Part 6 - Study tour di Bali Bird Park

March 18, 2017


Wah nggak kerasa nih udah bulan Maret aja, padahal saya belum kelar nulis cerita soal perjalanan saya ke Bali yang udah terjadi dibulan Januari lalu. Kali ini saya masih bakalan lanjutin cerita saya hari kedua di Bali, bersama mereka 12 anak kampus yang sok lugu ini. Setelah pagi itu kami rafting dan makan siang gratis, acara selanjutnya adalah study tour ke Bali Bird Park yang berada di wilayah Singapadu, Gianyar - Bali.

Kenapa saya bilang ini study tour?
Ya karena kami kesininya rame rame kayak rombongan anak TK atau SD yang lagi study tour gitu. Padahal sebenernya ya nggak stoudy tour juga sih.

Sebelum acara ke Bali ini terealisasi, ketua rombongan alias team leader kami sempat memberi opsi apa kami mau ke Monkey forest aja sebagai pilihan selain Bali Bird Park?
Dan jawaban kami semua tetep lebih milih ke Bali Bird Park ini, karena udah bosen liat monyet dimana mana, dan biasanya monyet itu rada jail.  Jadi mending liat burung burung aja deh. Lagi pula, Bali bird park ini kan mirip mirip sama Jurong Bird Park yang ada di Singapura itu. Sama sama Bird Park. Sama sama keren kan? Meskipun yang satunya butuh paspor, yang satunya enggak.

Dan plis, jangan tanya soal burungnya SIAPA. Yang bener itu nanya burungnya APA? haha.
Inget ya. Bukan siapa? tapi apa? di akhir pertanyaanmu.


Visitor Map Bali Bird Park

Pertama kali masuk ke area Bali Bird Park, entah kenapa suasananya terasa redup. Redup karena pohon-pohonnya terlalu rindang atau redup karena saya baru aja bangun tidur? 
Yha maklum lah, abis makan di Bebek tepi sawah bawaannya ngantuk mulu~
Eh tapi beneran lho, disini tuh redup. Untungnya tak seredup hatiku, karena sinar kasih sayangku ini masih memancar untukmu.  *uhukkk


*eh gimana?

Balik lagi ke topik.


Gak boong deh. Suer deh.
Jum'at sore itu Bali Bird Park ini terlihat sepi. Tak terlihat antrian sama sekali ketika kami membeli tiket masuk di loket. Dan untuk informasi saja, Bali Bird Park ini bersebelahan dengan Reptile Park. Kami membeli tiket seharga Rp. 150K, bisa langsung dapet tiket terusan dari Bali Bird Park dan Reptile Park juga.


Pertamakali masuk langsung di sambut sama Rainbow Parrot 
(Yang merupakan model dari pensil warna Faber Castel)

Bali bird park adalah sebuah suaka yang memiliki koleksi kurang lebih 1000 burung dari 250 jenis burung yang berbeda (termasuk burung yang paling langka di dunia yaitu Jalak Bali putih). Sayangnya waktu kami kesini, kami nggak ketemu sama si Jalak Bali putih itu. Meskipun kami anggap ini study tour, tapi kami nggak menyewa tour guide alias asal jalan dan foto foto aja gitu, padahal kalau sewa tour guide bisa tanya tanya lebih jauh lho soal Bali Bird Park ini.

Kalau soal hubungan kita lebih jauhnya gimana, mending kamu tanya bapakku aja deh?
*eh beneran ini.

Tapi kalau beneran ada tour guidenya, palingan ya tour guide bakal cuma diperhatiin sama saya doang sih, karena saya pasti antusias *biar ada bahan buat di tulis di blog*. Eh btw sebenernya tour guide ini gratis kalau kita jalannya minimal ber-20 orang, karna kita hanya 12 orang jadi gak dapet tourguide gratis deh.

Bali bird park mengambil konsep sebagai taman botanical yang memiliki luas 2 hektar. Karena memang megambil konsep botani, maka Bali Bird Park pun memiliki koleksi 2.000 tanaman tropis (yang tentunya gak saya hitung juga karena kayaknya semuanya ijo gitu warnanya).

Konsep ini dibuat agar si Burung Burung merasa seperti hidup di Alam nyata, bukan di alam ghaib. *eh salah lagi. Maksudnya, pihak pengelola membuat tampilan seperti hutan sesungguhnya begini biar si burung burung betah dan gak stress. Yaa meskipun ujung ujungnya si Burung Burung ini juga di taruh dalam sangkar juga sih.
Sabar ya rung.

