagai bentuk rasa syukur.

Cara merawat kulit versi saya adalah dengan memakai skincare setiap hari agar wajah bersih dan cerah (syukur-syukur bisa terlihat glowing seperti artis korea). Namun, tidak jarang dalam proses mencoba skincare ini saya malah tidak cocok dengan bahan pada produk tertentu. Ditambah lagi dengan kewajiban berangkat kerja setiap hari naik ojek online membuat saya semakin akrab dengan polusi Jakarta yang bahkan bisa menimbulkan masalah kulit lainnya yaitu kulit kusam dan komedo. Plus kalau lagi dikerjar deadline kerjaan, saya sering kebablasan begadang dan berakibat munculnya tanda-tanda penuaan dini berupa kerutan-kerutan halus diwajah (Hiks padahal saya belum menyentuh usia seperempat abad).

Kalau dibuat list, masalah kulit yang biasanya saya alami adalah :
1. Kulit kusam akibat polusi, dan banyaknya komedo karena kurangnya eksfoliasi. 
2. Penuaan dini, kerutan diwajah terlebih diarea mata.
3.Jerawat (dan bekas bekasnya yang susah ilang).

Sebelum melakukan perawatan ataupun memakai skincare, tentunya penting bagi kita untuk mengenali kulit sendiri terlebih dahulu.

Apa masalah kulit kita dan apa yang perlu diperbaiki? 

Jangan sampai asal-asalan ikut trend skincare lalu menjadi acuh dengan apa yang sebenarnya kita butuhkan.  Misal, kulit kita kering tapi malah sering pakai scrub untuk cuci muka, alhasil kulit makin kering. Kulit kita berminyak, bukannya pakai produk untuk mengurangi minyak tapi malah pakai produk khusus kulit kering alhasil kulit makin berminyak, dan lain lain.

Pernah ada dimasa udah lelah coba-coba, akhirnya saya balik lagi konsultasi ke dokter Erha. Sudah bertahun-tahun saya putus nyambung sama Erha bahkan sejak konsep ruangan Erha dulu masih shabby chic alias putih-putih (2014). 




Erha adalah salah satu saksi masa pubertas saya. Dari yang dulu waktu awal-awal lulus SMA bodo amat ngurusin wajah, kemudian sejak mulai kerja saya coba-coba skincare karena mulai punya uang sendiri. Pakai skincare waktu itu tujuannya bukan biar kayak artis korea, tapi karena saya sadar sendiri bahwa kulit wajah saya itu memang bukan putih dari sananya. Saya nggak mau maksa dengan memakai produk abal-abal yang dengan tagline "putih secara instan".  Dengan bantuan konsultasi dokter terpercaya di Erha, saya berharap suatu saat ada perubahan lebih baik pada Kulit kusam saya.


Aku, tahun 2014 Awal mulai pakai erha. 
hahaha.

Pelayanan Erha dari dulu sampai sekarangpun tetap baik dan tidak pernah mengecewakan. Saya selalu kagum dengan semua staff Erha dimana ketika saya bilang "Terimakasih", mereka akan selalu menjawab "Dengan Senang Hati".



Ohya ada rekan saya yang bertanya apa bedanya Erha Skin Clinic dan Erha Aphotecary ?

Setau saya Erha Clinic peralatannya jauh lebih lengkap daripada Erha Aphotecary. Kalau ingin treatment yang agak serius dan sudah tahap rumit mending ke Erha Clinic. Kalau masih megatasi keluhan kulit biasa saja, bisa cukup ke Erha Aphotecary.

Erha Clinic biasanya ada di Pusat Pusat Kota, sementara Erha Aphotecary kebanyakan ada di dalam Mall. Dokternya pun berbeda karena di Erha Clinic dokternya spesialis dokter kulit sedangkan Erha Aphotecary ada yg dokter kulit ada yang dokter kecantikan. Otomatis tarif konsltasinya juga berbeda (lebih mahal sedikit di Erha Clinic).

Semoga pernyataan diatas cukup membantu yaa ^^.

Saya juga selalu menceritakan kepada teman-teman bahwa Erha itu jual produk Over the Counter (OTC) lho. Sayangnya, banyak yang nggak percaya.

Untungnya sekarang Erha punya online store yang bisa membuktikan bahwa ada produk yang bisa langsung dibeli via web. Kalau tidak mau pakai skincare yang membutuhkan resep dokter, disini tetap ada skincare yang bisa langsung dibeli tanpa resep dokter kok!.

Produk-produk OTC Erha yang sampai saat ini masih saya pakai meski sering putus-nyambung konsultasi dokter Erha sudah pernah saya ulas di postingan saya ini -> Teman Traveling - Make up pouch.