Lalu apa saja yang bisa di lakukan di Bali Bird Park ini?

kalau di kelompokin sih kira kira ini nih yang bisa kita lakukan disini :


1. Liat liat dan ngefoto foto si Burung di Bali Bird Park

Ternyata muka saya sayu banget kalau lagi serius begini. *oke ga penting*


Yha yang paling gaasik sih ini kegiatannya karena cuma liat liat dan foto foto si Burung. Kami berdua-belas udah gede dan udah ga terlalu 'curious' alias 'penasaran' sama bentuk bentuk burung, jadi gak terlalu excited. Kami semua malah cuma subuk ngefoto foto si burung aja, tanpa mempelajari itu Burung berasal dari mana, dan lain sebagainya. Makanya kalau kesini itu emang paling enak bawa anak kecil, jadi kalau sama anak kecil itu kita bakalan kebawa sama semangat penasarannya mereka. 

"Ini burung siapa?"
Eh salah.

"Ini burung apa?"

"Darimana?"
"Dengan siapa?"
"Sekarang berbuat apa?"
"Kamu dimana?"
"Dengan siapa?"
"Disini aku menunggumu dan bertanya~~~"
"Yolan.." eh keterusan nyanyi.

Pasti anak kecil bakalan nanya nanya gitu deh kalau di ajak ajak ke kawasan wisata semacam ini, ya kan?
Ya gimana sih kalau anak kecil penasaran? kadang malah pertanyaan pertanyaan mereka itu diluar nalar kita. Kita aja ga kepikiran buat nanya gitu, kayak Sujiwo yang nanya sama mbak pungky.  Dan kita mau gak mau bakalan baca papan informasi di sekitar biar bisa jawab pertanyaan pertanyaan anak kecil yang macam begitu.

Nah karena kami semua bukan anak kecil lagi, jadi gaada yang nanya begitu, gaada yang kepo, pun gaada yang nyari tau soal informasi Burung. Yakin deh. Ya mungkin ada beberapa yang saya baca informasinya di papan contohnya kayak yang ini:

Kurang ajar.
Temen gue yang jomblo tersinggung nih ah.

Di beberapa langkah pertama setelah ngelewatin burung kaka tua warna warni, saya malah nemu burung ini. Burung di atas adalah Burung matahari (Sun Connure), informasi ini saya dapat dari papan informasi yang ada di depan sangkar si Burung. Saya kira awalnya ini burung lovebirds itu lho, ternyata bukan. Eh atau sama aja yha? *correct me if im wrong*.

Ehhh... Jadi nebak nebak gini karna efek nggak ada tour guide.
Hiks. Udah baca papan info aja masih nebak nebak. Apalagi gak baca ?

Btw ini kalau misal beneran study tour dan harus bikin laporan study tour bisa kacau gabisa nulis apa apa ini dilaporan. Contoh lain kayak foto di bawah ini nih. Foto di bawah ini saya ambil tanpa baca baca ini informasi burung apa namanya. Dari mana asalnya?. Dan pas nulis tulisan ini, saya jadi nyesel pengen ke Bali bird park lagi karena penasaran sama nama burung ini?


Tapi yaudah lah, yang berlalu biar lah berlalu. Kalau kamu tau apa nama burung ini plis kasi tau aku. Obatin rasa penasaranku. Plis plis.

2. Foto foto sama si Burung di Bali Bird Park

Setelah liat liat dan ngefoto foto si Burung, untungnya kita bisa foto bareng si Burung. Akhirnya bisa nyentuh si Burung, gak cuma liat aja. Contohnya kayak gini ada dua temen cewek yang foto bareng Burung kaka tua putih, dan Burung kaka tua warna warni (yang merupakan model Cover nya pensil warna dan crayon faber castel).

Pst. sayakasih foto yang cantik cantik aja ya foto sama burungnya. 

Atas : Ayu.
Bawah : Amel.
Minat ? PM gan!
*e becanda deng. Udah sold out*

Spot foto bersama si Burung ini nggak cuma satu. Nggak cuma ada burung kakatua aja, tapi ada burung yang lainnya kira kira bentuk burungnya kayak begini. Tapi ya gitu, saya mah lupa nanya ini namanya burung apa.



Biar adil saya kasih gambar Om gan juga ya.
Om Om ganteng?
wkwkwk

Jadi ada yang tau gak apa nama dua burung diatas?
Lagi lagi saya penasaran gan!

Ps : sebenernya untuk foto sama burung ini ada fotografernya sendiri. Tapi yagitu, kalau mau ambil foto hasil dari fotografer sana ya wajib bayar. Cuma karna ga tertarik mau ambil foto foto itu, kami jadi gak nanya deh berapa harganya. Ini sama kayak di Trans Studio Bandung waktu itu, foto yang di ambil oleh petugas, harga fotonya mahal banget kalau mau dicetak untuk di bawa pulang.


3. Nonton film Edukasi Hewan 3D di Bali Bird Park

Waktu kami lagi antri foto bareng si Burung. Tiba tiba petugas Bali Bird Park manggil manggil kami untuk masuk ke studio tempat film 3D di putar. Karena memang kami lagi antri dan bosen, akhirnya ya kami oke-in aja.

"Ayo mbak ikut nonton, karena penayangan berikutnya 1 jam lagi, ayo mumpung sepi".
"Enggak deh"
"Ayo mbak.."
"Yaudah, apasih yang enggak buat kamu?"


Kami masuk ke studio, sambil di kasih kacamata 3D satu per satu. Studionya 3Dnya nggak terlalu besar, suasananya remang remang. Film 3Dnya diputar dengan bahasa inggris tanpa subtitle, rada kecewa hahaha. Oh mungkin karena dianggapnya yang masuk kesini udah pinter pinter kali ya *berpikir positif*. Dan karena memang film 3D ini di khususkan untuk anak anak, jadi kami pun bosan selama 15-20 menit film di putar.

Eh tapi sebenernya kalau ngerti artinya percakapan difilm ini, sebenernya ada pesan dan hikmah yang dapat di ambil. Cuma saya belum tau nih hikmah itu bisa nya diambil dimana? diambil di ATM bisa gak? *yaampun ini guyonan receh abis*.


Kesan setelah keluar dari bioskop 3D itu adalah. Krik krik krik.
Beda sama pasutri disebelah yang bawa anak kecil. Anak kecilnya heboh nanya nanya soal film 3D yang barusan diputar. Nah kan.. emang lebih enak kalau bawa anak kecil kesini. Tapi ya sayangnya belum punya anak, nikah aja belom. Hahaha


4. OOTD (TETEEEEP)

Nahhhhhhhhhhh!
masuk kebagian paling penting bagi wanita dimanapun berada.
FYI karena Bali Bird park ini berbentuk taman jadi otomatis banyak ijo ijoan menyegarkan mata.
Mumpung backround ijonya bagus jangan lupa OOTD yha!

Contoh OOTD by Model Madul 1

Contoh OOTD by Model Madul 2
Panggil saja namanya Tara

Atau minimal foto foto iseng kayak gini :



Ini gaya kaki ala flamingo, dan gaya kaki ala kirana.

Dan ambil lah foto foto candid ala ala sebanyak banyaknya. Biar apa?
Biar penuh aja memori hape sama kameranya.


Foto yang ini boleh di hujat. Gratis.
Tapi jangan sampai viral ya?


5. Mampir ke Reptile Park Bali

Yang terakhir, karena tiket yang dibeli itu tiket terusan, pastikan nengok manequin challenge by Buaya sebentar di Reptile Park Bali. Kami sempet nunggu beberapa menit biar si buaya gerak ternyata dia gak gerak sama sekali. Lagi manequin challenge kali ya?
Tapi kami mau videoin dari jarak dekat sih takut, jadi ya cuma bisa foto begini aja deh.


Info dari bapak petugas ini, si Buaya ini bukanlah patung alias ASLI. *Yaiyalah, kalau patung ngapain di pajang disini? Mending di pajang di Tugu Surabaya. Pft.
Kalau pengen bikin si buayanya bergerak, bisa beli ayam buat mancing. Ayamnya cukup ayam KFC aja lah yang pasti pasti harganya, yang pasti halalnya. 

Atau kamu deh, kapan pastinya ngehalalin aku?
*eh
*aduh

Udah dulu ya cerita study tournya.
Semoga cerita ini bermanfaat.
Supaya kalian juga sama penasarannya kayak saya yang penasaran tentang nama nama Burung yang misterius diatas.

Salam : ANAK ANAK LUGU.



Kalau kamu?
Kapan ke Bali Bird park ketemu saya?
Jangan lupa bawa suami dan anak kecilmu ya?
*Kata si burung kaka tua putih*

NB : Kalau baca postingan ini sambil positif thinking ya biar ga nyambung kemana mana.

Eh Apa????
Udah nyambung kemana mana?
Yaudah gak papa sambungin aja terus, siapa tau jodoh.