Erha Skin, Hair & Laser Expert menyediakan beberapa treatment yang bisa dilakukan misalnya yaitu Acne Peeling / Light Peeling (yang harus dengan rujukan dokter) atau facial DPCT (Deep Pore Cleansing Treatment) yang tidak perlu rujukan dokter. Biasanya saya kalau lagi pengen treatment, ya pilih facial DPCT ini dengan cara telfon klinik erha terdekat dan melakukan appoinment terlebih dahulu sebelum datang ke Lokasi. Nah ternyata sekarang ada treatment yang lebih baru dan lebih lengkap yaitu Erha Truwhite Ultimate Radiance.


Apa itu Erha Truwhite Ultimate Radiance?

Treatment ini merupakan treatment kombinasi terbaru dari ERHA Truwhite menggunakan Microdermabrasion dan Intense Pulse Light (IPL). Cara kerjanya adalah dengan cara mengangkat sel kulit mati menggunakan kristal yang membuat tekstur kulit merata, dipadukan dengan energi cahaya sehingga kulit tampak lembut, cerah, dan glowing sempurna.

Karena treatment Erha Truwhite Ultimate Radiance baru ada sejak Mei 2019, maka lokasi treatment ultimate radiance saat ini di Jakarta hanya tersedia dibeberapa tempat yaitu di MKG, PIM, SMS, Karawaci.

Kemarin seminggu sebelum post ini terbit, saya memilih untuk melakukan treatment Erha Truwhite Ultimate Radiance di Pondok Indah Mall 2 karena lebih mudah dijangkau dengan transportasi umum yaitu Trans Jakarta Arah Grogol - Lebak Bulus.




Sebelum mulai treatment, kita perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya tau kondisi kulit kita saat ini seperti apa. Masalah kulit saya kebetulan sama dengan list masalah kulit wajah saya diatas yaitu kulit kusam, banyak komedo, dan tentu saja sudah mulai muncul kerutan halus diarea mata, plus bekas jerawat yang masih terpampang nyata.

Waktu itu saya konsultasi dengan Dr. Agarina, saya cerewet banget nanya ini-itu macam anak kecil kalau lagi penasaran sesuatu, untunglah dokternya tetep sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan saya itu.





Setelah konsultasi, saya diberikan resep yang bisa ditebus nanti lewat kasir setelah treatment. Tapi ini opsional kok. Info dari Erha, kalau misal sudah pernah melakukan treatment ini, untuk next treatment nya bisa langsung appointment saja tidak perlu konsultasi dengan dokter.

ps : Kalau saran saya sih tetap konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena treatment Erha Truwhite Ultimate Radiance ini langsung ditangani oleh dokter bukan suster yang bertugas di Erha. Jadi dokternya tau  masalah apa yang ada diwajah kita, dan apa perlu diperhatikan pada saat treatment.


Nah inilah step by step Erha Truwhite Ultimate Radiance. 


1. Cleansing



Karena nantinya treatment ini akan mengeksfoliasi kulit wajah, kulit mata, dan kulit bibir. Maka pembersihan wajah harus dilakukan secara maksimal agar proses selanjutnya lebih maksimal pula. Kesalahanku waktu itu adalah : "Saya pakai lipstick matte yang susah hilang", akhirnya suster erha nya kesulitan menghapus lipstick saya tapi untungnya erha punya lipstick remover yang oke akhirnya ilang juga tuh lipstick.

2. Microdermabration



Selanjutnya adalah proses Microdermabration.

Mikrodermabrasi adalah tindakan sejenis pengelupasan (exfoliation) yang menggunakan kristal-kristal mikro untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru. Praktik mikrodermabrasi mendorong produksi kolagen dan bisa digunakan untuk merawat berbagai jenis kondisi kulit dari kulit yang pori-porinya tertutup dan berjerawat hingga jenis yang hiperpigmentasi.

Well, ada fakta mengenai sel kulit kita sendiri, bahwa regenerasi kulit itu setiap 28 hari sekali sehingga perlu dilakukan eksfoliasi karena pastilah ada sel sel kulit mati yang menumpuk sehingga perlu dieksfoliasi.

Microdermabrasi ini dilakukan di kulit wajah, kulit mata, dan bibir. Pada gambar diatas terlihat micro diamond kristal yang dipakai untuk eksfoliasi kulit wajah saya. Setiap buletan diatas itu punya tingkat kelembutan berbeda beda. Khusus untuk kulit mata dan bibir, eksfoliasi dilakukan menggunakan diamond kristal yang paling gentle/lembut karena kulit mata dan bibir itu sensitif.  Tingkat kotor / tidaknya kulit wajah pada saat proses ini terlihat dikapas.

Karena proses Mikrodermabrasi ini sedikit detail, maka prosesnya kurang lebih 7-10 menit dari kulit wajah, mata, dan bibir.

3. IPL


IPL treatment (Intense Pulsed Light) adalah terapi perawatan kulit yang memanfaatkan cahaya lampu xenon dalam intensitas yang tinggi untuk meremajakan jaringan kulit. Terapi ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, flek dan noda hitam penuaan, bekas luka, kerutan dan garis halus, dan berbagai permasalahan lainnya.

Menurut keterangan dokternya, karena kulit saya cukup badak maka intensitas IPL nya 20 joule, sementaraa kalau kulitnya sensitif cukup 15 joule saja. Cara cek kulit sensitif atau tidak adalah dengan bertanya pada pasien, ketika diberikan cairan sebelum IPL ini terasa cekit cekit atau tidak?
Jika cekit cekit, maka berarti kulitnya sensitif. Pada saat IPL ini saya wajib menggunakan kacamata karena Cahayanya ini memang terlalu silau. Dan rasanya sedikit panas, terlebih ketika cahayanya ditembakkan diarea dahi. IPL beda dengan laser. Kalau laser ditembakkan khusus untuk titik tertentu misalnya jerawat, sedangkan IPL adalah untuk seluruh wajah.  Proses IPL ini tidak terlalu lama, hanya memakan waktu kurang lebih 3 menit.

4. Sliding (massage hangat) + Serum Brightening + Sliding (Massage Dingin)



Sesaat setelah dilakukan IPL, kemudian dioleskan cairan berupa gel untuk proses selanjutnya yaitu sliding (massage hangat). Karena kulit masih sedikit panas terkena cahaya IPL, maka dipijat hangat terlebih dahulu selama kurang lebih 3-5 menit.

Setelah dimassage hangat, kemudian dioleskan krim serum brightening sebagai dasar untuk step berikutnya. Setelah dioleskan krim serum brightening, step berikutnya adalah massage dingin supaya rileks.

Kalau dalam olahraga, massage dingin ini tuh kayak pendinginan biar badan nggak encok, haha. Kalau massage dingin disini adalah proses relaksasi dan netralisir kulit supaya kulitnya tidak kemerahan dan supaya step-step sebelumnya bekerja maksimal. Step terakhir ini kurang lebih 3-5 menit juga.

5. Sunblock + Lipbalm




Setelah dioles lipbalm dan sunblock, itu artinya perawatan selesai dilakukan.

Done !

Ini hasilnya ya :



Yang paling bikin kagum adalah dibagian Komedo. Asli itu hidung saya kalau dizoom item-item banget komedonya udah kelamaan nongkrong disitu sampe teroksidasi dan jadi item. Sehabis treatment ini, kesedot semua dong komedonya. Jadilah bersih!

Poin plus : Kalau Facial biasa, sakit banget waktu angkat komedo. Kalau treatment Erha Truwhite Ultimate Radiance ini angkat komedonya tanpa rasa sakit sama sekali.

overall untuk wajah, yang paling bikin kaget adalah auto glowing, instant glowing. Padahal kulitku sebelumnya lagi kusam dan banyak bekas jerawat. Tapi setelah treatment ini bekas jerawatnya mulai pudar (meskipun masih ada dikit).

Seminggu setelah treatment, kulit saya rasanya makin bagus aja lho. Saya makin PD untuk foto dan video call dengan si doi yang jauh disana, rasanya tiap video call wajah saya ini memantulkan cahaya lampu kamar hahaha. Dan tepat kemarin tanggal 31 Agustus 2019, saya sedang hadir acara Reuni Akbar jadi Percaya Diri banget karena kulit lagi glowing-glowingnya dan cerah-cerahnya.

Kanan : pakai hp
Kiri : pakai kamera

Dibawah ini, saya niat foto rencananya biar keliatan harga dalam struk pembeliannya, tapi malah nggak terlihat. jadi saya summary dibawah saja ya untuk tarif treamentnya.



Harga :

ERHA TRUWHITE Ultimate Radiance for Face                  Rp 1.100.000
ERHA TRUWHITE Ultimate Radiance for Face & Neck    Rp 1.300.000
ERHA TRUWHITE Ultimate Radiance for Neck                 Rp  750.000

note : harga diatas sudah termasuk konsul dengan dokter.