BALI BIRD PARK
Harga tiket per Januari 2017 Rp. 150.000 Weekday
Buka dari jam 9.00 s/d 17.30 WITA.
Tarif dapat berubah sewaktu waktu

You Might Also Like

50 tanda tangan

  1. Seru ya, pemandangannya adem keliatannya. Apalagi bisa foto langsung sama burung yang cantik itu, kok bisa nurut ya gak terbang gitu burungnya..hehe

    Itu gaya yang pas sibuk gk smpet tanda tanga kyak yang bneran aja ya..hehe

    ReplyDelete
  2. Intinya disana paling ok ya buat foto foto ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau jalan jalannya sama temen temen kayak gini mah.
      tapi kalau sama emma dan andrew kayaknya mereka bakalan excited ya :D

      Delete
  3. Iya, bener tuh kalo pergi sama anak anak antusias banget tanya apa aja sampe kadang bikin kesel juga.

    Burungnya yang diajakin foto bagus bagus yah.. Ehehee

    Kayak dosen aja, dimintain tanda tangan alasannya sibuk mulu.. Eh gimana?! -___-

    ReplyDelete
  4. Kok mukanya minta dicubit amat yg kamu kacamata item :))
    Burung semua ya isinya klo bali bird park :D

    ReplyDelete
  5. wah seru banget ya mbak, bisa lihat dan foto bersama burung.

    aku dulu belum sempet foto sama burung mbk, soalnya takut kalau dipatuk.

    ReplyDelete
  6. keren juga yah tempatnya, semacam penangkaran burung dan tempat cari jodoh yang baik. hehehe...
    katanya taman burug tapi kok ada buayanya disana? kalau kasih makan burung disana boleh yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaah kok bisa nyambung ke tempat cari jodoh sih?
      *mikir keras*

      iya itu ada buayanya karna sebelahan sama reptile park.
      Wah mas bimo baca lengkap gak nih wkwk

      Delete
  7. Asyik bgt yah bercengkrama bersama burung-burung, sebuah perjalanan yang bukan hanya sekedar berwisata tapi juga menanamkan rasa kebersamaan, menyatu dengan alam... jadi pengen jalan-jalan juga... tapi kapan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terserah, kapan gak sibuk? haha
      nah kapan gak sibuk, terus ada tanggal merah, ada uang. nah jalan jalan deh tuh

      Delete
  8. Wih manteb nih... Lucu sekali burung-burungnya tya!...

    ReplyDelete
  9. Seru banget pastinya, apalagi bisa foto-foto sama burung. :)

    ReplyDelete
  10. Syukak... instagrammable banget

    ReplyDelete
  11. wah jadi inget kemarin pas pergi ke gembira loka, saya juga foto2 dengan jenis fauna mirip sama kayak di blog kamu ini kak :)

    ReplyDelete
  12. Masih mendinglah Januari ditulis Maret udah sampai part 6. Lah, gue cerita Solo dari bulan November aja sampai sekarang masih part 1. Part 2 masih nge-draft aja. :')

    Ida dari tadi kode-kode mulu minta halal dan lamar. Haduh. Ngebet, Da? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kadang kalau udah terlalu lama akunya yang males nulis yog. Tapi prinsipku sih kemana pun aku pergi, maunya tertulis di blog ini biar suatu saat nanti bisa di baca baca lagi.

      Tapi ya gitu, makin lama nunda makin males akunyaa *eh malah curha


      Hahaha ga ngebet sih yog.
      Cuma di jadiin ciri khas blog ini aja wkwk

      Delete
  13. seru sekali kaliaaan study tour lihat burung yang cantik cantik begitu,

    ReplyDelete
  14. Terakhir kali study Tour ama temen kuliah tahun 2012 wkwk seru ya, saya belum pernah kesini semoga nanti bisa bawa anak kesini hihi

    ReplyDelete
  15. wah kalau piknik ke Bali mah pake judul Study Tour atau apapun pasti bakalan mempesonakan atuh

    ReplyDelete
  16. Tahun 2015 daku pernah tinggal di Bali selama 8 Bulan, waktu itu cuma ke Kuta, Sanur, Ubud, Pandawa dan Tanah Lot aja, abisnya gak ada teman sih, maklum lah waktu itu jomlo :(

    Anjay malah curhat.