SPECIAL PROMO : 15% hingga 30 September 2019.


for further information

Kalau pingin lihat review dalam bentuk video. Silahkan cek instagram saya ya karena saya highlight di Story Instagram.

Semoga postingan ini cukup informatif dan bermanfaat yaa.
Amiin ^^
Tonton videonya disini




Karena aku ketagihan treatment ini, aku dateng lagi ke Erha untuk melakukan perawatan ini lagi. Nah ini tulisan perawaan Erha Truwhite Ultimate Radiance untuk yang kedua kali.

Comments

  1. Jadi pengen nyobain treatment barunyaa

    ReplyDelete
  2. aku dulu ke erha juga kena racun kamu, tapi emang love hate relationship kalo sama erha wkwk semoga aku ada rejeki lebih biar bisa treatment kyk kamu sis, sumpah aku tertarik sama komedonya bisa ilang gitu tanpa rasa sakit dan hasilnya bisa glowing gituuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk apakah aku sudah bisa dibilang influencer ?
      yhaaa

      Amiin amiin, semoga banyak rejeki biar treatment nya bisa kapan aja semaunya *wkwk

      Delete
  3. kaaa aku juga jadi pengennnnn , sehabis treatment muka kaka glowing bangettt jadinyaaa

    ReplyDelete
  4. wah lengkap banget reviewnya, selama ini jg bertanya tanya apa beda erha clinic sama erha apothecary.

    semoga segera rata yaa treatment ini, bisa dilakukan di erha apothecary manapun.

    ReplyDelete
  5. Bagus ya hasilnya leli. Suka deh lihatnya. Segar keliatannya:)

    ReplyDelete
  6. Wow hasilnya mulus glowing maksimal.. Pengen juga dong kulit kayak gitu 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skincare an setiap hari sis. Jangan lupa pake sunscreen !
      kalau ada rejeki lebih bole sekali kali treatment kayak gini ternyata wkwk

      Delete
  7. Wah asik juga ya nyoba treatment di Erha, aku dulu cuma pakai rangkaian produk Truwhite nya aja.. 😊 dan memang bagus sih Erha ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu produk erha yang bisa dibeli tanpa resep dokter ya kak ? :D

      Delete
  8. kakak 1 ini selalu cetar dan mempesona.. Etapi keliatan ya tahun 2014 dan sekarang perbedaannya.. :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha iya itu tahun 2014 lagi rajin-rajinnya traveling tapi ga mikirin kulit wajah :D

      Delete
  9. Wah glowing bangettt!! Suka liatnya hihi

    ReplyDelete
  10. itu komedo pada kemana semuaaaaa??????? Mulus sekalio sister jadinya.

    ReplyDelete
  11. Hasilnya ajib sih, bikin melongo & mupeng pengen treatment di erha juga akutuh

    ReplyDelete
  12. Duhhh glowing bgt😍 jadi pengen berpaling ke Erha...😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi berpalingnya pelan pelan aja sis jangan langsung banting setir nanti kaget :D

      Delete
  13. Wah jadi glowing banget ya say..
    jadi pengen nyobain treatmen di Erha :-)

    ReplyDelete
  14. Akhirnya aku tau kalau ERHA yang ada di mall itu bedanya apa sama yang bukan di mall hahaha aku kira yang di mall cuma buat beli obat doang ><

    Cakep abis sistuuuur komedonya langsung ilang canggih banget ya ampun mauuuu...

    Mau dibayarin.

    ReplyDelete
  15. permasalahan kulitmu sama kayak aku lel! after treatment kulitmu jadi glowing batsss kayak onni-onni koreya!! emang ada harga ada kualitas sih ya huhu jadi kepengen deh nyobain treatment erha :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha onni onni korea yang coklat ya sis !

      Makasih siss hahaa

      Delete
  16. Wahh, hasilnya akhir di bagian hidung bikin mupeng Lel. Belum nemu erha apothecary nih di sini. Huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu jg bikin aku mlongo kak. Bisa ilang gitu komedonya padahal sebelumnya item itemm banget

      Delete
  17. waaah before afternya mantep banget ya Li. Aku juga pakai produyk Erha nih :D

    ReplyDelete
  18. Kan, jadi pengen treatment ke ERHA yg ada di Jember nihh mbak
    Komedo aku juga gitu di hidung, mungkin kalau di zoom bisa lebih dari punyae smean dah
    Kalau mau beli produk terpisah di ERha bisa sebenernya ya mbak, tapi kok lebih enak datang ke ERHa nya langsung dulu, pas selanjtnya beli produk terpisah yahh hahaa
    TFS yahh mbak udah meracuniku heheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah di Jember juga ada Erha ya mba ? Keren dong udah tersebar sampai ke Ujung jawa :D hahhaa

      Iyaaa komedoku item item banget mba, kayak kotor terus teroksidasi gitu jadi item.

      Ehhh iya kalo awal awal enakan dateng, nanti kalau misal udah tau cocoknya apa. Bisa pesen online.

      Delete
  19. Kalo sering perawatan di Erha dan pake skin care, in syaa Allah makin glowing dan terhindar dari penuaan dini, deh.
    BTW baru tahu bedanya Erha Apothecary dan Erha Clinic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.

      eh iya. Hehehe semoga bener yang aku tulis itu ya perbedaan antara Erha Apothecary dan Erha Clinic :D

      Delete
  20. mamaku langganan erha duluuuu.... aku sempet nyoba tapi ga cocok sama perawatan kulitnya, cuma perawatan rambutnya cocok banget di akuuuu...heuheuheu

    ReplyDelete
  21. KAlo masalah kulitku ada banyak banget, Berminyak, jerawat, komedo, lengkaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha tapi kalau sampe sadar masalah kulitnya, berarti lumayan perhatian sama diri sendiri.
      Ada lho yang ngerasa kulitnya baik baik aja, padahal ya bermasalah kayak yang kamu sebutin itu

      Delete
  22. Kepingin nyobain treatmentnya. Tapi harganya lumayan juga ya, hehe. Nabung dulu kali ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain mba mumpung diskon 15% sampai akhir September 2019

      Delete
  23. Langsung alus wajah menggunakan erha itu yaa, jadi pengen :D

    ReplyDelete
  24. Hasilnya glowing banget ... Pantas ya biaya ingin cantik itu mahal. Sekali perawatan hampir dua bulan gaji suami saya. Glek!

    Perawatan dengan hasil maksimal jadi puas ya ga merasa sia sia nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe
      Bismillah semoga nanti mbak okti li jg bisa perawatan semacam ini. Semoga lancar ya rejekinya mbaa

      Delete
  25. Waaah, sesudah treatment jadi kelihatan banget cerah dan glowingnya, ya, Mba? Cantik!

    ReplyDelete
  26. Wah, setelah treatment, wajahnya jadi keliatan banget cerah dan glowingnya ya? Cantik!

    ReplyDelete
  27. 2014 ma 2019 dah beda banget hasilnya yah

    ReplyDelete
  28. Ya Allah, kenapa saya baru baca artikel ini, hiks..
    Kebetulan juga lagi nyari treatment buat wajah kusam, dan pengen banget punya wajah glowing ala noona-noona korea, haha..
    Patut di coba nih Erha.
    Tx lho Lel *hugs

    ReplyDelete
  29. Boleh dicoba ni perawatan di Erha, kulit saya kering seperti kulit jeruk. Untung di Batam udah buka. Cuss meluncur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huuu seperti kulit jeruk itu gimana mbaa kok perumpamaannya sedih sekali hahaa.

      Delete
  30. Halo mbak cantik :) Lesung pipinya manis sekali hehehe salam kenal ya. Pantesan mukanya glowing gitu, perawatannya di Erha sih ya. Step by step nya jelas diceritain. Ada harga2nya juga. Ah jadi kepengen perawatan wajah kayak gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi makasih mbaaa.
      Semoga bisa segera perawatan kayak gini ya :D

      Delete
  31. enaknya treatment erha langsung bisa ngemall setelahnya atau sebelumnya hihi

    ReplyDelete
  32. Bagus banget nih buat perawat wajah untuk selalu tampil dengan wajah cerah berseri.

    ReplyDelete
  33. Hai kak, mau tanya dong itu ada down time nya gak ya ?
    kaya hari keberapa kulitnya terasa kaku/kering terus ngelupas2 gitu gak ya ?
    terus itu kakak ambil obat/krim2 nya juga atau treatment aja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak kebetulan di aku gaada down time ngelupas2 kayak tbtb glowing aja. Aku waktu perawatan ini jg ambil krim nya kak karena sebelum tindakan perlu konsul dokter, dan diresepin krim jg. Terus aku jg udah lama pake erha, putus nyambung. Jadi udah tau gimana triknya kalo mau lepas dari krim .

      Delete
  34. dari dulu pengen bgt perawatan di erha cuman belum ada rezeki hehe terus juga liat temenku yang sering perawatan di erha dia emang punya kulit yang sehat sekarang jadi makin glowing dan putih

    ReplyDelete
  35. bismillah bisa treatment di erha

    ReplyDelete

Post a Comment

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

back to top