    Pernah dengan Bali Bird Park waktu itu, tapi belum ada niatan untuk masuk kesana, mungkin trip selanjutnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah 8 bulan mah bisa kemana aja yah win?
      eh tapi percaya gak sih, katanya kalau kita tinggal disuatu tempat gitu, rasanya yang deket2 mah biasa aja. Jalan jalannya malah pengen yang jauh2.
      Eh pas udah jauh, malah pengen eksplore tempat tempat di tempat tinggal yang dulu

      Haha
      Contohnya kayak aku ni
      Dulu waktu di malang biasa aja, nggak ekslpore sana sini.
      Pas udah merantau di jakarta, ehhh kok banyak tempat yang makin hits ya di malang? wkwk
      Jadi pengen pulang dan eksplore malang

      Nah ini aku juga curhat


      Iyaaaa semoga nanti kalau ada waktu kamu bisa ke Bali Bird Park yah win

      Delete
  17. liat postingan ini bawaanya pengen jerit "ADA FLAMINGOOO!!!!" karena mereka kiyudh banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pink merona kayak pink nya pipi yang malu malu waktu ketemu si diaaa

      Eaaaaa

      Delete
  18. Cakep cakep peserta studytour-nya..

    Asik ya bisa mainin burung di bali. Jadi pengin ke bali belum pernah soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahseeeg cakep cakep.
      Wkwkwk
      cewek2nya apa cowok2nya nih ?

      Delete
  19. Seru! Hahaha. Gue demen banget nih ke tempat-tempat kayak gini (tapi yang sepi) hehehe. Waktu itu pernah ke tempat-tempat burung juga di bogor. Bagian foto sama burung itu paling menegangkan. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini sepi banget loh makanya sampe heran aku wkwk


      kenapa menegangkan ?

      Delete
  20. Wah seru banget bisa main ama burung2 cantik :)

    ReplyDelete
  21. ya ampuuun, burungnya syantik syantik terawat dan kayaknya friendly gt sih yaa

    ReplyDelete
  22. Waaah Bali.
    tumben banget nih ke Bali nga share tentang pantainya. ehhe
    eh? apa udah?

    burungnya ngga di dalam sangkar to? atau gimana?

    itu kalian sengaja pasangan ya tournya?
    terus itu yang ngambil foto siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eheheheh iya nih, pantai masih coming soon di part berikutnya :D
      Belum di post wkwk

      Ada yang di dalam sangkar, tapi sangkarnya cenderung gede gede gitu jadi masih bisa beterbangan sana sini..
      Kalaupun di luar kandang, tetep di kasih tali


      Wkwkwkw pasangan gimana?
      kebetulan aja itu mah. Biar gak ganjil hahaha

      yang ambil foto itu tripod :D

      Delete
  23. Liburan ke Balinya sungguh sosialita sekali kakaak. Udah bebek tepi sawah, bali bird park pula. Ajak-ajak donk kalo bersosialita, sekalian traktir akuh, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sosialita apa sih kaaak. Lebih enak solariaaaa *eh

      Delete
  24. monkey forest dan bali bird park .. dua2nya belum pernah .. jadi kalau saya sih pilih dua2 aja deh ... #SerakahKebangetan .. seru banget bisa foto2 sama burung .. Burung Apaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk sekali kali maruk mah gak apaa apaa kalau waktunya cukup buat jalan sekaligus ke tempat itu :D

      Iya bener nanyanya. Burung apaaaa

      Delete
  25. Asyik euy.. Suasananya cocok buat santay sambil ngopi, dikelilingi burung2 :D

    ReplyDelete
  26. 1. Burung yang ciuman itu udah sah belum? Awas loh hati2 nanti dianggap mendekati zina (yaela Fasy)
    2. Flamingo yang asli ternyata sesuai sama gambar2 yang selama ini aku lihat dimana2 ya, LUTJU NGET. Bawa sebiji boleh?
    3. Aku gak akan ngehujat foto yang kamu lagi jalan dan berkacamata, itu kueren banged pake D. Keren dijadiin meme maksudnya. Dicrop boleh ya? Terus jadiin meme kirim ke dagelan. Wkkk
    4. Udah ah incess capeque~

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Waw makasih sudah di ingatkan ukhtiii
      2. Banget lucunya, pink pink gitu loh. Kayak pipi merona merah kalau lagi ketemu si diaaaaaaaaaa.
      3. Wkwkwkwk makasih di bilang keren. Makasih loh

      Inces mau di pijitin ?

      Delete
  27. Waah kebetulan akhir bulan mau ke Bali
    bisa nih jadi tujuan wisata :D

    Ikut GIVEAWAY di blog aku yuk! Bisa dapet produk EMINA dan POMPOM lhoo
    http://www.deniathly.com/2017/04/giveaway-from-emina-and-wol-pompom.html

    ReplyDelete
  28. Wah, Bali Bird Park emang keren. Gak nyangka ada tempat buat nonton film edukasi 3D segala.

    ReplyDelete

Tanda tangan berupa ketikan komentar di perbolehkan. GRATIS! ^^

Entri Populer

Challenge

@khoirurosida on Instagram